CARA SYETAN MASUK MENGGODA MANUSIA


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (Katagori posting Aqidah) 
Pembaca budiman, yang dirahmati Allah  Swt.  semoga sukses selalu, dalam aktifitas di dunia ini dan mendapat kebahagiaan di akhirat kelak. aamiin.  Rasiyambumen,  Pelangi Khazanah Islam kali ini akan memposting materi Cara Setan Masuk Menggoda Manusia, 

Telah nyata  dan terang didalam hadits tentang berpuasa Ramadhan dijelaskan bahwa pada bulan Ramadhan  setan-setan dibelenggu. Lalu di dalam benak kita bertanya, kalau setan dibelenggu kena apa masih banyak orang yang tidak berpuasa pada bulan Ramadhan? Kena apa masih banyak orang yang berbuat kemaksiatan di bulan tersebut?  Pertanyaan semacam ini muncul karena kita membayangkan eksitensi setan secara fisik sebagaimana halnya manusia.  Padahal setan itu mempunya banyak cara untuk menjerumuskan manusia tanpa harus menghadirkan wujudnya, cukup dengan bisikan dan meniupkan angan-angan atau perasaan was-was, dan jangan lupa masih ada satu jenis setan selain dari setan yang ghaib, yaitu setan manusia. !
وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
"dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan , karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh nyata bagimu"  (QS Al baqarah : 168)

Ayat diatas mengandung pengertian sebagai berikut:
1. Setan itu musuh manusia
2. Permusuhan setan itu nyata, terang-terangan
3. Setan memiliki langkah-langkah, jalan, metode dan tahapan dalam menggoda manusaia.
Sebenarnya diri sendirilah yang acap kali menjerumuskan seseorang ke dalam bahaya, karena manusia menyimpang dari petunjuk Allah Swt.  Hal ini membawa konsekuensi yang harus dibayar mahal oleh manusai dalam dalam kehidupannya di dunia, sehingga ia akan mendapat kerugian karena tidak memperoleh ridha Allah Swt. serta nikmatNya di akhirat nanti. Salah satu bahaya yang akan menimpa diri manusia sendiri adalah ketika ia membuka pintu gerbang yang akan menghubungkan dirinya dengan setan dan jin jahat satu dengan yang lain.
Ada beberapa jalan masuk setan yang sangat berbahaya. Jika jalan itu terbuka, maka jin dan setan dapat mengusai diri manusia.

Beberapa Jalan / Langkah Setan Menjeruskan Manusia.

    A. Godaan  (alnazgh)
Yakni was-was yang berbahaya, yang kadang-kadang mengantarkan seseorang pada keraguan dan kerusakan aqidah. Oleh sebab itu, Allah Swt. berfirman :
وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطٰنِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّـهِ ۚ إِنَّهُۥ سَمِيعٌ عَلِيمٌ  
"Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (QS Al- A'raf  :200)
 
   B. Bisikan setan (al hamaz) 
Yakni penguasaan setan atas diri manusia dengan membuatnya tidak sadar, Rasulullah saw. selalu memohon perlindungan kepada Allah Swt. dari golongan seperti ini.
Beliau menjelaskan makna "godaan setan"  teresbut dengan "sesuatu yang mematikan yang dapat menimpa anak Adam" .  Yakni kondisi kesurupan saat jin masuk ke dalam diri seseorang.  Terhadap bahaya ini Allah Swt. memperingatkan dengan firman-Nya berikut ini :

                                                            وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيٰطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ
"Katakanlah, Ya tuhanku, aku bewrlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan dan aku berlindung pula kepadaMu wahai tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku" (QS. Al-Mukminun : 97-98)

  C, Tiupan (al nafkh) 
Yakni takabur dan pongah, serta menyombongkan diri terhadap makhluk-makhluk Allah Swt. lainnya. Ini merupakan pintu yang sangat mudah dimasuki setan-setan kuat. 
Nabi saw. sebagaimana diriwayatkan oleh Ummu Salamah, selalu memohon perlindungan kepada Allah Swt. dari hal itu. Ummu Salamah mengatakan "Apabila Rasulullah saw. bangun malam beliau selalu berdoa :  "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari gangguan setan yang terkutuk, dari bisikan, hembusan, dan tiupannya.

Dalam riwayat lain para shabat bertanya : Ya Rasulullah, apa yang dimaksud dengan bisikan, hembusan dan tiupan setan itu ? Nabi swa. menjawab : "yang dimaksud dengan bisikan adalah sesuatu yang memetikan yang bisa menimpa seseorang, tiupan setan itu ialah, takabur  dan hembusannya adalah syair.  

   D. Hembusan (al nafts 
Yaitu syair yang buruk atau ucapan-ucapan yang kotor yang biasa digunakan sastrawan untuk membangkitkan naluri dan bukan emosi (keindahan). Dengan syair-syair tersebut mereka mengobarkan birahi dan bukan menonjolkan keindahan isi syair.   

   E. Kehadiran Jin Atau Setan 
Yaitu hadirnya setan-setan di rumah-rumah yang dapat menghilangkan berkah dan menyebabkan malaikat enggan untuk datang. Lazimnya hal ini tidak terjadi kecuali dengan adanya perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan syariat Allah Swt. misalnya menggantungkan gambar-gambar makhluk hidup meletakkan patung-patung memelihara anjing, minum khamar dan hal-hal yang sejenis, dilakukan di bawah selubung modernisasi.

   F. Sentuhan Setan (al mass)
Yaitu bisikan setan yang sampai pada tingkat berbahaya. Lazimnya setan berusaha untuk mengusai diri seseorang dengan amat buruk. Misalnya; Jin mengeram dalam rahim wanita dan menyetubuhinya, atau dia mengeram dalam perut atau dada laki-laki. Mengenai hal ini, Allah Swt, mengungkapkan dalam firmannya sebagai berikut :
الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَوٰا۟ لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِى يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّ
"Orang-orng yang makan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang-orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila." (QS Al Baqarah 275)

Menurut hadits shoheh Bukhari dan Muslim, Rasulullah saw. bersabda : Orang yang paling hebat siksanya di hari kiamat adalah orang-orang yang menggambar seperti (ini) Yaitu gambar makhluk hidup dan patung. Nabi saw. juga mengatakan : Malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah yang disitu terdapat patung dan gambar makhluk bernyawa.

Sekali waktu malaikat Jibril a.s tidak mau masuk rumah Nabi saw.  karena adanya patung kecil di rumah beliau, dan yang aku tidak tahu siapakah yang meletakkannya di depan pintu rumah beliau.  Hari berikutnya Jibril a.s. tetap tidak mau masuk ke dalam rumah Nabi saw. seraya berkata : "Mintalah seseorang untuk memotong kepalanya, sehingga bentuknya menjadi seperti tunggul pohon.

Demikian uraian Cara Setan Masuk Menggoda Manusia, berdasarkan Al-Quran dan Hadits Shoheh.
Semoga menjadikan pelajaran dan wawasan dalam pengamalan Agama Islam. 
Pembaca, silahkan baca artikel lainnya klik link ini : SHOLAT

0 Response to "CARA SYETAN MASUK MENGGODA MANUSIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel