"Inilah Yang Dilakukan Nabi Muhammad S.A.W Ketika Kesiangan Bangun" Untuk Shalat Subuh.

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه 

Kajian Islam (katagori posting Shalat)
Pembaca budiman, semoga Allah Swt. selalu mencurahkan Rahmat serta bimbinganNya kepada kita dalam segala aktivitas di dunia ini semata untuk  beribadah karena Allah.   

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam memposting "Melaksanan Shalat Subuh Yang Kesiangan  Bangun".

Pada suatu saat seseorang bisa saja kesiangan bangun sehingga melewatkan waktu subuh. Tetapi kejadian ini tidak ada unsur kesengajaan. Tetapi terlambat bangun tidak serta merta membolehkan kita untuk meninggalkan shalat subuh begitu saja.

Rasulullah Saw. beserta rombongan pernah terjadi terlambat bangun dan akhirnya shalat subuh sudah mendekati terbit matahari. Tetapi Beliau dan rombongan tidak lantas meninggalkan shalat subuh begitu saja. 
Lalu apa yang dlakukan Nabi Saw. beserta rombongan pada waktu itu?. Berikut ulasannya :

Diriwayatkan dari Qatadah r.a, ia berkata : "Pada suatu malam kami menempuh perjalanan yang jauh bersama Nabi Saw. sebagian orang dari rombongan itu mengatakan : "Ya Rasulullah! sebaiknya  kita beristirahat menjelang pagi ini"

Rasulullah Saw. bersabda : "Aku khawatir kalian tidur nyenyak sehingga melewatkan shalat subuh" Bilal berkata : "Saya yang akan membangunkan kalian".

Di saat semua terlelap, Bilal berusaha tetap terjaga dengan bersandar pada hewan tunggangannya. Namun ia justru ikut tertidur dengan pulasnya sehingga tidak sadar jika waktu sudah menunjukkan lewat subuh.

Nabi Saw. yang bangun duluan kaget bukan kepalang karena melihat busur tepian matahari sudah muncul. Nabi Muhammad Saw. Bersabda : " Hai Bilal mana bukti ucapanmu?"

Bilal menjawab : "Saya tidak pernah tidur sepulas malam ini"
 
Rasulullah Saw, bersabda : Sesungguhnya Allah mengambil nyawamu kapanpun Dia mau dan mengembalikannya kapanpun Dia mau. "Hai Bilal bangunlah dan suarakan azan"
).Pen. Artinya seseorang yang sedang tidur bagaikan nyawanya diambil oleh Allah Swt, dan ketika dikembalikan maka seseorang tersebut kembali terbangun dari tidurnya.. 

Baca juga : 7 Karakter Binatang Yang Ada Pada Diri Manusia

Kemudian Rasulullah saw. dan rombongan mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat meski matahari sudah mulai agak meninggi sedikit dan bersinar putih. (Hadits Shahih Imam Bukhari nomor 595).

Dari kisah di atas, diketahui jika Nabi Muhammad s.a.w sudah memberikan teladan bagi umatnya yang kesiangan bangun, shalat subuh. Namun hal ini bukan berarti kita tidak mempersiapkan diri untuk bangun lebih pagi.

Jika terpaksa mengalami kondisi ini, maka bersegeralah untuk mendirikan shalat ketika teringat. (Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a. bahwa Nabi saw. pernah bersabda : "Siapa yang lupa untuk melaksanakan shalat, maka laksanakanlah ketika ingat, tanpa kaffarah (denda) atas lupanya itu, kecuali dengan mengerjakan shalat tersebut". Kemudian Rasulullah S.a.w membaca alquran surat (Thaahaa : ayat 14) sebagai berikut :  14 ( وَأَقِمِ الصَّلَوٰةَ لِذِكْرِىٓ ﴿طه
"....dan dirikanlah shalat untuk mengingatKu."   (Hadits shahih bukhari nomor 597)

Contoh lain : Rasulullah saw. pernah shalat Ashar pada waktu Maghrib. (diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah r.a bahwa pada saat perang khandak, Umar bin  Khattab datang menjelang matahari terbenam.

Kata Umar : "Ya Rasulullah saya hampir saja tidak melaksanakan shalat Ashar sampai matahari hamir terbenam".

Baca juga yang ini : MANDI WAJIB (Thoharah)

Nabi S.a.w. bersabda : "Demi Allah Aku belum Shalat Ashar"
(Nabi saw. juga sama seperti yang umar katakan)

Kata Jabir " Kami pergi ke Buthhan, kemudian Nabi SAW. berwudhu untuk shalat dan kami pun berwudhu lalu Nabi Saw. melaksanakan shalat Ashar setelah matahari terbenam, setelah itu beliau melakasanakan shalat Maghrib" (Hadits shahih Bukhari, nomor 596).

Berdasarkan kisah di atas, bahwa Nabi terlamabat mengerjakan shalat karena alasan yang masuk akal. Namun hal ini tidak berlaku bagi manusia yang sengaja melalaikannya. Sudah ingat, namun tetap memilih mengerjakan duniawi terlebih dahulu dibanding Shalat.

Semoga uraian singkat di atas bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan dalam pengamalan ibadah, khususnya Shalat.

0 Response to ""Inilah Yang Dilakukan Nabi Muhammad S.A.W Ketika Kesiangan Bangun" Untuk Shalat Subuh."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel