Bagaimana Membuat Hidup Penuh Semangat ?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb Kajian Islam (katagori posting Aneka)
Pembaca budiman, semoga Allah swt. senantiasa mencurahkan RahmatNya kepada kita sekalian. aamiin.
Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam sudah satu pekan tidak memposting materi, sebab ada kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan. Semoga pembaca dapat memaklumi adanya. Kali ini saya ambilkan materi posting dengan judul : Bagaimana Membuat Hidup Penuh Semangat?.


Selalu Berpikir Positif 
Agar mempunyai semangat dalam menjalani hidup adalah dengan selalu berpikir positif. Salah satu yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah kemampuan berpikir. Setiap detik tak pernah dilewati manusia untuk berpikir. Manusia menggunakan pikirannya utuk menjalani hidupnya. Ketika membaca tulisan ini, sebenarnya Anda sedang berfikir bagaimana menerjemahkan huruf demi huruf dalam blog / tulisan ini, menjadi sesuatu yang dapat dimengerti. Tinggal memilih apakan Anda memikirkan hal-hal yang negatif atau yang positif, karena mau tidak mau Anda akan tetap berfikir. 

Hampir tidak ada masalah yang menyangkut kehidupan yang terlepas dari jangkauan pikiran, dari soal memilih baju mana yang akan dipakai sampai memikirkan kematian. Namun pikiran itu ada yang baik dan ada yang buruk. Tidak semua hal yang dipikirkan manusia berguna. Ada pikiran yang malah menyesatkan, merusak, dan hanya membuang waktu saja.

Coba koreksi/instropeksi diri dengan mengingat kembali apa saja yang telah Anda pikirkan selalama satu hari, mulai dari bangun tidur sampai saat Anda membaca tulisan ini.  Anda pasti terkejut karena begitu banyak hal yang sia-sia yang telah dipikirkan. Kalaupun menemukan sebahagian dari pikiran Anda pada hari ini ada yang bermanfaat, boleh jadi Anda tertipu, sebab secara keseluruhan, pikiran-pikiran yang menurut kita benar adakalanya ternyata tidak mendatangkan keuntungan sedikitpun di akhirat, hanya terlihat sedikit berguna di dunia.

Dengan hanya memikirkan hal yang positif dapat menimbulkan efek yang luar biasa, sebaliknya asyik memikirkan hal yang negatif dapat merusak diri sendiri. Pikiran manusia mempunyai kekuatan yang luar biasa bahkan melebihi kekuatan dari fisiknya.

Berfikir positif mungkin mudah Anda lakukan ketika berada dalam kondisi yang agak ringan. Akan tetapi ketika dihadapkan pada peristiwa yang lebih besar, yang sangat mengganggu, tiba-tiba Anda melupakan niat tersebut.  Sebagai contoh, seseorang mungkin tidak frustasi saat mesin mobilnya rusak teoat ketika ia harus berangkat ke kantordan ia berusaha berprasangka baik terhadap kejadian tersebut. Namun jika gara-gara itu dia terlambat dan membuat bosnya marah atau membuat di PHK, ia lalu mencari-cari alasan untuk mengeluh. Anda mungkin tidak telalu panik ketika kehilangan uang Rp.100.000,- tetapi menjadi luar biasa frustasi ketika kehilangan uang Rp.1000.000,-, Contoh tersebut menunjukkan kepada kita bahwa ada beberapa kejadian kecil yang menyebabkan orang bereaksi dengan wajar atau mereka mau berbaik sangka bahwa hal tersebut mengandung kebaikan. Akan tetapi, dalam peristiwa besar yang tidak biasa dapat membuatnya mencari pembenaran atas kemarahan mereka.

Pikiran Bagaikan Magnet
Pernahkan anda menginginkan kue yang ada di toko, tetapi Anda tidak mempunyai uang untuk membelinya, kemudian tanpa Anda duga seorang teman memberi kue yang Anda inginkan itu. Pernahkah saat anda sakit, ketika Anda mulai merasa kesepian, tiba-tiba teman-teman Anda silih berganti berkunjung dan memberikan keceriaan kepada Anda.

Pikiran kita seringkali bertindak sebagai magnet yang ampuh untuk mengundang segala sesuatu yang kita pikirkan untuk terwujud. Pikiran ini akan menggerakan seluruh bagian dari kita, fisik, emosi, dan semangat untuk bergerak ke arah yang kita pikirkan. Jika kita memusatkan pikiran pada kegagalan pasti akan mengundang datangnya kegagalan. Sebaliknya, jika memusatkan  pikiran untuk meraih sukses, pasti sukseslah yang akan kita temui. Jadi jika kita ingin sukses, ingin sehat, ingin senang, mengapa tidak mencobamemusatkan pikiran untuk meraih hal-hal positif yang kita pikirkan.

Berbicara Positif   
Seseorang yang senang berbicara positif akan disenangi orang lain. Dia akan memberikan cahaya semangat kepada yang lainnya. Kesenangan untuk berbicara positif juga akan membuahkan sikap positif pada dirinya. Ada sebuah contoh yang dapat menggambargan kegunaan berbicara positif.

Pada suatu malam, seorang raja bermimpi aneh.  Raja bermimpi seluruh rambutnya rontok sehingga tidak tersisa sehelai-pun rambut di kepalanya. Heran dengan mimpi itu. Esok harinya ia memanggil peramal yang diharapkan dapat menerjemahkan mimpi tersebut. Peramal yang dipanggil berkata kepada raja, "Paduka Raja, mimpi Paduka berarti bahwa seluruh keluarga dan kerabat dekat Paduka akan meninggal dunia". Mendengar kabar yang buruk ini, raja terkejut dan menjadi marah. Sang raja memerintahkan pada pengawalnya untuk memenjarakan peramal tersebut.

Karena tidak puas dengan ramalan peramal yang telah dipenjarakan, maka Raja memanggil peramal kedua. Peramal ini mengatakan kepada Raja, "Wahai Paduka Raja, mimpi Paduka bertanda baik bagi Paduka. Mimpi ini berarti bahwa Paduka Raja akan dianugerahi umur panjang bahkan lebih panjang dari keluarga dan handai taulan terdekat Paduka". Mendengar berita baik yang disampaikan, sang Raja pun merasa senang. Kemudian Raja menyuruh pengawalnya untuk membangunkan rumah yang bagus kepada peramal ke-dua itu.  

Kedua peramal ini sebenarnya menyampaikan maksud yang sama bahwa raja dan seluruh keluarganya akan mati. Namun karena penyampaiannya yang berbeda hasilnya pun berbeda.

Mendengarkan Yang Positif 
Kata-kata berpengaruh besar terhadap kepribadian seseorang. Orang yang selalu mendengarkan kalimat-kalimat negatif akan membuat dirinya mempunyai sifat negatif.  Orang pintar yang setiap hari mendengarkan perkataan orang lain bahwa dirinya sebenarnya bodoh, dapat membuat dirinya menjadi malas untuk belajar dan timbul dalam pikirannya bahwa dia memang orang bodoh.

Usahakan kita berteman dengan orang-orang yang suka berbicara positif. Bergaul dengan mereka akan membuat kita terpacu untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang positif. Akhirnya akan mempengaruhi sikap, emosi dan tindakan dalam hidup. Seringlah mendengar ceramah agama yang dpat memberikan motivasi supaya menjadi lebih baik.

Membaca Bacaan Yang Positif   
Ada istilah GIGA dalam komputer, yaitu Garbage In Garbage Out, sampah yang masuk, yang keluar juga sampah. Apabila program yang masuk dalam komputer itu jelek maka hasil yang dikeluarkannya juga jelek. Sama juga dengan apa yang terjadi pada manusia. Apa yang keluar dari diri kita berdasarkan apa yang masuk ke dalam diri kita. Masukan yang baik akan menimbulkan keluaran yang baik pula.

Begitu pula sebaliknya kalau kita membiarkan sesuatu yang buruk masuk ke dalam otak, maka perilaku kita pun menjadi buruk. Bacaan adalah salah satu sumber masukan bagi otak/pikiran kita. Sepaya pikiran kita kaya dengan hal-hal yang positif, kita harus banyak mengkonsumsi bacaan yang positif. Misalnya membaca buku-buku agama yang dapat membangkitkan  semangat beribadah, yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Membaca buku-buku biografi orang-orang yang berhasil dalam hidupnya atau membaca buku lain yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Melihat Hal-hal Yang Positif   
Allah telah memberikan banyak karunia kepada kita sebagai manusia, untuk dipergunakan memakmurkan bumi ini dan menikmati mkeindahan ciptaan-Nya. Salah satu karunia itu yaitu mata. Tanpa mata kita tidak dapat melihat orang-orang yang kita cintai, tanpa mata kita tidak dapat melihat aneka ragam warna di alam semesta ini.
Namun sayangnya cukup banyak di antara kita yang tidak mempergunakan mata dengan sebenarnya. Ada beberapa di antara manusia yang mempergunakan mata untuk melihat hal-hal yang buruk. Ada ungkapan yang menyatakan "dari mata turun kehati, dari hati turn ke perbuatan". Anda mungkin  pernah mendengar seorang pemerkosa ketika ditanya apa yang membuat dirinya berani melakukan perbuatan buruk itu walaupun sadar akan akibatnya. Orang itu berkata dirinya tergoda untuk memperkosa karena dirinya sering nonton flm porno.

Di zaman informasi ini banyak jalan untuk melihat hal-hal yang negatif. Kalau Anda ikut-ikutan melihat hal yang negatif Anda akan selalu dihinggapi pikiran buruk dan prilaku Anda-pun buruk. Masih banyak pemandangan baik yang belum kita lihat. Hindarilah mata kita untuk melihat sesuatu yang diharamkan oleh agama.

Hanya Iman Kepada Allah, Sumber Semangat Yang Tak Pernah Padam.
Hanya orang yang memliki semangat yang mau melakukan apa saja, utnuk mencapai impiannya. Namun ada perbedaan yang besar antara semangat orang yang beriman dengan semangat orang yang hanya mengejar dunia.
Mahasiswa yang beranggapan apabila dia dapat menjadi sarjana akan membuat dirinya mempunyai nilai di masyarakat, akan berusaha keras untuk lulus dengan nilai baik. Mungkin dia sanggup untuk belajar den gan giat, setiap malam dikurangi tidurnya dan dia pun tidak banyak bergaul.  Bahkan dia berani melakukan kecurangan agar mempunyai nilai yang tinggi. Semua itu dilakukan agar dia cepat lulus sehingga mempunyai kebanggaan ketika berada di masyarakat. Sedangkan masiswa yang bertujuan kuliahnya untuk mendapat ridha Allah, tidak akan melakukan kecurangan . Kuliah baginya hanyalah perantara/proses agar memounyai kemampuan dan ilmu, sehingga dia dapat lebih mengoptimalkan dirinya membantu masyarakat. Dengan dasar itu dia mempunyai semangat yang kuat dan terus menerus.  Mungkin ketika kesulitan menghadang semangatnya mengalami penurunan, tetapi hanya sementara dan sebentar saja. Kedekatannya kepada Allah membuat semangatnya kembali berkobar dan bertambah dibandingkan sebelumnya.
Pegawai yang beranggapan, kalau dia mempunyai kekayaan dapat meningkatkan kedudukannya di mata masyarakat, akan bekerja keras bahkan tidak jarang melakukan korupsi. Hal ini dilakukan agar mempunyai kebanggaan di dalam pergaulan. Sedangkan pegawai yang tujuannya hanya mengharapkan ridho Allah akan mempunyai semangat yang tak akan padam. Ketika bosnya memarahinya karena dianggap melakukan perbuatan yang salah walaupun di merasa tidak melakukannya, semangat mungkin turun sementara. Mungkin sempat terlintas dalam pikirannya untuk melakukan kejahatan. Namun dengan keimanan yang dimilikinya lintasan jahat itu tidak dilakukan, dan dia pun kembali mempunyai semangat yang besar untuk memperbaiki diri.

Bagi orang yang hanya mengejar dunia semata, selama di mel;ihat adanya keuntungan di dunia, semangat akan teruis menyala. Namu orang seperti ini semangat yang dimiliki cepat luntur dan pudar. Jika menjumpai kesulitan sedikit saja, kegagalan atau kritik, dia tiba-tiba merasa letih, putus asa dan meninggalkan tujuannya. 

Sebagai contoh orang yang telah bertahun-tahun memendam ambisi untuk menjadi ahli akuntansi bisa saja tiba-tiba kehilangan semangat ketika dia menjumpai kesulitan-kesulitan dalam membuat rugi laba.  Orang yang tertarik untuk melukis mungkin kehilangan semua minatnya setelah beberapa kali mencoba hasilnya kurang baik. Bahkan seorang sukarelawan yang membantu pembangunan masjid apabila tujuan keikutsertaannya itu agar mendapat pujian dari masyarakat, akan segera mundur ketika orang-orang mencemoohnya karena masjid belum selesai juga. Namun apabila kita membantu orang lain hanya untuk mengharap ridho Allah, apapun kesulitan yang dihadapi, semangat tetap terjaga.  Menghadapi kesulitan tidak akan membuat mereka meninggalkan cita-cita mereka.. Sebaliknya, karena tahu bahwa adanya kesulitan-kesulitan menjadikan pekerjaan semacam itu lebih bernilai di mata Allah, dan mereka lebih senang dan bersemangat.

Orang beriman merasa aman dan nyaman karena tahu bahwa Allah tidak akan membebani mereka melebihi apa yang mereka tanggung. Dalam menghadapi kesusahan, mereka ingat bahwa ini adalah kejadian yang akan dapat mereka atasi, dan karena itu mereka menghadapinya dengan sabar. Maka, tak peduli betapapun berat penderitaan, mereka berusaha untuk menunjukkan sikap berserah diri kepada Allah swt.

Semakin Anda meningkatkan keimanan kepada Allah, sama saja dengan meningkatkan kekuatan pada diri Anda sendiri. Apabila keimanan Anda hilang, sama saja dengan menghilangkan kekuatan, yang b erakibat Anda kehilangan segalanya. Salah satu tanda iman dan takwa adalah tidak kecewa terhadap apaun yang terjadi dalam kehidupan ini. Orang yang beriman adalah orang yang selalu berpikr positif. Jika Anda selalu berfikir negatif akan mengalami kebingungan dan kesedihan. Perasaan ini harus segera dihilangkan dan diganti dengan perasaan senang yang berasal dari keimanan yang mantap. 

Bukti keimanan adalah menyerahkan urusan kepada Allah, bertawakal kepada-Nya, percaya akan janji-Nya, ridho dengan ciptaanNya, berbaik sangka kepadaNya dan optimis akan datangnya kemenangan dariNya. Ketika Anda merasa tenang dan mau berpegang teguh pada Allah swt. di setiap keadaan, tentu akan mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari-Nya.

Oleh karena itu marilah kita menyadari kelemahan yang ada pada diri sendiri. Bertwakallah kepada sumber kekuatan yang mempunyai kekuatan tak terhingga, agar diri ini selamat dari berbagai musibah dan keluar dari kesulitan. 
Demikian, uraian judul Bagaimana Membuat Hidup Penuh Semangat, semoga bermanfaat. 
Pembaca klik link ini :  Doa  

0 Response to "Bagaimana Membuat Hidup Penuh Semangat ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel