KEUTAMAAN DO'A DAN DZIKIR

 
Berdzikir kapada Allah merupakan kesibukan yang terbaik, dan cara yang paling utama bagi seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi. Allah memerintahkan hambanya untuk berdzikir, karena dengan berdzikir maka kita banyak sekali mendapatkan manfaat dan keutamaanya.
   فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُواْ لِي وَلاَ تَكْفُرُونِ
" Maka ingatlah kamu kepada-Ku  niscaya Aku akan ingat (pula) kepadamu. (dengan memberikan rahmat dan pengampunan)  Dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat-Ku)  (QS Al Baqoraah : 152)
  وَاذْكُر رَّبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعاً وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ 
 مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلاَ تَكُن مِّنَ الْغَافِلِينَ
 " Dan sebutlah (Nama) Rabb-mu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (pada siksaan-Nya) serta tidak mengeraskan suaramu di waktu pagi dan sore hari, Dan janganlah kamu termasuk orang-orang lalai ". (QS Al A'Raaf : 205)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً
 " Dan sebutlah (Nama) Rabb-mu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (pada siksaan-Nya) serta tidak mengeraskan suaramu di waktu pagi dan sore hari, Dan janganlah kamu termasuk orang-orang lalai ". (QS Al A'Raaf : 205)


" Hai orang-yang beriman berdzikirlah sebanyak-banyaknya (QS Al Ahzaab : 41)

وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيراً وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْراً عَظِيماً 

" Laki-laki dan perempuan yang menyebut (Nama) Allah, maka Allah telah menyediakan untuk mereka pengampunan dan pahala yang besar." (QS Al Ahzaab : 35)


Rasulullah saw, bersabda :

" Maukah kamu aku tunjukkan perbuatan yang terbaik , paling suci di sisi Rajamu (Allah) dan paling mengangkat derajatmu lebih baik bagimu dari infaq emas, atau perak dan lebih baik bagimu daripa bertemu dengan musuhmu lantas kamu memenggal lehernya atau mereka memenggal lehermu"  Para sahabat menjawab " Mau (Wahai Rasulullah)

 Beliau bersabda  : " Dzikir kepada Allah Yang Maha Tinggi"



مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لَا يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

Perumpamaan orang yang ingat akan Rabb-Nya dengan orang yang tidak ingat Rabb-Nya laksana orang hidup yang mati. Orang yang banyak berdzikir kepada Allah hatinya akan menjadi tenang.
أَلاَ بِذِكْرِ اللّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
Firman Allah  :   "Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenang"  
                             (QS Ar Ra'd: 28).


إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوّاً إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

" Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh (mu) karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala". (QS Al Faathir : 6 )

Demikian beberapa dalil ataupun hadits Rasulullah saw. yang menjadi dasar bahwa kita diperintahkan untuk berdzikir. Semoga kita semua selalu dapat mengamalkannya. Aamiin.



0 Response to "KEUTAMAAN DO'A DAN DZIKIR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel