Keistimewaan Luar Biasa Di Dalam Shalat Subuh dan Isya.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Shalat).
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridho-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Diantara shalat yang lima waktu, ada dua shalat yang sangat istimewa pahalanya jika dikerjakan secara berjama'ah, yaitu shalat Subuh dan Isya. Shalat Subuh adalah shalat yang meng-awali dimana manusia akan beraktivitas penuh seharian di siang harinya hingga malam hari. Shalat Subuh ini adalah shalat yang paling kita jaga konsistennya dan tepat waktu untuk melaksankannya serta sangat dianjurkan untuk berjama'ah. 
Sebab tidak semua orang dapat konsisten tepat waktu dan berjama'ah karena shalat subuh ini adalah shalat yang paling terberat. Bahkan dalam sabda Rasulullah saw. tentang orang-orang munafik merasa sangat berat apabila hendak melaksanakannya. 
"Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Subuh dan Isya." (HR. Ahmad). Semoga kita semua bukan termasuk orang-orang munafik. Aamiin...
Shalat Subuh berjama'ah adalah salah satu tolok ukur sejauh mana keimanan dan kejujuran seorang muslim.  

Shalat subuh  dan Isya memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan shalat yang lima waktu lainnya. 
Rasulullah SAW. pernah bersabda, "Barangsiapa shalat isya berjamaah maka ia bagaikan shalat (sunnah) setengah malam, dan barangsiapa shalat subuh berjama'ah, maka ia bagaikan shalat (sunnah) semalam penuh"  (HR. Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi). 
Hadits di atas, memberikan penjelasan kepada umat Islam bahwa orang yang shalat Isya dan Subuh berjama'ah akan mendapatkan pahala seperti orang yang shalat sunnah satu malam penuh. Separuh malam pertama dari pahala shalat Isya berjamaah dan separuh malam kedua (terakhir) dari pahala shalat Subuh berjama'ah. 

Yang dimaksud pahala satu malam penuh adalah mengandung pengertian bahwa pahala shalat sunnah yang tanpa henti dilakukan seseorang sejak mulai ba'da Maghrib sampai menjelang waktu subuh, tanpa istirahat, tanpa zikir di sela-sela shalat sunnah tersebut, tanpa berhenti untuk ke kamar mandi, tanpa makan dan minum, tanpa tidur, dan tanpa hal-hal lain diluar shalat sunnah. 
Keistimewaan-keistimewaan yang lain dari shalat Subuh diantaranya sebagai berikut :

1. Shalat Subuh adalah salah satu faktor dilapangkannya rezeki. 
Seorang hamba walau sezuhud (sangat ta'at) sedekat apapun dengan Allah, dan tidak peduli sama sekali dengan urusan dunia, tetap senang kalau dilapangkan rezekinya minimal untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri untuk menyelamatkan kehormatan dari hinaan meminta-minta. Dan demi Allah jalannya hanya dengan mentaati segala apa yang dikehendaki-Nya.
Pernah suatu ketika Rasulullah SAW, selesai shalat Subuh, beliau kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fathimah r.anha, sedang tidur. Maka beliaupun membalikan tubuh Fathimah dengan kaki beliau, kemudian mengatakan kepadanya : "Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rizki Rabb-mu karena Allah sedang membagi-bagi rizki para hamba antara shalat Subuh dan hingga terbitnya matahari." 

2. Shalat Subuh menjaga diri seorang muslim. 
Barangsiapa yang melakukan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-Nya darinya dengan sebab apapun. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahanam.  Makna berada dalam jaminan Allah adalah dalam lindungan dan pemeliharaan-Nya. Sungguh itu semua adalah rahmat, yang dimana menaungi kita. Maka semua kepedihan berubah menjadi harapan. Sungguh itu semua adalah sifat Allah - Al-Latif (kelembutan) yang jika turun kepada kita, akan sanggup menjadikan api menjadi dingin dan damai.  Itulah hikmah kemuliaan dan kehendak yang tak terkalahkan. Jika ia datang mampu merubah musuh menjadi teman setia, dan mampu merubah singa yang buas menjadi kucing yang penurut. 

3. Shalat Subuh Adalah Penyelamat Dari Neraka. 
Rasulullah saw. bersabda : "Tidak akan masuk neraka, orang yang melakukan shalat sebelum matahari terbit, dan sebelum tenggelamnya" (HR. Muslim).  Ini adalah ketetapan Nabi SAW yang mulia, bahwa siapa yang memelihara melakukan shalat subuh dan Asyar, maka dia tidak akan masuk neraka dengan izin Allah SWT.

4. Shalat Subuh akan mendatangkan nikmat berupa dapat melihat wajah Allah yang Mulia. 
"Apabila penghuni surga telah memasuki surga, Allah berfirman : "Apakah kalian ingin Aku beri tambahan?" Mereke menjawab : Bukankah Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami?. Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam surga?. Engkau selamatkan kami dari Neraka. 
Rasulullah saw melanjutkan : "Kemudian dibukalah tabir, maka tidak ada lagi nikmat yang lebih besar daripada nikmat dapat melihat Rabb mereka. Inilah nikmat tambahan itu. Lalu beliau membacakan surat Yunus yang artinya : "Bagi orang-orang yang berbuat baik ada pahala yang terbaik yaitu jannah dan tambahannya. (QS, Yunus : 26).  

5. Sholat Subuh itu lebih baik daripada dunia seisinya. 
"Dan dirikanlah shalat Fajar (Subuh). Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh Malaikat" (QS, Al-Isra' (17) :78). 
Shalat Subuh dan Isya adalah shalat yang amat berat yang dilakukan oleh orang munafik. Rasulullah SAW bersabda : 
"Shalat terberat bagi orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh. Kalau mereka tahu pahala yang disiapkan pada shalat itu, maka mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak. Sungguh aku benar-benar akan memerintahkan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi dengan beberapa orang yang membawa seikat kayu bakar kepada kaum yang tidak hadir pada shalat berjama'ah, lalu aku membakar rumah-rumah mereka" (HR. Bukhari - Muslim.) 
"Barangsiapa melakukan/melaksanakan shalat subuh secara berjamaah, maka ia berada dalam perlindungan Allah SWT." (HR. Ibnu Majah) Hadit shoheh. 
"Dua raka'at shalat Subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya" (HR. Muslim dan Ahmad). 
"Dua raka'at itu (shalat Subuh) aku lebih menyukai dari pada dunia seluruhnya" ( HR.Muslim).

Sebagai penutup marilah kita berdo'a dengan sungguh-sungguh semoga Allah menerimanya.
"Ya Allah istiqomahkan kwalitas shalat dan ibadah kami...semoga semakin hari semakin baik. Lancarkanlah dan ridhoilah langkah kami untuk beribadah kepada-Mu, tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat. Jauhkanlah kami dari bisikan syaitan dari ajaran-ajaran yang tidak sesuai perintah-Mu dan Sunnah Rasulullah Saw. Dan semoga kita bukan termasuk orang-orang yang munafik, yang salah satu sifatnya merasa berat untuk shalat Subuh dan Isya. Dan matikanlah kami dalam keadaan husnul khatimah". Aamiin...

Demikian uraian singkat Keistimewaan Luar Biasa Di dalam Shalat Subuh dan Isya. Semoga bermanfaat dan insya Allah kita istiqamah mengamalkannya.  Wallahu 'alam bishowwab.

0 Response to "Keistimewaan Luar Biasa Di Dalam Shalat Subuh dan Isya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel