Do'a Kesulitan Hidup, dan Banyak Hutang.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori Posting Do'a)

Pembaca budiman Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini utuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat Kelak. Aamiin...

Do'a kesulitan hidup, dan banyak hutang, adalah salah satu usaha untuk memohon pertolongan Allah SWT. agar terlepas dari derita yang dialaminya. Hidup dan kehidupan terkadang seperti roda, kadang berada diatas, dan terkadang berada dibawah, atau kadang suka dan duka, ada menang, ada kalah, ada yang lapang ada yang sempit, ada mudah ada susah. Begitulah memang Allah memberlakukan hukum-hukum-Nya untuk menguji manusia, apakah menjadi hamba yang tetap beriman atau menjadi ingkar.

Kesulitan hidup jika dilihat dari permasalahan kehidupan, adalah merupakan jalan pendakian menuju puncak ke-illahian. Karena kesulitan itu, jangan dikeluh apalagi dicaci maki atau menyalahkan nasib,  apalagi menyalahkan orang lain, karena semua itu akan menghancurkan kemampuan yang dimilikinya. Sebaiknya kesulitan hidup harus dijalani sebagai langkah menuju Illahi. Yang paling benar dan tepat jangan sampai berputus asa dari Rahmat Allah SWT. Jangan mengeluh, karena keluhan akan membuat kesulitan terasa semakin berat untuk dijalani.

Berikut adalah doa-doa yang diajarkan Rasulullah saw. untuk dipanjatkan disaat kita mengalami aneka kesulitan hidup. Misalnya kita mempunyai banyak hutang, dan rumitnya dalam menjalani hidup, beratnya tantangan yang harus dihadapi.
Inilah doa yang diajarkan Rasulullah saw. untuk itu mari kita hafalkan lafadhnya dan dihayati maknana serta aplikasikan dalam hidup keseharian.

Do'a saat mengalami Kesulitan Hidup yang sangat berat. 
Diantara ciri orang beriman ialah saat dirudung malang, maka ia segera kembali kepada Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah subhaanahu wa ta'ala. Ia segera tergerak untuk mengingat-Nya mendekat dengan memanggil-Nya. Sebab orang yang beriman mengetahui bahwa hanya dengan mengingat dan memanggil Allah sajalah hati akan memperoleh ketentraman. Ketentraman hati akan berefek kepada tindakan kita yang dapat menghasilkan hal yang positif. Dan ketika hati kita positif karena ketentraman itu, maka segala sesuatu yang kita kerjakan akan membuahkan hasil yang terbaik pula. 
Maka tidak ada tempat lain yang dapat kita jadikan muara pengaduan selain kepada Rabb, Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa kehidupan ini. 
Baca juga ini :  Do'a Dari Al-Qur'an dan Hadits Untuk Pembuka Rezeki

Inilah doa yang dapat kita mohonkan kepada Allah dengan diulang-ulang dalam hati yang khusu' dan penuh pengharapan. Doa ini yang pernah disampaikan Nabi saw. ketika seseorang yang datang mengadu kepada Rasulullah saw. dikarenakn penuh kesulitan dalam mejalani hidupnya. 


اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan apabila Engkau berkehendak, Enkau akan menjadikan kesusahan menjadi kemudahan" (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya no. 247. Ibnu Sunni dalam Alam al-Laillah no.351). 

Ketika kita berdoa seperti doa diatas dengan penuh kidmat dan ikhlas, kuhsu' dan penuh dengan pengharapan, insya Allah akan di dengar dan dikabulkan oleh Allah swt.

                    الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah! hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram". (QS Ar-Ra'du : 28). 

Doa dari Nabi Musa, A.S. 
Do'a ini dapat diamalkan pula oleh kita sebagaimana ditunjukkan oleh para ulama dalam berbagai kitab kumpulan do'a mereka. Do'a ini terdapat pada Firman Allah Swt. 
   قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي
"Musa berkata, Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" (QS, Thoha 25-28). 
Do'a yang musa panjatkan itu, ketika Musa AS. sedang menghadapi kedzaliman Fir'aun yang sangat kejam dan keji  kepada dirinya dan umatnya. 

Di samping berdoa, tentu ada usaha secara fisik, yang kita lakukan. Lalu apa yang harus kita lakukan?  Allah berfirman sebagai berikut : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ
"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mendirikan) shalat"  (QS. Al-Baqarah : 153). 
Allah SWT menjelaskan bahwa cara yang terbaik untuk meminta pertolongan dalam menghadapi berbagai musibah (di antaranya kesulitan hidup), adalah dengan bersabar dan shalat.  Dan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi saw., "Apabila dihadapkan pada sesuatu masalah maka beliau segera shalat". (HR. Abu Daud dan Ahmad dari Hudzaifah bin Yaman) 

Do'a yang ini juga dapat diamalkan untuk menyelesaikan kesulitan. 
يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ
"Wahai yang Maha Hidup dengan Rahmat-Mu aku mencari perlindungan" 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَرَبَهُ أَمْرٌ قَالَ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ
"Dari Anas bin Malik berkata ;  Adalah Rasulullah saw. apabila menghadapi suatu masalah, beliau berdoa : "Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), hanya dengan rahmat-Mu saja, aku meminta pertolongan" ( HR. al-Tirmidzi no.3524. Dihasankan oleh Al-Albani dalam shahihah no.3182). 
Sebagai referensi : Doa' Nabi Yunus saat berada diperut ikan Hiu, doa yang menganalogan sebagai permohonan pertolongan dengan cara mensucikan Tuhan, meng-Esakan Tuhan, dan sekaligus Nabi Yunus mengakui atas kedzaliman dirinya, maka Allah mendengar do'a Yunus, lalu dikeluarkan dari perut ikan tersebut. Dibawah ini adalah doa/ucapan Nabi Yunus AS. 
أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
"Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". (QS Al-Anbiya : 78). 
Baca juga yang ini : Amalkan Doa Ini Agar Cepat Memiliki Rumah Baru.
Dari Sa'ad bin Abi Waqqash r.a berkata, Nabi saw. bersabda, "Doa Nabi Yunus tatkala ia berada di dalam perut ikan. "Sesungguhnya tak seorang muslim yang berdoa kepada Rabb-Nya dengan do'a tersebut di atas dalam kondisi apapun kecuali Allah akan mengabulkan untuknya" (HR al-Tirmidzi no.3505 dan dishahihkan Al-Albani dalam silsilah Shahihah no. 1644). 
Dan pada riwayat al-Hakim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Maukah aku beritahukan kepadamu sesuatu jika kamu ditimpa suatu masalah atau ujian dalam urusan dunia ini, kemudian berdoa dengannya". "Yaitu do'a Dzun Nun" atau Do'a Nabi Yunus di atas.  
Demikian uraian singkat Do'a Kesulitan Hidup dan Banyak Hutang. Semoga bermanfaat dan amalkan dengan sabar penuh keikhlasan, agar cepat dikabulkan. Aamiin...... 

Penulis Rasiyam Hidayat. 
Sumber :
Fiqih Sunnah 4, Sayyid Saabiq, telah diedit untuk keselarasan. 


0 Response to "Do'a Kesulitan Hidup, dan Banyak Hutang."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel