Rahasia Ilmiah 5 Waktu Sholat, Yang Berhubungan Dengan Tubuh Kita

                                              

Kajian Khazanah Islam (Katagori Posting Aqidah)

Pembaca budiman curahan Rahmat serta Bimbingan-Nya selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih bahagia dan ridha Allah di akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Khazanah Pelangi Islam, memposting sebuah materi dengan judul : Rahasia Ilmiah 5 Waktu Sholat Yang Berhubungan Dengan Tubuh Kita. 

Shalat adalah suatu kewajiban dari Allah atas setiap orang muslim. Shalat yang diperintahkan adalah 5 waktu dalam sehari semalam hal ini sesuai firman Allah Swt dalam Al-Qur'an sbb : 

أَقِمِ الصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْءَانَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ الْفَجْرِ كَانَ 
مَشْهُودًا ﴿الإسراء):٧٨
"Dirikanlah shalat dari matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Subuh, sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh para malaikat)"  (QS Al-Isr'aa : 78).

Dan di surat lain Allah menjelaskan bahwa waktu shalat adalah telah ditentukan sebagai berikut :

إِنَّ الصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتٰبًا مَّوْقُوتًا :١۰٣ 
"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman" (QS An-Nisa' :103)

Kalau mengacu dari Surat Al-Israa' ayat 78 bahwa mulai urutan perintah shalat adalah dari waktu Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya, dan Subuh. 

Namun demikian penulis akan menguraikan dimulai pada waktu shalat subuh karena sesuai dengan perubahan alam (warna alam itu sediri).

Dari Anas binMalik ia berakata : "Telah difardhukan atas Nabi pada malam Isra' shalat sebanyak lipa puluh (waktu), kemudian dikurangi hingga menjadi lima waktu. Kemudian beliau di seru : Ya Muhammad, sesungguhnya ketetapan disisi-Ku tidak bisa diubah. Dan untukmu shalat lima (waktu) ini sama dengan lima puluh (waktu)" 

Berikut pengamatan para ahli di bidangnya mengenai masalah waktu sholat, yang juga salah satu rukun Islam, karena ada rahasia di balik peralihan/perpindahan waktu shalat.

Dibalik wajibnya melaksanakan shalat Fardhu, ternyata dari waktu shalat yang 5 waktu itu terkandung banyak hikmah yang dapat kita ambil manfaatnya dari faktor kesehatan, Ilmu pengatahuan psikologi, dan lain-lainnya.

Setiap perpindahan/peralihan waktu shalat sebenarnya bersamaan dengan terjadinya perubahan tenaga alam yang dapat diukur dan dirasakan melalui perubahan warna alam. Fenomena perubahan warna alam ini tidak asing bagi penggemar dan praktisi fotografi/vidio/flm juga dalam industri cahaya/lampu, percetakan, astrofisika dan lain-lain ada istilah suhu/temperatur warna (color temperature) dimana kalau siang itu dilukis (kebiru-biruan) dan kalau sore itu reddish (kemerah-merahan) Suhu warna biasanya menggunakan satuan Kelvin (K) sebagai perangkat pengukurannya.
 
Marilah kita amati dari 5 waktu shalat yang dijadikan rukun Islam tersebut :


Waktu Shalat Subuh
 Pada waktu subuh, alam berada dalam spectrum warna biru muda yang bersesuaian dengan frekuensi tiroid (kelenjar gondok). Di dalam ilmu Fisiologi (Ilmu Faal, salah satu dari ilmu biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan) tiroid mempunyai pengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh manusia. Warna biru muda juga mempunyai rahasia tersendiri berkaitan dengan rezeki dan cara berkomunikasi, Mereka yang masih tertidur nyenyak pada waktu subuh akan menghadapi masalah rezeki dan komunikasi. Mengapa? karena tiroid tidak dapat menyerap tenaga biru muda di alam ketika roh dan jasad masih tertidur. Pada saat azan subuh berkumandang, tenaga alam ini berada pada tingkatan optimum. Tenaga iniliah yang kemudian diserap oleh tubuh kita terutama pada waktu ruku dan sujud di shalat subuh tersebut. 

Waktu Dzuhur 
Alam berubah  dari warna kebiruan menjadi sedikit menguning dan ini berpengaruh kepada perut dan sistem pencernaan manusia secara keseluruhan. Warna ini juga punya pengaruh terhadap hati. Warna kuning ini mempunyai rahasia berkaitan dengan keceriaan seseorang. Jadi bagi mereka yang selalu ketinggalan atau melewatkan shala dzuhur berulang kali akan mengahdapi masalah dalam sistem percernaan serta berkurang keceriannya.

Waktu Ashar 
Alam berubah lagi warnanya menjadi jingga/orannye (warna antara kuning dan merah). Hal ini berpengaruh cukup siqnifikan terhadap organ tubuh yaitu prostat (kelenjar eksorin pria jantang, fungsi utamanya adalah untuk mengeluarkan dan menyimpan sejenis cairan yang menjadi dua pertiga bagian dari air mani), rahim, ovarium/indung telur (kelenjar kelamin wanita) dan testis (kelenjar kelamin jantan) yang merupakan sistem reproduksi secara keseluruhan. Warna oranye di alam mempengaruhi kreativitas seseorang. Orang yang sering ketinggalan waktu Ashar akan menurun daya kreativitasnya. Disamping organ-organ reproduksi ini juga akan kehilangan tenaga positif dari warna alam tersebut.

Waktu Maghrib
Warna alam kembali berubah menjadi merah sedikit gelepan. Sering pada waktu itu kita mendengar banyak nasehat orang tua agar tidak berada di luar rumah. Nasehat tersebut ada benarnya karena saat Maghrib tiba, spektrum warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis. Pada waktu ini jin dan iblis amat bertenaga (powerful) karena mereka bergema atau atau ikut bergetar dengan warna alam. Mereka yang sedang dalam perjalanan sebaiknya berhenti sejenak dan dan mengerjakan shalat maghrib terlebih dahulu. Hal ini lebih baik dan lebih selamat karena pada waktu ini banyak gangguan (interferensi-interaksi antar gelombang dalam satu daerah dapat membangun dan merusak) atau terjadi tumpang tindih dua atau lebih gelombang yang yang berfrekuensi sama atau hampir sama dan bisa menimbulkan fatamorgana yang dapat mengganggu mata (penglihatan) kita. 

Waktu Isya
Selanjutnya pada waktu ini warna alam berubah menjadi nila (indigo) dan selanjutnya menjadi gelap. Waktu Isya mempunyai rahasia ketentraman dan kedamaian yang frekuensinya sesusai dengan sistem kontrol otak. Mereka yang sering ketinggalan waktu Isya akan sering merasa gelisah. 
Untuk itulah ketika alam mulai diselimuti kegelapan, kita dianjurkan untuk mengistirahatkan tubuh ini. Dengan tidur pada waktu ini keadaan jiwa kita berada pada gelombang  Delta dengan frekuensi di bawah 4HZ (Hertz) adalah satuan ukur untuk frekuensi) dan seluruh sistem tubuh memasuki waktu rehat. 

Selepas tengah malam, alam mulai bersinar kembali dengan warna-warna putih, merah jambu, dan kemudian ungu. Perubahan warna ini selaras dengan kelenjar pineal (badan pineal atau "mata ketiga" sebuah kelenjar endokrin pada otak) kelenjar pituitary (hipofisis) thalamus (struktur simetris garis tengah dipasangkan dalam otak vetebrata termasuk manusia dan fungsinya mencakup sensasi menyampaikan, rasa khusus dan sinyal motor ke korteks serebral, bersama dengan pengaturan kesadaran tidur dan kewaspadaan) dan hypothalamus (hypothalamus bagian otak yang terjadi dari sejumlah nucleus dengan berbagai fungsi yang sangat peka terhadap steroid, glukokortikoid, glukosa dan suhu). Maka sebaiknya kita bangun lagi pada waktu ini untuk mengerjakan shalat malam (tahajud). Waktu ini disepakati oleh para ulama adalah kira-kira pukul 2.45 atu pukul  3.00 dini hari untuk mulai shalat tahajud.

Demikian sekilas ringkasan hubungan antara waktu shalat dengan warna alam.  Manusia sebaiknya sadar akan pentingnya tenaga alam. Faktor-faktor inilah yang mendasarkan kegiatan meditasi seperti taichi, gi-gong dan sebagainya.  Kita sebagai umat Islam sepatutnya bersyukur karena telah dikaruniakan shalat oleh Allah Swt, sehingga jika dilaksanakan sesuai aturan maka secara tak sadar kita telah menyerap tenaga alam ini. Barangkali ini mungkin belum pernah terpikir oleh kita sebelumnya. 

Inilah hakikat mengapa Allah Swt, yang memiliki sifat Pengasih dan Penyayang, mewajibkan shalat kepada kita sebagai hamba-Nya. Sebagai pencipta, Allah Swt, mengetahui bahwa hambaNya amat sangat memerlukan-Nya. Shalat di awal waktu akan membuat badan semakin sehat. 

Semoga informasi ini dapat menambah semangat dan penuh keikhlasan kita, untuk melaksakan shalat tepat pada waktunya, dan bersegera ke masjid untuk berjama'ah bagi laki-laki.
 
Sumber :
republished by (YM) Yes Muslim 

0 Response to "Rahasia Ilmiah 5 Waktu Sholat, Yang Berhubungan Dengan Tubuh Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel