Hadits Shahih Tentang Fadhilah 16 Surat Yang Ada Dalam Al-Qur'an


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah serta menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini,  untuk meraih kebahagiaan dan mengharap RidhoNya di Akhirat kelak. Aamiin...

Hadist shahih tentang fadhilah 16 Surat yang ada di dalam Al-Qur'an, adalah bagian dari keterangan yang disampaikan Nabi saw. bagi siapa saja yang mau mengamalkannya dengan membaca dan mentadaburi-nya. Surat Apa sajakah dari ke-16 tersebut, dibawah ini, sabda Nabi saw. :

1. Surat Al-Fatihah (QS : 1)
  • Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Umul Qur'an (Al-Fatihah) adalah 7 ayat yang diulang-ulang, dan Al-Qur'an Al-Azhim" (HR Bukhari no. 4427, Abu Daud no. 1457). 
  • Dalam Sebuah hadtis disebutkan bahwa para sahabat menggunakan al-Fatihah sebagi ru'yah yang dibacakan kepada orang yang tersengat binatang berbisa, dan dapat sembuh. Setelah dilaporkan kepada beliau, Nabi saw. bersabda "Darimana engkau tau bahwa al-Fatihah itu dapat dibaca untuk meru'yah?" HR. Bukhari).  
2. Surat Al-Baqarah dan Ali Imran (QS 2 dan 3). 
  • Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda : "Bacalah surat Al-Baqarah, karena sesungguhnya mengambilnya (untuk dan diamalkan) adalah mengandung keberkahan, dan meninggalkannya adalah penyesalan, sedangkan penyihir tak mampu melawannya" 
  • Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam  bersabda : "Bacalah Al-Qur'an karena Al-Qur'an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafa'at bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu Al-Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cayaha sinar atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut." (HR. Muslim no. 1910) 
3. Surat Al-Isra' (QS. 17).
  • Aisyah radiyallahu anha berkata : "Rasulullah tidak tidur sebelum membaca surat Az-Zumar dan Bani Israil (Al-Isra'). (HR. Abu Daud dan at-Tirmidzi)
4. Surat Al-Kahfi (QS 18).
  • Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, : "Barangsiapa hafal 10 ayat pertama surat Al-Kahfi, dia akan terlindungi dari Dajjal" (HR. Muslim). 
  • Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Barang siapa membaca surat  Al-Kahfi sebagaimana diturunkan, dia akan memiliki cahaya pada hari kiamat, dari tempatnya sampai ke Mekkah" (HR at-Thabrani). Hadits ghasiyah (HR. Muslim).
5. Surat As Sajdah (QS. 32)
  • Dari Abu Hurairah berkata : "Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam membaca di hari Jum'at pada saat shalat fajar 'alif lam. Tanzil dari surat as Sajdah dan Hal ata 'alal insan." (HR.Bukhari).
6. Surat Al Fath (QS.48).
  • Dari Qatadah, Anas bin Malik menceritakan kepadanya ketika turun surat "inna fatahna laka fathan mubina, liyaghfira laka" sampai "fauzan azhima". Yaitu ketika beliau pulang dari Hudaibiyah. Waktu itu mereka (sahabat) diliputi kesedihan dan kejengkelan atas kaum musyrikin, sedang denda sudah disembelih di Hudaibiyah. Lalu beliau bersabda, "Telah diturunkan kepadaku sebuah surat yang lebih aku cintai daripada dunia sisinya." (HR. Muslim). 
7. Surat Al-Waqiah (QS. 56). 
  • Surat Al-Waqiah adalah suatu surat yang memberikan manfaat untuk memohon rejeki yang lancar dan barokah, untuk itu Nabi Muhammad saw. menyatakan bahwa surat Al-Waqiah adalah surat kaya. Beberapa manfaat diantaranya ialah :
  • Abdullah bin Mas'ud saat sakit menjelang wafat, ditanya oleh Utsman bin Affan, :"Apa yang engkau keluhkan"?. Jawab Ibnu Mas'ud "dosa-dosaku". Tanya Ustman, Apa yang engkau inginkan? Ibnu Mas'ud menjawab, "Rahmat Rabb-ku" Utsman lalu menawarkan harta benda. Namun Ibnu Mas'ud mengatakan ia tak memerlukannya. Bukankah pemberian itu akan berguna bagi keturunan karena engkau fakir?. Aku telah mengajarkan mereka untuk membaca setiap malam surat Al-Waqi'ah. Dan aku mendengar Rasulullah saw. bersabda : "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya" (HR Ibnu Sunni)
8. Surat Al-Mulk (QS 67)
  • Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : :Ada satu surat dalam Al-Qur'an yang hanya 30 ayat, akan tetapi di hari kiamat dia akan membela pembacanya sampai berhasil memasukkannya ke dalam jannah. Surat itu adalah Tabarak (al-Mulk" (HR. Ath Thabrani).
9. Surat Al-A'la (QS 87).
  • Dari an-Nu'man bin Basyir berkata, Nabi shalallahu alaihi wa sallam membaca di shalat 2 hari raya dan Jum'at Sabihisma rabikal a'la dan Hal ataaka.
10. Surat Al Ashr (QS 103)
  • Dari Abu Madinah ad Darimi berkata, Ada 2 orang sahabat Nabi saw, yang jika bertemu keduanya tidak berpisah sampai salah satu dari keduanya membacakan surat Wal ashri innal insaanalafi khusrin, kepada yang lain, lalu salah satu dari keduanya memberi salam" (HR. Ath Thaabrani)
11. Surat Al Kafirun (QS 109)
  • Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda : Qul huwallahu somad setara dengan sepertiga Al-Qur'an, Qulya ayyuhal kafirun setara dengan seperempat Al-Qur'an. Rasulullah saw. membaca 2 surat itu dalam 2 rakaat Fajar. (HR Ath Thabrani) 
12. Surat Al- Ikhlas (QS 112
  • Rasulullah saw. bersabda "Apakah seorang diantara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al-Qur'an dalam semalam?. Mereka mengatakan Bagaimana kami bisa membaca sepertiga Al-Qur'an?. Lalu Nabi saw bersabda Allahul wahidus Shamad (Al Ikhlas) itu sebanding dengan sepertiga Al-Qur'an" (HR Muslim no. 1922).
13. Surat Mu'awidzatain (QS 113 dan 114) 
  • Dari Abu Said al Khudri berkata, Rasulullah saw biasa berlindung dari jin dan penyakit al'ain sampai turunnya surat mu'awidzatain (al Falaq dan an-Naas) Ketika dua surat ini turun, beliau meninggalkan bacaan selainnnya' (HR. Ath Thirmidzi). 
14. Surat-surat Mufashshal (QS- 50-114)
  • Yaitu surat Yusuf pendek (Qaf sampai an-Naas) Rasulullah saw. bersabda : "Aku diberi sesuatu yang menggantikan Taurat pada as-Sab'u, yang menggantikan Zabur ada pada al mi'in dan yang menggantikan Injil adalah al matsani, dan aku diberi yang lebih berupa al-Mufasshi" 
15. Ayat Kursi (QS al baqarah :255)
  • Dari Ubay bin Ka'ab berkata, Rasulullah saw. bersabda ; "Wahai Abu Mundzir tahukah ayat apa di dalam kitabullah yang menurutmu paling agung? Aku berkata. Allah dan Rasul-Nya lebih tahu. Rasulullah bersabda lagi : "Wahai Abu Mundzir, tahukah kamu ayat apa dalam kitabullah yang menurutmu paling agung? Aku berkata; Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum" Lalu beliau menepuk dadaku sembari berkata : "Demi Allah semoga dadamu dipenuhi ilmu, wahai Abu Mundzir" (HR. Muslim).
16. Dua ayat terakhir Al-Baqarah ( QS Al-Baqarah 285-186)
  • Rasulullah saw. bersabda ; "Sesungguhnya Allah menulis sebuah kitab 2000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Lalu diturunkan 2 ayat darinya yang digunakan untuk menutup Surat Al-Baqarah. Apabila dua ayat itu dibaca di sebuah rumah selama tiga malam, rumah itu tidak akan didekati setan. (HR. Ath Tirmidzi). 
Demikian ujraian Hadits Shahih Tentang Fadhillah 16 Surat Yang Ada Dalam Al-Qur'an. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Hadits Shahih Tentang Fadhilah 16 Surat Yang Ada Dalam Al-Qur'an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel