5 Keutamaan Bulan Sya'ban dan Spesial Malam Nisfu Sya'ban.


JADWAL SHOLAT

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (ketegori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Islam selalu mengajarkan berbagai macam kebaikan kepada setiap umatnya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, melainkan untuk membuat setiap umat muslim mendapatkan barokah dari Allah SWT sebagai bekal kelak di akhirat. 

Dari berbagai macam jenis kebaikan yang diajarkan tersebut tentu saja dibagi menjadi beberapa amalan yang dapat dikerjakan, seperti amalan ketika bulan Sya'ban itu datang.  Bualn Sya'ban adalah bulan yang sangat diistiwewakan oleh Rasulullah SAW yang dimana bulan ke-8 dari nama-nama bulan kalender Hijriyah ini, sangatlah diagungkan oleh Beliau. 

Maka tidak heran ketika bulan Sya'ban datang, ada banyak sekali amalan di bulan ini yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang dapat diikuti oleh umat Muslim. Tidak hanya itu saja, selain disunnahkan untuk selalu mengikuti anjuran Rasulullah SAW dalam memaknai datangnya bulan Sya'ban, kita sebagai umat Muslim juga diharuskan untuk mengetahui beberapa keutamaan pada bulan Sya'ban. 

Yang dimana beberapa keutamaan tersebut tentu akan dapat membawa kita kepada kehidupan yang jauh lebih baik dengan adanya barokah dari Allah SWT.  Lalu apa saja yang menjadi keutamaan pada bulan Syaban?.  Minilam ada  5 (lima)  keutamaan di dalamnya : 

Pertama : Bulan diangkatnya amal sholeh. 
Hal ini diterangkan oleh Usamah bin Zaid radiyallahu anhu ia berkata : "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, wahai Rasulullah, aku tidak melihatmu berpuasa sunnah di bulan-bulan-lainnya (sebanyak) engkau berpuasa di bulan Syaban?, Dan beliau-pun menjawab : ya (bulan Sya'ban) merupakan bulan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia, yaitu antara Rajab dan Ramadhan. Dan Sya'ban merupakan bulan diangkatnya amal perbuatan manusia kepada Allah SWT, dan aku ingin ketika amalku diangkat dan dilaporkan kepada Allah, aku dalam keadaan berpuasa". (HR. An-Nasa'i)  

Kedua : Pintu Gerbang Menuju Bulan Yang Agung. 
Bulan Saya'ban berada tepat diantara tengah-tengah bulan Rajab dan Ramadhan, membuat bulan yang satu ini benar-benar menjadi bulan yang penuh dengan keutamaan. Selain keutamaan di atas, keutamaan bulan Sya'ban yang selanjutnya menjadi gerbang menuju bulan yang agung, yaitu  adalah bulan Ramadhan.  Jadi ketika kita mulai menjalankan puasa sunnah di bulan Sya'ban, itu artinya kita sedang melatih diri untuk menjalankan puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan, saat bulan itu datang.   Hal ini juga diutarakan oleh Syeikh Ibnu Rajab al-Hambali yang mengemukakan bahwa :
"Sesungguhnya puasa sunnah di bulan Sya'ban, adalah seperti latihan untuk puasa Ramadhan, agar seseorang nantinya tidak kesusahan dan berat dalam menjalankan puasa ramadhan. Bahkan sebaliknya menjadi terbiasa dan ternuansakan dengan puasa" 

Ketiga : Merupakan Bulan Al-Qur'an.
Keutamaan bulan Sya'ban yang lainnya adalah merupakan bulan Al-Qur'an. Yang dimana membaca al-qur'an itu sendiri, merupakan hal sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim, akan tetapi ada beberapa waktu yang juga sangatlah baik bagi kita sebagai umat muslim mengamalkannya sebagaimana halnya pada bulan Ramadhan dan juga bulan Sya'ban ini.  

Syeikh Ibnu Rajab Al-Hambali meriwayatkan dari Anas, ia berkata : "Kaum muslimin pada bulan Sya'ban, mereka menekuni pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an dan mengeluarkan zakat untuk membantu orang-orang yang lemah dan miskin, agar mereka dapat menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.   

Keempat : Turunnya Ayat (perintah Shalawat kepada Nabi)
Keutamaan yang lain pada bulan Sya'ban adalah diturunkannya ayat tentang perintah untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.  Sebagaimana firman Allah sebagai berikut : 
 اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا   "Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kamu untuk Nabi, dan ucapkan salam penghormatan kepadanya" (QS, Al-Ahzab/33 : 56).

Kelima : Diampuninya Dosa-Dosa. 
Keutamaan bulan Sya'ban yang juga sering dilalaikan umat muslim yaitu, diampuninya dosa-dosa mereka yang telah diperbuat sebelumnya.  Hal ini juga telah dijelaskan oleh Rasullah SAW dalam sabdanya :  "Sesungguhnya Allah turun ke bumi pada malam nisfu Sya'ban, lalu Dia mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali seorang musyrik atau seorang yang bermusuhan dengan saudaranya" (HR. Ibnu Majah, dan dihasankan al-Albani).  
Nah inilah keutamaan malam nisfu Sya'ban bagi seluruh makhluk-Nya, sebagaimana sabda Nabi SAW tersebut di atas ini. 

Itulah beberapa keutamaan bulan Sya'ban yang dapat kita pelajari dan sekaligus dapat diamalkan, mengingat dalam waktu yang tidak lama lagi bulan yang diagungkan oleh Nabi Muhammad SAW akan segera datang, yaitu bulan suci Ramadhan. Wallahu 'alam bishowwab.  

0 Response to "5 Keutamaan Bulan Sya'ban dan Spesial Malam Nisfu Sya'ban."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel