Betapa Tinggi Nilai Do'a Saat Duduk Diantara Dua Sujud.

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Do'a saat duduk diantara dua sujud memang tidaklah terlalu panjang. Namun kalau ditinjau dari isi doa tersebut, sangatlah terstruktur dengan susunan yang simetris sehingga menghasilkan nilai yang besar dan luas dalam mencakup kebutuhan hidup manusia. Apalagi ketika doa ini dilakukan saat duduk diantara dua sujud dalam shalat. 

Menurut Hadits Rasulullah SAW. bahwa seorang hamba paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika berdoa dalam keadaan sujud. Teks hadits secara lengkap adalah sebagai berikut : 

 Abu Hurairah, radiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW, bersabda : "Keadaan paling dekat seorang hamba dari Rabbnya adalah ketika dia dalam keadaan sujud. Maka perbanyaklah doa (di dalamnya)". [HR. Muslim]. 

Hadits di atas memberitahu kita bahwa betapa tingginga kedudukan sujud, diantara cara lain dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah. Dengan sabda Nabi di atas, kita dapat menangkap makna, bahwa tidak ada momentum lain yang dapat melebihi tingginya nilai doa dalam sujud. Maka betapa berartinya dua momentun dalam shalat itu. Pertama momentum shalat itu sendiri dan doa saat duduk diantara dua sujud. Dan saat itu Nabi memerintahkan kepada kita agar perbanyak berdo'a. 

Dan bila kita renungkan, sebenarnya alangkah srtategisnya momentum duduk untuk berdoa diantara dua sujud ketika shalat. Ia terapit dua sujud, yaitu saat kita pada kondisi paling dekat dengan Allah. Bila digambarkan secara spesifik, duduk diantara dua sujud adalah keadaan dimana terlebih dulu kita datang mendekat kepada Allah. Setelah mengambil posisi paling dekat, yaitu ketika duduk bersimpuh diantara dua sujud, lalu baru mengutarakan harapan kepada-Nya. Harapan apa saja yang dapat kita utarakan atau minta kepadanya?. Beliau memberikan contoh doa yang dapat kita ikuti ketika duduk diantara dua sujud saat mendirikan shalat. 

Harapan yang kita inginkan semuanya terkandung dalam doa saat duduk diantara dua sujud sebagaimana yang diajarkan Nabi SAW. Doa ini memang tidak terlalu panjang namun sarat dengan nilai yang agung dan sangat dibutuhkan manusia. Teks doa tersebut adalah sebagai berikut : 

"Ya Allah ampunilah aku, kasianilah aku, dan cukupkanlah segala kekuranganku, dan angkatlah derajatku, dan berilah rezeki kepadaku, dan berilah aku petunjuk, dan berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ma'af kepadaku".  

Kalau kita cermati penempatan doa ini yang diprioritaskan pertama, adalah permohonan ampun kepada-Nya. Lalu sesudah itu kita memohon cucuran kasih sayang-Nya, Setelah itu kita mohon agar kelemahan kita ditutupi-Nya, Derajat kita ditinggikan-Nya, memohon Hidayah-Nya, memohon keafiatan atau kesehatan-Nya, memohon Rezeki dari-Nya dan penutupnya adalah memohon ma'af atas kesalahannya. Itulah doa disaat duduk diantara dua sujud walaupun sangat pendek namun mencakup dari seluruh kebutuhan hidup kita. 

Maka kesempatan yang disediakan oleh Allah, kita manfaatkan sebaik-baiknya. Dia (Allah) akan senantiasa membuka pintu permohonan kepada hamba-Nya yang selalu mendekatkan diri kepada-Nya (melalui sujud). Diberikanlah dengan bebas untuk meminta dengan mengutarakan segala hajat kepada-Nya. Oleh sebab itu doa diantara dua sujud tersebut, seharusnya diutarakan dengan ikhlas dan penuh harap kepada Allah. Bukan hanya membaca secara cepat, sehingga berlalu begitu saja tanpa kesan apalagi merasa tak terlalu dibutuhkan, sebagai sebuah harapan yang sungguh-sungguh. 

Sebetulnya jikalau kita sadari betapa penting dan dibutuhkannya doa saat duduk diantara dua sujud ketika shalat. Betapa syahdu dan indahnya perjumpaan dengan-Nya, yaitu saat kita mendekatkan diri (bersujud) kemudian bersimpuh penuh pasrah mengutarakan harapan-Nya dengan berdoa pada saat duduk diantara dua sujud. Waalhu 'alam bisawwab. 

Demikian uraian singkat materi "Betapa Tinggi Nilai Do'a Saat Duduk Diantara Dua Sujud". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan. Aamiin.

0 Response to "Betapa Tinggi Nilai Do'a Saat Duduk Diantara Dua Sujud. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel