5 Pesan Khusus Rasulullah s.a.w Menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Kultum)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasulullah s.a.w memberikan pesan khusus menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan. 
Dari dua belas bulan dalam tahun Hijriyyah ada bulan yang sangat istimewa yaitu bulan suci Ramadhan yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh kaum muslimin di dunia ini. Bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh ampunan, serta bulan yang dijauhkannya dari siksa api neraka. 

Nabi Muhammad s.a.w acap kali menyampaikan sambutan khusus, dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Adapun pesan-pesan khusus ini disampaikan kepada para sahabat Rasulullah s.a.w. agar dapat meraih kemuliaan di dalam bulan suci Ramadhan tersebut.  
Mengutip dari Majalah Ramadhan, diantara pesan kutipan tersebut sedikitnya ada 5 (lima) pesan yang disampaikan kepada para sabahabat diantaranya ialah : 
1. Wahai manusia, sungguh telah datang pada kalian bulan Agung yang membawa berkah, rahmat, mahgfirah atau ampunan. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Jam demi jam, menit demi menit, dan detik demi detiknya adalah saat yang paling utama. Hari-hari siangnya adalah hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. 
Pada bulan ini Allah memanggilmu dengan panggilan istimewa yaitu "Hai orang-orang yang beriman" berpuasalah kamu sebagaiman orang-orang sebelum-mu agar kamu menjadi orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanmu maka Allah akan memuliakan dalam kehidupan di dunia ini dan kebahagiaan di akhirat kelak.   
Pada bulan ini setiap desah nafasmu menjadi tasbih, sedangkan tidurmu di bulan ini, hanya sekedar untuk istrihat sejenak menjadi ibadah, amalmu diterima, dan permohonanmu dikabulkan.  

Maka memohonlah kepada Allah SWT Rabbmu dengan disertai niat yang tulus, hati yang besih agar Allah membimbingmu untuk melakukan puasa (shiyam) dan istiqamah membaca kitab-Nya. Perhatikanlah ada orang-orang yang celaka pada bulan yang agung ini, karena tidak mendapat ampunan Allah SWT. dikarenakan tidak memberi sedekah kepada kaum fakir dan miskin. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu di waktu hari kiamat telah datang.
Muliakanlah kedua orang tuamu, hormatilah yang lebih tua dan sayangilah yang lebih muda, jagalah lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu pandang, dan pendengaran dari apa yang tidak halal dalam mendengarkannya. Kasihanilah anak-anak yatim.
Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk memohon/berdoa pada waktu shalatmu, sebab waktu itu, saat-saat yang paling istimewa ketika Allah memandang hamba-Nya dengan penuh kasih. Dia (Allah) menjawab ketika mereka menyeru-Nya, Dia menyambut ketika mereka memanggil-Nya, dan mengabulkan ketika dia berdoa memohon kepada-Nya. 

2. Wahai manusia, sesungguhnya dirimu menjadi agunan karena amal-amalmu. Maka bebaskanlah  atu tebus dengan istighfar. Punggungmu berat menanggung (dosamu). Maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu. Ketahuliah bahwa Allah SWT bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengazab orang yang shalat dan sujud, dan juga tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Allah Rabb penguasa alam. 

3. Wahai manusia, Siapa saja diantara kalian memberi buka puasa kepada orang muslim yang pada bulan ini (bulan Ramadhan) sedang berpuasa dan tiba waktunya berbuka, maka disisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan diampuni dosanya yang telah lalu. (Sahabat bertanya "Ya Rasulullah tidaklah kami semua berbuat demikian?" (Rasulullah melanjutkan) sabdanya "Jagalah dirimu walau hanya dengan sebiji kurma. Dan Jagalah dirimu dari api neraka walau hanya dengan seteguk air.
4. Wahai manusia, Siapa saja yang memperbaiki akhlaknya pada bulan ini, ia akan berhasil melewati jembatan sirathal mustaqim pada hari ketika laki-laki lain tergelincir.  Dan siapa yang memperbanyak shalawat kepadaku pada bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barang siapa membaca satu ayat Al-Qur'an pada bulan ini, ganjarannya sama dengan menghatamkan Al-Qur'an pada bulan lain.

5. Wahai manusia, Sesungguhnya pintu surga dibukakan, maka untuk itu mohonlah kepada Allah agar pintu tak akan ditutup uktukmu. Dan ketika pintu neraka ditutup, mintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah dibukanya untukmu. Saat-saat setan dibelenggu pada bulan ini, maka mohonlah agar setan itu tak pernah menguasaimu. Pada akhir pesan yang terakhir/kelima, Amirul Mukminin berdiri dan berkata " Ya Rasulullah apa amal yang paling istimewa pada bulan ini?. Rasulullah, s.a.w. menjawab : "Ya Abal Hasan, amal yang paling istimewa adalah menjaga diri apa yang diharamkan oleh Allah SWT.  Wallahu 'alam.
Demikian uraian singkat "5 Pesan Khusus Rasulullah, s.a.w. Menjelang Bulan Suci Ramadhan. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi untuk lebih semangat dalam menyongsong datangnya bulan Ramadhan yang sudah di depan mata.

0 Response to "5 Pesan Khusus Rasulullah s.a.w Menjelang Bulan Suci Ramadhan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel