3 Surat Yang Dibaca Rasulullah SAW Jelang Tidur.

Sebelum Tidur Baca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasulullah SAW baca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas sebelum tidur.

Setiap apa yang diamalkan / dilakukan dalam syariah Islam, mempunyai adab yang telah diatur oleh ajaran Islam itu sendiri. Tak terkcuali tidur-pun mempunyai adab. Rasulullah SAW pernah mencontohkan ketika beliau menjelang tidur.  Salah satunya yakni mengusap bagian tubuh yang dapat dijangkau. 
Ini dilansir dari laman Elbalad pada Sabtu, 11/9/2021, bahwa Allah SWT berfirman sebagai berikut : 
"(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring". (QS, Ali Imram/3 : 191).  
Keterangan : kata berbaring inilah yang dikonotasikan dengan menjelang tidur. 

Diantara sunnah sebelum tidur ialah, berwudhu, lalu bersiap untuk tidur dan membaca doa, dzikir, untuk dapat menangkal bahaya dan kejahatan selama kita tidur. Inilah secara lengkapnya apa yang dilakukan Rasulullah SAW sebelum tidur.  

Ketika Rasulullah SAW hendak tidur, beliau mendekatkan kedua telapak tangannya kemudian membaca surat Al-Ikhlas, An-Naas, dan Al-Falaq. Inilah hadits yang meriwayatkannya : 
"Apabila Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam hendak tidur, beliau meniupkan pada telapak tangannya sambil membaca Qul Huwallahu Ahad (surat Al-Ikhlas) dan mu'awidzatain (Surat Al-Falaq dan An-Naas) kemudian beliau mengusapkan pada wajah dan seluruh tubuh. Ketika beliau sakit, menyuruhku melakukan hal itu". (HR. Bukhari). 

Bahwa setiap sunnah yang dilakukan sebelum tidur memiliki keutamaan khusus di dalamnya. Beberapa manfaatnya yakni memiliki perlindungan pada manusia dari bahaya jin jahat yang akan mengganggunya. Dan dapat pula terhindar dari godaan setan, serta dapat menghapus dosa.  Wallahu 'alam bishowwab. 

Demikian uraian singkat materi "3 Surat Yang Dibaca Rasulullah SAW, Jelang Tidur". Semoga bermanfaat dan kita dapat amalkan dengan istiqamah agar selalu mendapat perlindungan-Nya. Aamiin. 

0 Response to "3 Surat Yang Dibaca Rasulullah SAW Jelang Tidur."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel