Surat Al-Isra' Ditinjau Dari Angka-Angka Matematik Dalam Al-Qur'an


 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
   
      Kajian Islam  (Katagori posting Aqidah)
    Pembaca Budiman, semoga Allah Swt. senantiasa melimpahkan Rahmat, kasih sayang serta  bimbingan kepada kita semua. Aamiin...
  
      
     Al-Qur'an adalah wahyu Allah Swt, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. melalui Malaikat Jibril A.S. selama kurun waktu kurang lebih 23 tahun, secara berangsur-angsur sesuai kondisi dan situasi saat itu. Maka timbulah asbabun nuzul yang banyak ditulis oleh para mufassirin (ahli tafsir) sesuai kemampuan intelektual/ijtihad dan tentunya tidak mengesampingkan sumber-sumber hadits Rasulullah saw. yang shoheh.

     Secara keseluruhan isi dalam Al-Qur'an terdiri dari 114 Surat dan 6236 ayat yang terdiri dari surat Makkiyah dan Madaniyyah.
       - Surat Makkiyah adalah kelompok surat yang diturunkan di Makkah.
       - Sedangkan Surat Madaniyyah adalah kelompok surat yang diturunkan di Madinah.

      Itulah sekelumit mukadimah yang kami dapat uraikan sebagai gambaran tentang Kitab suci Al-Qur'an.
      Tentu sangat kurang dari sempurna, dikarenakan ilmu yang kami miliki. Karena kesempurnaan adalah milik Allah Swt semata, sedang kekurangan dan kebodohan adalah dari diri saya sendiri.


Penjelasan : Surat Al-Isra' (Memperjalankan) (Surat ke-17)

    Surat Al-Isra' ayat 1 berbunyi : "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (QS Al-Isra' : 1) 
       Ayat ini sekaligus juga memberi gambaran yang sangat masyhur dengan sebutan : Isra' dan Mi'raj. 
      Misi Utama Isra' Mi'raj adalah untuk menerima perintah langsung dalam pengamalan shalat lima waktu.

     Yang akan kami tegaskan dalam artikel ini adalah terkait dengan " Surat Al-Isra' " (Surat ke-17) dari jumlah 114 surat yang ada di dalam Al-Qur'an.  

       Sesuai dengan Mufassirin (para ahli tafsir), Khususnya Tafsir Ibnu Katsir.
    Ibnu Katsir menerangkan bahwa angka atau nomor urut pada surat Al-Qur'an jumlah ayat memiliki makna  yang sangat pasti/sistemik dengan rancangan yang dikendaki oleh Allah Swt.

      Contoh Pertama : Isi surat dalam Al-Qur'an adalah 114 surat. Kalau kita hitung dari nilai satuan angka tersebut,
     adalah : 1 + 1 + 4 = 6.  Angka 6 ini menggambarkan bahwa di dalam syariat Islam ada Rukun Iman yang mutlak jumlahnya 6 dan tidak dapat ditambah ataupun dikurangi.  Rukun Iman yang terdiri dari 6, adalah bagian dari salah satu syarat yang harus kita yakini dan diamalkan sesuai ketentuan yang berlaku.

     Contoh Kedua : Secara keseluruhan ayat yang terdapat dalam Al-Qur'an adalah : 6236 ayat. Kalau kita hitung dari nilai satuan angka tersebut, adalah : 6 + 2 + 3 + 6  =  17, ini menggambarkan bahwa shalat lima waktu yang diperintahkan oleh Allah Swt, kepada kita jumlahnya adalah 17 raka'at.

      Kalau kita merujuk dari angka-angka tersebut diatas adalah bahwa Surat Al-Isra' atau Surat ke-17, sangat erat kaitannya, dikarenakan surat Al-Isra' ini juga ada ayat yang menjelaskan tentang waktu shalat lima kali dalam sehari semalam yang difirmanka dalam ayat 78 sebagai berikut : 
أَقِمِ الصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْءَانَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا ﴿الإسراء:٧٨
       "Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh".(1) Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh para malaikat) (QS 17 : 78)
      (1) Ayat ini menerangkan waktu-waktu shalat yang lima. tergelincir matahari untuk waktu shalat Dzuhur dan Ashar, gelap malam untuk waktu magrib dan isya. 
      Ayat 78 dalam surat Al-Isra' kalau kita hitung dari nilai angkanya adalah 7 + 8 = (15) angka satuan ini juga berjumlah 6 (1 + 5) terkait Rukun Iman.  
     Rukun imanlah yang mendasari Islam dalam pengamalan shalat lima waktu, karena meyakini bahwa dibalik kehidupan dunia yang fana ini pasti ada hari pembalas di hari kiamat/akhirat nanti. 

     Semua yang terjadi di dunia ini termasuk surat-surat dan angka-angka yang terkandung di dalam Al-Quran tidak ada yang terhilaf dari hitungan Allah yang Maha Seksama dalam semua urusan.
      Allah berefirman sebagai berikut : 
لِّيَعْلَمَ أَن قَدْ أَبْلَغُوا۟ رِسٰلٰتِ رَبِّهِمْ وَأَحَاطَ بِمَا لَدَيْهِمْ وَأَحْصَىٰ كُلَّ شَىْءٍ عَدَدًۢا ﴿الجن:٢٨
    "Supaya Dia mengetahui, bahwa sesungguhnya Rasul-rasul itu telah meyampaikan risalah-risalah Tuhannya, dengan (sebenarnya). Ilmu-Nya meliputi apa yang ada pada mereka, dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu". (QS Al-Jin : 28)


      Demikian uraian angka-angka ajaib yang terdapat di dalam Al-Qur'an yang terkorelasi pada Surat Al-Isra' (Surat ke-17). Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam mempelajari Al-Qur'an untuk selanjutnya menambah keyakinan yang kokoh dalam pengamalan beragama.




0 Response to "Surat Al-Isra' Ditinjau Dari Angka-Angka Matematik Dalam Al-Qur'an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel