Rahasia Sedekah Yang Penuh Berkah Dan Kesehatan.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (katagori posting Rezeki Barokah).
Pembaca budiman, Rahmat dan bimbingan-Nya selalu menyertai kita semua dalam segala aktivitas di dunia ini. Aamiin....

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam menyajikan materi tentang Rahasia Sedekah Yang Penuh Berkah Dan Kesehatan.

Secara harfiyah, sedekah berasal dari kata Shadaqa yang artinya benar.  Sedekah adalah pemberian atau amalan seorang muslim kepada orang lain secara suka rela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlahnya sebagai bentuk kebajikan dalam rangka mengharap ridha Allah swt. 

Dari penjelasan ini, dapat kita pahami bahwa sedekah/sodaqoh adalah sebagai bukti kebenaran iman seorang muslim, Karena tidaklah sempurna seorang muslim apabila tidak pernah bersedekah bahkah tidak mau bersedekah kepada orang lain. Karena setiap muslim pasti dapat melakukan sedekah walau dalam kondisi apapun. 

Rasulullah saw. bersabda : 
"Tiap perbuatan baik adalah sedekah"       كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ       
Karena sedekah menjadi bukti dan kebenaran iman seseorang, maka setiap kita yang mengaku sebagai muslim harus sedekah sesuai dengan kemampuan masing-masing, bahkan melakukannya harus sesegera mungkin, dalam arti jangan suka menunda-nunda. Hal ini dikarenakan takut kalau kita tidak sempat lagi bersedekah dikarenakan azal telah menjemputnya. Kematian adalah hal yang mernjadi rahasia Allah swt, sebab tidak ada seorangpun yang tahu kapan kita akan mati.

Rasulullah saw. pernah bersabda berkaitan dengan sedekah yang berbunyi sebagai berikut :
تَصَدَّقُوْا فَاِنَّهُ يَأْتِى عَلَيْكُمْ زَمَانٌ يَمْشِى الرَّجُلُ بِصَدَقَةٍ فَلاَ يَجِدُ مَنْ يَقْبِلُهَا, يَقُوْلُ الرَّجُلُ: لَوْ جِئْتَ بِاْلأَمْسِ لَقَبِلْتُهَا فَأَمَّا الْيَوْمَ فَلاَ حَاجَةَ لِي بِهَا
"Bersedekahlah kamu sekalian, sesungguhnya akan datang kepadamu suatu masa dimana seorang lelaki berjalan dengan membawa sedekah maka tidak akan menemukan seorangpun yang mau menerimanya. Lelaki yang dijumpainya itu berkata : "andaikata engkau datang kemarin, pasti akan saya terimanya, maka pada hari ini saya tidak membutuhkannya." ( HR. Bukhari).

Keharusan untuk segera bersedekah juga ditegaskan oleh Rasulullah saw. dalam hadits yang lain, jangan sampai seseorang baru mau sedekah ketika ruh sudah sampai di tenggorokan. Beliau bersabda :
قَالَ رَجُلٌ, يَارَسُوْلَ اللهِ, اَيُّ الصَدَقَةِ أَعْظَمُ أَجْرًا؟ قَالَ اَنْْ تَصَدَّقَ وَاَنْتَ صَحِيْحٌ شَحِيْحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلاَ تُمْهِلْ حَتَّى اِذَا بَلَغَتِ الْحُلْقُوْمَ قُلْتَ لِفُلاَنٍ كَذَا وَ لِفُلاَنٍ كَذَا
"Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah, "sedekah yang bagaimana yang paling besar pahalanya?. Nabi saw. menjawab : "saat kamu sedekah, hendaklah kamu sehat, dalan keadaan pelik, serta saat kamu takut melarat, dan mengharap kaya. Jangan ditunda sehingga ruh-mu di tenggorokan, baru kamu berkata untuk Fulan sekian dan untuk Fulan sekian." (HR. Bukhari)

Keharusan bersedekah bahkan tetap harus dilakukan atau diberikan meskipun kepada keluarga yang membeci kita sekalipun, ini menunjukkan bahwa sedekah yang dilakukan adalah karena semata kepatuhan kita kepada Allah swt.,bukan karena ingin mendapat pujian atau sanjungan. Berkaitan dengan itu Rasullah saw. bersabda : 
أَفْضَلُ الصَدَقَةِ عَلَى ذِى الرَّحِمِ الْكَاشِحِ

"Sedekah yang paling utama adalah yang diberikan kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi" (HR. Thabrani dan Abu Daud) 

KEUTAMAAN SEDEKAH :
Sedekah memiliki banyak keutamaan dengan nilai yang besar. Dalam pandangan Allah swt. dan Rasul-Nya diantaranya adalah :

Pertama : Shadakoh dapat menghindarkan seseorang dari neraka meskipun hanya sedikit yang bisa disedekahkannya, ini bukan karena kikir, tetapi karena memang ia tidak mampu bersedekah dalam jumlah yang banyak, bahkan seandainya ia tidak punya apa-apa iapun masih bisa melakukan sedekah dengan cara berbicara yang baik.
Rasulullah saw. bersabda :
إِتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَاِنْ لَمْ تَجِدُوا فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

"Jauhilah api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, jika kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan bicara/ucapkan kalimat yang baik." (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim) 

Kedua : Shadakoh dapat memperoleh pahala yang besar, karena pahala suatu amal yang baik seringkali dilipatgandakan, bahkan bila sedekahnya dalam bentuk wakat, maka pahalanya bisa terus mengalir meskipun pelakunya sudah wafat.  Rasulullah saw. bersabda :
اِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْلَهُ
"Apabila anak Adam wafat, putuslah amalnya kecauali tiga hal, yakni sedekah jariyah, ilmu yang manfaat dan diamalkannya, anak shaleh yang mendoakannya." (HR. Muslim) 

Ketiga : dapat mendatangkan rizki sebagai balasan langsung dari Allah swt. atas sedekah yang dikeluarkannya, ini merupakan suatu keberkahan baginya.
Rasulullah bersabda : 
اِسْتَنْزِلُوا الرِّزْقَ بِالصَدَقَةِ

"Turunkanlah (datangkanlah) rezikimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah." (HR. Bukhari).

Ke-empat, sedekah menjadi naungan bagi yang melakukanya pada hari kiamat, sehingga kebaikan yang dilakukan seseorang dalam hidupnya di dunia ini akan menjadi penolong baginya dalam kehidupan di akhirat kelak. Rasulullah saw bersabda. 
ظِلُّ الْمُؤْمِنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَدَقَتُهُ

"Naungan bagi seorang mu'min pada hari kiamat adalah sedekahnya" (HR. Ahmad) 

Ke-lima,  Betapa sedekah memiliki keajaiban tiada tara termasuk untuk kesehatan. 
Rasulullah saw. bersabda :
فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَ مَالِهِ وَ نَفْسِهِ وَ وَلَدِهِ وَ جَارِهِ يُكَفِّرُهَا الصِّيَامُ وَالصَّلاَةُ وَالصَّدَقَةُ وَاْلأَمْرُ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيُ عَنِ الْمُنْكَرِ
Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak, dan tetangganya bisa dihapus dengan puasa, shalat, sedekah, dan amar makruf nahi munkar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari pengertian dan penjelasan di atas, kita dapat memahami bahwa setiap muslim harus bersedekah dan tidak ada alasan baginya untuk tidak mau bersedekah karena hal itu dapat dilakukan dengan segala bentuk kebaikan, bukan hanya dilakukan semata dengan harta saja.  
Semoga Rahasia Sedekah Yang Penuh Berkah dan Kesehatan, dapat menambah keyakinan dalam pengamalan agama secara kaafah.

0 Response to "Rahasia Sedekah Yang Penuh Berkah Dan Kesehatan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel