6 Do'a Nabi Ibrahim YangTetap Relevant Hingga Saat Ini.

6 Doa Nabi Ibrahim

Kajian Khazanah Islam (Katagori  posting Doa)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk mendapatkan kebahagiaan dan Ridho-Nya di akhirat kelak. Aamiin...



Rasiyambumen/Khazanah Pelangi Islam, masih menyuguguhkan materi do'a dan kali ini mengambil judul : 6 Do'a Nabi IbrahimYangTetap Relevant Hingga Saat Ini.

Mencoba menganalisa dari judul diatas bahwa ketika itu, saat Nabi Ibrahim dan Ismail sedang merenovasi pondasi Baitullah rumah Allah (Ka'bah) di negeri Arab Saudi tepatnya di Makkah untuk berkumpul melakukan thawaf, 'iktikaf dan berdoa bagi seluruh manusia dari penjuru dunia dan juga menjadikan tempat yang aman. Ini menggambarkan bahwa tempat / sarana dalam tanda petik "Masjid, Mushalla", juga harus dipersiapkan dan dirawat dengan sebaik-baiknya dan dijaga dari keamanannya.
Ketika sarana telah dipersiapkan dengan baik, lalu diisi dengan kegiatan amal yang nyata dan saat itu Nabi Ibrahim melakukan amalan doa yang diabadikan di dalam Al-Quran sebagaimana firman-Nya :









"Dan ingatlah ketika Ibrahim berdo'a "Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman ; Dan kepada orang yang kafirpun akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kebali". (QS Al-Baqarah : 126) 

Dari makna doa tersebut kita dapat menangkap apa yang dikehendaki oleh Nabi Ibrahim saat itu yaitu, bahwa Ibrahim menginginkan agar tempat yang sedang direnovasinya (Ka'bah) menjadi tempat yang banyak dikunjungi manusia dari seluruh penjuru dunia. Namun bukan itu saja Ibrahim juga memohon agar negeri itu diberkahi rezeki yang melimpah yang disebutkan oleh Ibrahim adalah buah-buahan, walaupun secara logika tidak mungkin terjadi dikarenakan disekitar Mekah adalah gurun tandus yang secara penalaran manusia itu tidak akan terjadi. Namun bagi Allah tak ada yang mustahil dan doa itu telah dikabulkan oleh Allah Swt, walaupun disana tidak ada pohon buah-buahan paling juga hanya ada pohon kurma, tetapi hari ini, di negeri (Mekkah) yang Ibrahim mintakan doanya sekarang telah terbukti bahwa hampir semua jenis buah yang ada didunia ini semua ada di kota Mekah dan sekitarnya.

Doa Ibrahim di ayat 126 surat al-baqarah itu seolah Nabi Ibrahim juga menginginkan agar yang diberi rezeki adalah hanya orang-orang yang beriman saja kepada Allah.
Namun dijawab oleh Allah bahwa orang-orang kafirpun juga akan diberi rezeki, atau kesenangan sementara, yang kemudian Allah akan memaksa untuk menjalani siksa di neraka kelak. 

Terkait doa itu, seakan mengandung makna bahwa kita diajarkan oleh Allah untuk tidak egois dalam segala urusan termasuk doa yang hanya mementingkan kelompoknya saja. Tetapi juga untuk memintakan kepada kelompok lainnya.  Yang demikian ini adalah suatu pelajaran yang menempatkan diri kita agar juga berlaku adil. 

Inilah 6  Do'a Nabi Ibrahin : 

1. Mohon Keamanan dan Keberkahan Kota Mekkah.


"Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata : "Ya TuhanKu jadikanlah negeri ini (Mekah) negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala".(QS Ibrahim  : 35)


2. Mohon Kemakmuran Penduduk Mekkah. 











"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanaman-tanaman di dekat rumah Engkau (Baiyullah) yang dihormati, Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur". (QS Ibrahim : 37).


3. Mohon Agar Keturunannya Menjadi Penegak Shalat.







"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku". (QS Ibrahim : 40)


4. Mohon Apunan di Hari Hisab.




"Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab" (QS Ibrahim : 41)



5. Mohon Perlindungan dan penjagaan Allah.












"Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (Kekafiran) mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya : "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatu-pun dari kamu (siksaan) Allah"
Ibrahim berkata : "Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal dan hanya kepada Engkau bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali". (QS al-Mumthanah: 4)


6. Doa berserah diri kepada Allah.


"Tuhan yang telah menciptakan aku, maka dialah yang menujuki aku" (QS 26 : 78)
"Dan Tuhanku yang Dia memberi makan dan minum kepadaku" (QS 26 :79)
"Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku" (QS 26 : 80)
"Dan yang akan mematikan aku, kamu, dan akan menghidupkan aku" (kembali) (QS 26 :81)
"Dan yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat" (QS 26 : 82).

Itulah ke-6 doa Nabi Ibrahim yang apabila kita amalkan saat ini, tentunya masih relevant baik untuk diri sendiri atau memohon untuk orang lain / masyarakat pada unumnya. 
Mari kita amalkan doa Nabi Ibrahim ini, dengan ikhlas semoga bermanfaat dan menjadikan kita lebih dicintai oleh Allah Swt. Aamiin...





0 Response to "6 Do'a Nabi Ibrahim YangTetap Relevant Hingga Saat Ini."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel