Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Terkait Dengan Shalat. (Seri-1)


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori Posting Shalat).

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin.

Ayat-ayat al-qur'an yang terkait dengan shalat, adalah bagian dari dasar hukum tentang shalat itu dan cara bagaimana kita dapat mengamalkan shalat dengan baik dan benar. Tentu akan diperjelas lagi tentang kaifiat atau cata cara shalat yang sempurna sesuai dengan yang dikehendaki Allah dan Rasulnya dengan sunnah-sunnah Nabi saw. (Hadits). 

Semakin kita ikhlas dalam ibadah maka semakin dikabulkan oleh Allah SWT. Keikhlasan serta kekhusyu'an dalam mengamalkan suatu ibadah itulah yang akan diterima oleh Allah SWT.  Muadz r.a. berkata ; Ketika Rasulullah saw. mengutusku ke Yaman, aku memohon kepada beliau supaya memberikan nasihatnya. Rasulullah saw. bersabda : "Jagalah keikhlasan dalam amalmu, karena dengan keikhlasan, amal yang sedikit akan mendatangkan pahala yang banyak"

Tsauban r.a. berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda : "Berbahagialah orang yang ikhlas, karena ikhlas adalah cahaya hidayah dan karena disebabkan oleh ikhlas fitnah yang paling kejam akan menjauhinya."  Dalam hadits dikatakan , : "Dengan berkah orang-orang yang lemah Allah swt menolong umat ini, yaitu berkah do'a-do'a mereka, shalat mereka, dan keikhlasan mereka. 
Berkait dengan masalah tersebut diatas, Allah berfirman :
"Maka celakalah orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya (shalatnya tidak berpengaruh baginya), dan orang-orang yang berbuat riya" (pamer) (QS. Al- Maa'uun : 4-6).
Terdapat beberapa pendapat para ulama tentang maksud perkataan "lalai dalam shalat" diantaranya adalah melalaikan waktu shalat, sehingga mengqadha shalatnya, tidak konsentrasi ketika shalat, yakni perhatiannya kesana kemari, ada juga yang menafsirkan dengan lupa dalam raka'atnya. Allah berfirman : 
"Sesungguhnya orang-orang muna-fik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka bediri dengan malas. Mereka bermaksud  riya di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka mengingat Allah kecuali sedikit". (QS. An-Nisa : 142). 
"Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalatnya dan memperturut-kan hawa nafsunya. Maka mereka akan menemui ghayya" (kesesatan). (QS. Maryam : 59)   
Ghayya, menurut bahasa artinya kekacauan, yaitu keburukan dan kebinasaan di akhirat. Tetapi ada juga yang menafsirkan Ghayya sebagai sebuah tingkatan di neraka jahanam di dalamnya berisi darah dan nanah. Orang-orang yang shalatnya tidak sempurna akan dimasukkan ke dalam lubang ini. 
Allah SWT berfirman : 
"Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterimanya nafkah-nafkah mereka melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan RasulNya. Mereka tidak mengerjakan shalat kecuali dengan malas dan juga tidak menafkahkan (harta) mereka, melainkan karena terpaksa". (QS At-Taubah : 54).
Sedangkan bagi orang-orang yang benar shalatnya, Allah swt, berfirman sebagai berikut :
"Sungguh beruntung orang-orang yang beriman. (yaitu) yang khusu' dalam shalatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuat-an dan perkataan) yang tidak berguna. Dan orang-orang yang membayar zakat. Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali kepada istri-istri dan hamba sahaya yang mereka miliki, maka mereka tidak tercela. Barangsiapa yang melepaskan (nafsunya) kepada selain itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara shalatnya. Itulah orang-orang yang mewarisi (yaitu) yang mewarisi Jannah Firdaus, mereka kekal di dalamnya" (QS Al-Mukminun : 1-11). Rasulullah saw. bersabda : "Jannah Firdaus adalah tempat yang paling tinggi dan istimewa. Di sana ada sungai-sungai yang mengalir. Di dalamnya terdapat Arasy Illahi. Apabila engkau memohon Jannah, maka memohonlah Jannah Firdaus"
Dalam ayat lain Allah SWT berfirman : 
"Dan carilah pertolongan dengan sifat sabar dan shalat. Dan sesung-guhnya yang demikian itu berat sekali, kecuali bagi orang-orang yang khusyu' (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Rabbnya dan (meyakini akan kembali kepada-Nya." (QS. Al-Baqarah : 45-46)

Dalam ayat lain Allah SWT, juga berfirman :
"Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan petang. Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah, mendirikan shalat, dan membayarkan zakat. Mereka takut pada suatu hari yang (pada hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberi balasan kepada merka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas". (QS. An-Nuur : 36-38)  
Seorang penyair berkata, "Seorang dermawan ketika berderma, maka meliputi segala khazanah rahmatnya." 

Demikian uraian singkat tentang ayat-ayat Al-Qur'an yang terkait dengan shalat. Semoga bermanfaat. Dan untuk lanjutan seri berikut (Seri-2) nantikan dalam waktu dekat.  Insya Allah. ....  

0 Response to "Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Terkait Dengan Shalat. (Seri-1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel