Ayat Al-Qur'an Yang Menghimpun Berbagai Faedah

.

Kajian Khazanah Islam (katagori posting Aqidah)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, Rahmat serta bimbingan-Nya semoga selau menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. sebagai pedoman hidup di dunia hingga menuju akhirat. Ada Ayat Al-Quran Yang Menghimpun Berbagai Faedah. Inilah ayat yang dimaksud tersebut : 

"Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat). dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya. dan manusia bertanya "Mengapa bumi (jadi begini)?"  pada hari itu bumi menceritakan beritanya. karena sesungguhnya Tuhamu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasannya), Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula".  (QS. az-Zalzalah  : 1- 8). 

Dikutip dari Ensiklopedia Alqur'an, berkait dengan ayat ini, Ubay bin Ka'ab r.a. menuturkan bahwa Rasulullah saw. bersabda : "Barangsipa membaca surat ini, seolah-olah membaca surat al-Baqarah secara selesai sebanyak 286 ayat, dan akan diberikan pahala sebagaimana orang yang membaca seperempat dari keseluruhan Alqur'an"

Abu Abdillah r.a. juga berkomentar tentang az-Zalzalah. Barangsipa membaca dalam shalat sunnah maka Allah tidak akan menimpakan keguncangan selamanya dan tidak akan mati oleh gempa bumi, petir, atau musibah-musibah dunia lainnya. Apabila mati, ia diperkenankan masuk surga.

Menurut Abu Huriarah, Rasulullah saw menamakan ayat ini (az-Zalzalah) sebagai al-jami'ah (ayat yang mencakup segala jenis). 

Sa'ad bin Abi Waqqash menceritakan sebuah peristiwa unik yang dialaminya. Suatu hari saya bepergian untuk mencari ilmu nun jauh dari tempatku. Dan setelah berjalan ber-hari-hari, aku aku menemukan perempatan jalan dan aku berhenti sejenak untuk menentukan arah yang mana yang aku harus tempuh. Di sela berhenti tersebut datanglah seorang pengemis laki-laki mencegatku di perempatan jalan tersebut, untuk meminta derma. Saat itu aku memang tidak membawa perbekalan makanan dan uang yang cukup, dan setelah merogoh tas perbekalan, didapatkanlah sisa makanan yaitu empat butir kurma dalam tasku. Lalu aku mengambil dua butir untuk aku berikan kepada pengemis itu. 

Awalnya, si pengemis mengulurkan tangannya. Ia menyangka, aku akan menyedekahkan sedikit bekalnya. Namun saat pengemis itu mengetahui dirinya hanya akan diberi dua buah kurma, ia langsung mengepalkan tangannya sebagai isyarat menolak pembrian kecil itu. 
Baca juga yang ini : 7 Tanda Kebahagiaan Dunia

Melihat itu, Sa'ad berkata : "Celakalah engkau? Padahal Allah SWT saja menerima dari kami meskipun seberat dzarrah dan batu pasir sekalipun, sementara engkau menolak pemberian dua butir kurma dariku" 
Dari keterangan-keterangan dan sebuah kisah di atas, kita dapat mengambil hikmah yang besar sebagai koreksi diri bahwa perbuatan sekecil apapun tetap ada balasannya, apakah itu kebaikan ataupun keburukan. Maka Rasullah saw. menamakan bahwa surat  az-Zaljalah adalah ayat penghimpun berbagai faedah. 

Demikian uraian Ayat Al-Quran Yang Menghimpun Bebagai Faedah. Semoga bermanfaat dan menambah kedekatan kita kepada Allah dengan seringnya membaca Ayat tersebut di atas. 

0 Response to " Ayat Al-Qur'an Yang Menghimpun Berbagai Faedah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel