Jangan Lakukan Sesuatu Dengan Tergesa-gesa Kecuali 4 Hal, Apakah itu?


http://www.rasiyambumen.com/2017/09/jangan-lakukan-sesuatu-dengan-tergesa_19.html
Kajian Khazanah Islam (katagori posting Muamalah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu teriring kepada kita dalam segala aktivitas di dunia ini utuk mendapatkan kebahagiaan dan Ridho-Nya di akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam memposting materi dengan judul : "Jangan Lakukan Sesuatu Dengan Tergesa-gesa Kecuali 4 Hal. Apakah Itu?"

Setiap manusia pada dasarnya cenderung ingin tergesa-gesa khususnya dalam segala urusan dunia, harta kekayaan, tahta, dan jabatan, atau  apasaja yang dapat memuaskan keinginannya hingga tercapai. Padahal kita tahu sikap tergesa-gesa adalah suatu tindakan yang sangat tidak terpuji bahkan dikatakan dalam hadits Rasulullah Saw. terkait dengan sikap tergesa-gesa itu, adalah bagian dari pada tindakan syaitan.Maka Rasulullah Saw. selalu memerintahkan segala sesuatu yang akan dikerjakannya adalah dengan cara hati-hati. Karena cara hati-hati adalah datangnya dari Alllah Swt.

Rasulullah Saw. bersabda :
("الموقف الحذر يأتي من الله والموقف المتسرع يأتي من الشيطان" (هر بيهاكي
"Sikap hati-hati itu datangnya dari Allah dan sikap tergesa-gesa itu datangnya dari Syaithan" (HR. Baihaqi) 

Sebagai seorang mukmin dalam melakukan aktivitas kehidupan selalu berpegang teguh pada prinsip yang digambarkan dalan Al-Qur'an sebagai berikut :
فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ  إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ   
"Apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya". (QS Ali Imran : 195)

Yang dimaksud ayat di atas adalah hendaknya kita senantiasa berhati-hati kemudian bertawal kepada Allah Azza wa Jalla.
Dari  kupasan Kitab Mukhtar al-Hadits an-Nabawiyah wal Hikam al Muhammadiyah karangan Syaid Ahmad Hasyim Beik. Dalam kita tersebut diceritakan sikap manusia dalam menghadapi kehidupan terkadang banyak diantaranya yang selalu dibuat galau dengan macam-macam masalah.

Padahal apabila kita mau perhatikan surat anti galau yang Allah turunkan kepada Rasulullah saw. yaitu surat Al Insyirah (surat ke 94) telah memberikan bimbingan bahwa masalah yang Allah berikan hanya satu, sedangkan cara manusia menangani masalah itu amat banyak.

Kita dapat melihat di dalam surat Al-Isyirah, kata "kesulitan "(al 'usri)" yang diulang dua kali dan selalu diawali dengan "al-Ma'rifah atau isim ma'rifah" artinya kesulitan itu cuma satu tetapi ketika kata "kemudahan" (yusron) Allah jelaskan dengan "isim nakirah" artinya umum.  Jadi kesimpulannya banyak cara untuk keluar dari kesulitan yang Allah ujikan kepada para hamba-Nya.

Kembali pada materi hadits di atas, umat Islam dianjurkan berhati-hati dalam setiap sesuatu yang akan dilakukan diperintahkan jangan tergesa-gesa. Tetapi ada 4 hal yang boleh disegerakan atau tergesa-gesa untuk dilakukan sesuai tuntunan Rasulullah Saw.
  1. Mendirikan shalat apabila telah terdengar seruan adzan.
  2. Mengebumikan /menguburkan Jenazah
  3. Menikahkan anak gadis yang sudah siap dinikahkan.
  4. Membayar hutang apabila sudah memiliki uangnya.
Demikian uraian materi pada hari ini, "Jangan Lakukan Sesuatu Dengan Tergesa-gesa Kecuali 4 Hal". 
Semoga bermanfaat dan marilah kita mencoba belajar mengamalkan firman Allah dalam surat al-Insyirah (surat yang ke 94).    

0 Response to "Jangan Lakukan Sesuatu Dengan Tergesa-gesa Kecuali 4 Hal, Apakah itu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel