Do'a Dalam Acara Walimatul Ursy (Do'a Ketika Resepsi Pernikahan)

Acara Resepsi Pernikahan 

JADWAL SHOLAT

Rasiyambumen.com Kajian Khanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Walimatul Ursy adalah sebuah perhelatan dalam rangka mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT atas terlaksananya akad nikah dengan menyajikan jamuan. Dalam masyarakat, walimatul Ursy disebut sebagai pesta pernikahan. 

Menurut catatan atau buku Uda "Sabar Saja" oleh Arisha ; beliau mengartikan bahwa walimah adalah berkumpul. Sedangkan walimah dalam literatur Arab adalah jamuan khusus untuk resepsi pernikahan dan tidak digunakan untuk perhelatan di luar pernikahan. 

Di zaman Rasulullah SAW walimatul ursy diselenggarakn semata-mata untuk bersyukur kepada Allah SWT dengan menghidangkan makanan dan menjamu para tamu. Hal ini juga dilakukan untuk bersedekah kepada fakir miskin dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. 

Rasulullah SAW pun menganjurkan kepada kaum muslimin untuk menghadiri waalimatul ursy jika diundang. Sebagaimana sabda beliau sebagai berikut : 




"Apabila seorang diantara kalian diundang kepada suatu walimah, maka hendaknya ia meng- hadirinya". (HR. Muslim)

Tentang hukum walimah memang sunnah, namun harus diperhatikan pelaksanaannya. Misalnya saja dalam memanjatkan doa untuk sang pengantin. Dikutip dari Buku Sakinah Cinta oleh Ummu Azzam, beliau menjelaskan berikut doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang dipanjatkan kepada Allah untuk keberkahan kedua mempelai pengantin adalah sebagai berikut : 
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Segala puji bagi Tuhan semesta alam. Sebagaimana orang-orang yang bersyukur, dan orang-orang yang mendapat nikmat sama-sama memuji dengan pujian yang sesuai nikmatnya. Ya Allah, sholawat serta salam atas sayyidana Muhammad dan kepada keluarga sayyidana Muhammad. 

(Semoga) berkah Allah tercurah bagimu. Dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian dalam kebaikan. 

Ya Allah ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka. 

Ya Allah ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka. 

Berkahilah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.   

Ya Tuhan kami berilah aku kebahagiaan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari siksa api neraka.  Aamiin. 

Demikian uraian materi "Doa Dalam Acara Walimatul Ursy (Doa Ketika Resepsi Pernikahan). Semoga bermanfaat, Aamiin. 

0 Response to "Do'a Dalam Acara Walimatul Ursy (Do'a Ketika Resepsi Pernikahan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel