Inilah Amalan Rasulullah saw. Ketika Selesai Makan Sahur, terkait dengan kesehatan.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Puasa).

Pembaca budiman Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Tuntunan Amalan Rasulullah saw. ketika beliau selesai makan sahur, perlu kita teladani hal-hal yang dilakukan, diantaranya adalah mengakhirkan waktunya hingga menjelang imsak. Rasulullah saw tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas dulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk ke dalam lambung dengan cepat dan sempurna sehingga mudah dicerna. Setelah itu langsung dilanjutkan ibadah shalat sunnah sebelum subuh, dan dilanjutkan shalat subuh, dzikir yang cukup panjang hingga sampai waktu syuruq dan dilanjutkan sholat isyroq.

Sabda Rasulullah saw : "Cairkan makanan kalian dengan dzikir kepada Allah swt. dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan sahur, karena membuat hati kalian menjadi keras". (HR. Abu Nu'aim dari Aisyah r.aha). Hal ini sangat dianjurkan agar jangan tidur setalah makan sahur, sampai hadits tersebut dikatagorikan larangan karena dampak buruknya sangat banyak.
Baca yang ini : 8 MACAM DAFTAR PUASA SUNNAH BESERTA KEUTAMAANNYA

Dr. Ahli gizi dari rumah sakit Umum Daerah Ibukota Jakarta dalam tulisannya yang dituangkan kepada Tribunews.com mengatakan dampaknya antara lain perut akan jadi buncit karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut.  Juga akan terjadi refluks, karena makanan belum dicerna maka dapat berbalik dari lambung ke kerongkongan (dapat disebut reluks), karena pengaruh grafitasi akibat tidur.

"Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan mulukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas, dan mulut pun terasa pahit.  Normalnya lambung/magg akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tetapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi berbaring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terhambat/terlambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita konsumsi. Meningkatkan resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau tidur setelah makan sahur.
Baca juga yang ini : AMALAN YANG DAPAT MEMBATALKAN PUASA

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda kurang lebih 2 jam setelah makan  sahur  lalu tidur, ini mempunyai resiko terendah untuk terkena stroke.
Maka jika sendainya kita ingin tidur setelah makan sahur, atur saja minilal 2 jam setelah makan.
Tak heran jika banyak ulama berpendapat dan menganjurkan bahwa tidur setelah makan sahur, sebaiknya tidak dilakukan.
Nah apakah anda masih nekad tidur setelah makan sahur?. 

Demikian uraian singkat Amalan Rasulullah saw. Ketika Selesai makan Sahur, terkait dengan kesehatan. Semoga bermanfaat dan mari kita amalkan apa yang yang dicontohkan oleh Nabi kita, Muhammad SAW.



Sumber : 
www.tribunnews.com > Ramadhan>Mutiara Hikmah. Telah diselaraskan. 
Kajian oleh Ust.Zul Ashfi, S.S.I, Lc. 

0 Response to "Inilah Amalan Rasulullah saw. Ketika Selesai Makan Sahur, terkait dengan kesehatan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel