Tiga Tanda Calon Istri Yang Penuh Berkah Dalam Rumah Tangga.

http://www.rasiyambumen.com/2017/08/tiga-tanda-calon-istri-yang-penuh.html


Kajian Khazanah Islam (Katagori Posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, semoga Allah Swt, senantiasa mencurahkan Rahmat serta BimbinganNya kepada kita dalam menjalankan segala aktivitas kita di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan keridhaan di akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen.com/Pelangi Khazanah Islam, memposting sebuah matgeri dengan judul : "Tiga Tanda Calon Istri Yang Penuh Berkah Dalam Rumah Tangga".

Kaum Hawa/Wanita adalah makhluk yang dimuliakan oleh Allah Swt. Wanita berjuang dalam hidup dan matinya tatkala ia melahirkan anak, demi melanjutkan keturunannya. Hal ini diterimanya dengan ikhlas antara hidup dan mati ia pertaruhkan nyawanya. 
Bakti seorang wanita setelah menikah adalah di berikan kepada Suami dalam seluruh kehidupannya. 

Wahai kaum Adam/Pria ketika anda akan mencari pasangan hidup/menikah adalah harus bersumber pada tuntunan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad saw.
Anda adalah laki-laki yang sholeh tentunya ingin mempunyai istri yang sholehah dan penuh dalam keberkahan rumah tangganya kelak.

Rasulullah Muhammad saw. memberikan petunjuk untuk menikahi wanita yang sholehah dan penuh berkah setidaknya ada   3 (tiga) kriteria  yang dapat kita lihat dari tanda tersebut di bawah.


1. Mudah mengkhitbahnya.
  • Maksudnya adalah ketika kita melamar / mengkhitbah wanita yang akan kita jadikan istri maka si wanita tersebut tidak berprilaku untuk menolak, tatkala yang melamar itu pria yang tidak tampan atau tidak memiliki harta yang banyak tetapi dia patuh dalam Agamanya, maka wanita ini segera menerimanya.
Rasulullah saw. bersabda :      إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا 
     "Sesungguhnya diantara keberkahan istri adalah mudah meminangnya" (HR. Ahmad, hasan)   
Jadi bagi seorang pemuda sholeh, yang akan meminang ketika menemukan wanita yang sholehah dan mendapatkan tanda seperti disebutkan dalam hadits di atas, anda tidak salah memilih calon istri, dan Insya Allah ketika nanti sudah menjadi istri anda, wanita ini akan penuh berkah dalam rumah tangganya.


2. Mudah / Ringan Maharnya.
  • Tanda kedua ini adalah berkenaan calon istri yang mudah/ringan maharnya. Tidak memberatkan calon suami dan tidak aneh-aneh dalam permintaannya yang membuatnya kesusahan/kesulitan untuk memenuhinya.
Sabda Rasululla saw.  
إِذَا خَطَبَ إِلَيْكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَزَوِّجُوهُ إِلاَّ تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِى الأَرْضِ وَفَسَادٌ عَرِيضٌ 
"Jika seseorang yang agama dan akhlaknya kalian ridhai datang meminang putri kalian, maka nikahkanlah dengannya. Jika kalian tidak melakukannya, maka akan menjadi musibah di bumi dan kerusakan yang nyata" (HR Tirmidzi, hasan)

Hadits di atas menjelaskan bahwa ketika ada pria yang agama dan akhlaknya diridhai Allah, maka sebagai seorang wanita tidak akan membebani atas maharnya bahkan menolaknya untuk dipinangnya. Karena pabila ditolak maka Rasulullah saw. berbesabda sebagaimana hadis tersebut di atas, yaitu akan menimbulkan musibah di bumi dan kerusakan yang nyata.  Semoga kepada para orang tua yang mempunyai gadis remaja ketika dipinang oleh pria yang sholeh, agama dan akhlaknya diridhai Allah,  maka akan berpuat sesuai hadits di atas, yaitu segera menerimanya dan menikahkannya.

3. Baik Rahimya/Mudah Rahimnya.

Rasulullah saw. Bersabda :
إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا وَتَيْسِيرَ صَدَاقِهَا وَتَيْسِيرَ رَحِمِهَا
"Sesungguhnya di antara tanda keberkahan istri adalah mudah meminangnya dan mudah/ringan maharnya serta mudah rahimnya" (HR. Ahmad, hasan)

  • Maksud daripada mudah rahimnya adalah bisa memiliki anak. Tanda ini sedikit berbeda dengan dua tanda di atas yang dapat diketahui secara pasti sebelum akad nikah. Mudah Rahimnya, secara pasti baru dapat diketahui setelah menikah dan sekian tahun berumah tangga. Namun itu dapat diprediksi dari keluarganya. Jika ia memiliki beberapa saudara kandung, dan ibunya juga memiliki banyak saudara kandung, ayahnya juga memiliki banyak saudara kandung, paman dan bibinya juga memiliki banyak anak, isnya Allah ia termasuk dalam tanda ini. (Mudah Rahimnya).
  • Dan berbeda pula menyikapi tanda ini dengan dua tanda sebelumnya. Masalah menerima khitbah dan maharadalah soal pilihan, soal sikap calon istri atau orang tuanya. Namun jika ada wanita yang tidak bisa memiliki banyak anak, itu bukan karena pilihannya. Kecuali kalau memang seseorang itu menggunakan alat kontrasepsi permanen. Jadi kita perlu bijak menyikapi hal yang demikian. Dan tidak ada pernyataan Urwah tentang wanita celaka akibat tanda ini. Tidak! 
  • Meskipun demikian, muslimah yang melahirkan banyak anak memang merupakan salah satu keberkahan tersendiri. Sebab Rasulullah saw, menganjurkan umatnya untuk memperbanyak keturunan.  
Beliau bersabda :  
"Nikahilah wanita yang subur dan penyayang. Karena aku akan berbangga dengan banyaknya umatku di hadapan para Nabi pada hari kiamat" (HR. Ahmad, hasan)

Demikian yang dapat saya uraikan tentang; Tiga Tanda Calon Istri Yang Penuh Berkah Dalam Rumah Tangga. Semoga bermanfaat, khususnya bagi yang akan mencari pasangan hidup yang penuh barakah.





0 Response to "Tiga Tanda Calon Istri Yang Penuh Berkah Dalam Rumah Tangga."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel