Keistimewaan Menjaga Silaturahmi Yang Dapat Menambah Umur dan Memperbanyak Rezeki.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Rahmat serta bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Menjaga Silaturahmi adalah suatu amalan wajib yang diperintahkan oleh Allah SWT, sesuai Firman-Nya pada surat An-Nisa Ayat 1 sebagai berikut :

"Hai manusia, bertaqwalah kepada Tuhan-Mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaq-walah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu" . (QS. An-Nisa : 1).

Kata silaturahmi adalah tersusun dari dua kata, Shilah yang berarti menghubungkan dan Rahim yang bermakna kasih sayang. Jadi secara sempurna kalimat silaturahim adalah menjalin kasih sayang satu sama lainnya.

Pada hakekatnya menjalin silaturahin bukan hanya dengan sesama manusia saja, tetapi juga harus dilakukan dengan sesama makhuk ciptaan Allah swt, baik dengan manusia, binatang, tumbuhan, atau terhadap benda yang mati sekalipun. 

Karena dalam kamus Islam tidak ada makhluk yang mati, semua yang diciptakan Allah selalu bertasbih, hal itu menandakan hakekat bahwa benda yang terlihat mati oleh kita adalah hidup. Maka kita wajib untuk memberikan kasih sayang (silaturahim) kepada semua makhluk-Nya. 

Silaturahim juga akan memberikan energi spiritual untuk lebih eksis dalam menjalani kehidupan. Maka menjaga silaturahim dalam Islam hukumnya adalah wajib, bahkan ketika kita memutuskan silaturahim, maka Allah menyatakan bahwa hal tersebut adalah dosa. 

Hukum Silaturahim Menurut Islam. 
Hukum Silaturahim menurut Islam wajib dilakukan karena silaturahim merupakan salah satu cara untuk memperlancar rezeki dan menambah umur, dan menjaga hubungan baik dengan keluarga, sanak saudara, teman, handai taulan dan lain-lain. 

Silaturahim menurut ajaran Islam, yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw, seperti bersilaturahim terlebih dahulu kepada hubungan keluarga seperti : ayah, ibu, adik, kakak, serta saudara yang ada hubungan dengan kedua orang tua kita. Hal ini dijelaskan dalam hadits Shaheh Al-Bukhari dan Muslim, dari Abu Ayyubal-Ansyari sebagai berikut :
"Bahwasanya ada seseorang berkata kepada Nabi saw, : "Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku tentang sesuatu yang dapat memasukkan aku ke dalam surga dan dijauhkan dari neraka. Maka Nabi saw. bersabda : "Sesungguhnya dia telah diberi Taufik, atau sesungguhnya telah diberi Hidayah, apa tadi yang engkau katakan?". Lalu orang itupun mengulangi perkataannya. Setelah itu Nabi saw. bersabda : "engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu-pun, menegakkan shalat, membayar zakat, dan engkau menyambung silaturahim". Setelah orang itu pergi, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Jika dia melaksanakan apa yang aku perintahkan tadi, pastilah dia masuk surga" 
Baca juga yang ini : 
Sedikitnya kita bisa mendapatkan keuntungan dua macam, dari keistimewaan menjaga silaturahim yang istiqomah dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Silaturahim dapat memperpanjang umur.
Hal ini didasarkan dari Hadits Muttafaqun 'alaihi, yang dijelaskan bahwa :
"Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali sitaturahim"

2. Silaturahim dapat memperlancar Rezeki.
Berdasarkan hadits Muttafaqun 'alaihi, yang dijelaskan bahwa : 
"Ar-Rahim itu tergantung di Arsy. Ia berkata : "Barang siapa yang menyambungku, maka Allah SWT akan menyambungnya. Dan barang siapa yang memutusku, maka Allah akan memutus hubungan dengannya". (Mutafaqun 'alaihi). 

Demikian uraian keistimewaan menjaga silaturahim yang dapat menambah umur dan memper-banyak rezeki. Semoga bermanfaat dan selalu istiqomah menjaganya dengan penuh keikhlasan. 

0 Response to "Keistimewaan Menjaga Silaturahmi Yang Dapat Menambah Umur dan Memperbanyak Rezeki."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel