Jenis dan Perbedaan Orang Mukmin, Kafir, Dan Munafik

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (Katagori posting Aqidah)
Pembaca budiman, semoga Allah swt. selalu membimbing dalam segala aktivitas kita di atas b umi ini. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, materi kali ini mengenai pengertian Orang Mukmin, Kafir, Dan Munafik.

Pada dasarnya manusia di atas bumi ini hanya terdiri dari tiga jenis keyakinan menurut pandangan hidupnya terhadap Tuhan.
Al-Quran sudah sangat jelas menukilkan di dalam kitabNya yang termaktub di surat Al-Baqarah  (ayat 1-20) maka kita dapat mengambil kesimpulannya bahwa memang benar manusia terbagi menjadi jenis yakni :  

1. Manusia Mukmin         : Yakni mereka yang disifatkan pada 4 ayat pertama surat Al-Baqarah. 
2. Manusia Kafir              : Yakni mereka yang disifatkan pada 2 ayat setelahnya. 
3. Orang-orang Munafiq terbagi menjadi  2 : 

a). Orang munafiq "Tulen" merekalah yang disebutkan dalam perumpamaan api (seperti orang yang menyalakan api ..... dst).   
  
b). Orang munafik "yang ragu-ragu" terkadang tampak pada mereka cahaya iman dan terkadang meredup.
Merekalah yang disebutkan dalam perumpamaan air hujan (seperti orang yang ditimpa hujan lebat....dst). Keadaan mereka ini lebih ringan daripada yang pertama.

1. PERIHAL ORANG KAFIR.
  • Salah Keyakinan. Allah telah membuat perumpamaan tentang orang-orang kafir yang mereka merasa yakin berada di atas petunjuk, padahal mereka tidak di atas petunjuk. Mereka adalah orang-orang jahil murakkab (kebodohan yang sangat), yang Allah berfirman tengtang mereka : 
وَالَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَعْمٰلُهُمْ كَسَرَابٍۭ بِقِيعَةٍ يَحْسَبُهُ الظَّمْـَٔانُ مَآءً حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءَهُۥ لَمْ يَجِدْهُ شَيْـًٔا وَوَجَدَ اللَّـهَ عِندَهُۥ فَوَفَّىٰهُ حِسَابَهُۥ ۗ وَاللَّـهُ سَرِيعُ الْحِسَابِ(النور)٣٩ 
"Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu, dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya." (QS An Nuur : 39)
  • Bodoh. Allah membuat permisalan orang kafir yang jahil, yakni basiith (sedang). Mereka adalah orang-orang yang Allah telah firmankan tentang mereka. :
أَوْ كَظُلُمٰتٍ فِى بَحْرٍ لُّجِّىٍّ يَغْشَىٰهُ مَوْجٌ مِّن فَوْقِهِۦ مَوْجٌ مِّن فَوْقِهِۦ سَحَابٌ ۚ ظُلُمٰتٌۢ بَعْضُهَا فَوْقَ بَعْضٍ إِذَآ أَخْرَجَ يَدَهُۥ لَمْ يَكَدْ يَرَىٰهَا ۗ وَمَن لَّمْ يَجْعَلِ اللَّـهُ لَهُۥ نُورًا فَمَا لَهُۥ مِن نُّورٍ(النور)٤۰
"Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula) di atasnya (lagi) awan gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun." (QS. An-Nuur : 40). 
  • Jenis Orang Kafir. Orang kafir di bagi 2 yaitu orang kafir yang menyeru (kepada kekafiran) dan orang kafir yang hanya ikut-ikutan (muqallid), sebagaimana firman Allah :
وَمِنَ النَّاسِ مَن يُجٰدِلُ فِى اللَّـهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّبِعُ كُلَّ شَيْطٰنٍ مَّرِي  الحج٣  
 "Diantara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan, dan mengikuti setiap syaitan yang sangat jahat." (QS Al-Hajj : 3)

وَمِنَ النَّاسِ مَن يُجٰدِلُ فِى اللَّـهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَلَا هُدًى وَلَا كِتٰبٍ مُّنِيرٍ(الحج)٨
"Dan diantara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan, tanpa petunjuk dan tanpa kitab (wahyu) yang bercahaya." (QS Al-Hajj : 8) 

2. KLASIFIKASI MU'MIN KAFIR DAN MUNAFIK.
Berdasarkan keterangan pada awal dan akhir surat Al-Waqi'ah dan juga surat Al-Insaan, orang-orang beriman terbagi 2 bagian. 
1. Orang-rang yang didekatkan kepada Allah (As-Saabiquun)
2. Orang yang berbuat kebajikan (Ash-Haabul Yamin)

Orang Kafir juga dibagi 2 yaitu :
1. Penyeru (kekufuran)
2. Hanya ilut-ikutan (muqallid)

Orang-orang Munafik juga terbagi 2 yaitu :
1. Munafik Sejati
2. Munafik yang dalam dirinya ada sebagian unsur kemunafikan, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits, kitab Ash-Shahihain (Bukhari dan Muslim) yang diriwayatkan dari Abdullah bin'Amr dari Nabi saw. bersabda :
"Ada tiga perkara yang jika terdapat pada diri seseorang, maka ia menjadi seorang munafiq sejati, dan jika terdapat padanya salah satu dari sifat tersebut, maka ia memiliki satu karakter kemunafikan hingga ia meninggalkannya. (1). Orang yang apabila berbicara ia berdusta.  (2). Apabila berjanji dia ingkar. (3). Apabila diberi kepercayaan dia khianat. (1)   
Hadits ini menerangkan bahwa dalam diri manusia mungkin saja terdapat cabang keimanan dan juga cabang kemunafikan, baik yang bersifat amali (perbuatan) atau yang disebutkan dalam hadits ini i'tiqadi (keyakinan). 

Demikian uraian singkat tentang Jenis dan Perbedaan Orang Mukmin, Kafir, Dan Munafik.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu keagamaan kita sehingga akan lebih yakin, mantap dan ikhlas menjalankannya. Aamiin...
Pembaca klik link yang satu ini :  Macam2 Puasa.

Sumber :
Shahih Tafsir Ibnu Katsir I hal 161-163 Syaikh Safirrurrahman al-Mubarakfuri. Pustaka Ibnu Katsir. 
(1). Fathul Baari (1/111) dan Muslim (1/78) Bukhori (n0.33-34, Muslim (Tanpa Kata) shahih Ar-Targhib wat Tamhid (no.2937). 

0 Response to "Jenis dan Perbedaan Orang Mukmin, Kafir, Dan Munafik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel