PERBUATAN YANG AMAT DIBENCI ALLAH SWT.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikium wr.wb  Kajian Islam (katagori 
Muamalah). Pembaca budiman berjumpa kembali dengan Rasiyambumen / Pelangi Khazanah Islam, semoga selalu sukses dan diridhai Allah SWT.  Kali ini akan saya sajikan materi terkait  Perbutan Yang Amat Dibenci Allah SWT. 

Berbicara tentang perbuatan atau amalan pasti ada yang baik atau juga yang buruk.  Dan setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia pasti ada konsekuensinya dan sekaligus akan dimintai pertanggung jawabannya.  Dalam Al-Quran surat Al-Isra' sudah disebutkan dari ayat (22-38) beberapa perbuatan yang amat dibenci dibenci Allah. Semoga kita dapat teerhindar dari perbuatan tersebut.

Diantara 10 perbuatan yang Allah sangat benci,  dan mari kita urai satu demi satu.

Pertama, larangan memepersekutukan Allah Allah (syirik) dalam (QS al-Isra' :22) "Janganlah kamu adakan tuhan yang lain disamping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak di tinggalkan Allah" .  Ini adalah perbutan yang paling dibenci Alllah, mempersekutukan Allah adalah termasuk dosa besar dan dapat dikatakan perbuatan syirik yaitu keluar dari Islam, maka cepat-cepatlah kita bertaubat bila kita sadar perbuatan kita sudah menyimpang dari ajaran Islam, semoga Allah memberikan amp[unan kepada kita.

Kedua, larangan berani kepada kedua orang tua (QS al-Isra': 23-24) "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu sebaik-baiknya.  Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai bewrumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka dengan perkataan yang mulia.    Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : Wahai Tuhanku kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka burdua telah mengasihiku diwaktu aku kecil." 

Ke-tiga Perintah  menunaikan hak terhadap orang miskin :"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan (musyafir) dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros"  (QS al-Isra' :26)
Perbuatan boros yang membuang-buang uang sementara di sekeliling kita masih banyak fakir miskin, merupakan perbuatan yang di benci Allah. Harta yang kita miliki akan dimintai pertanggung jawabannya untuk apa harta kita digunakan.

Ke-empat Perintah  jangan terlalu kikir : "Dan janganlah kamu jadikan taganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal" (QS al-Isra' : 29)

Ke-lima, larangan membunuh anak karena takut miskin : "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu takut miskin. Kamilah yang akan memberi rizki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar". (QS al-Isra' :31)
Setiap manusia yang lahir di dunia sudah dijamin rizkinya oleh Allah, maka jika kita yakin bahwa Allah sudah menjamin setiap manusia sudah diatur rizkinya maka kita tidak perlu khawatir rizki kita tertukar dengan orang lain. Apalagi membunuh anak karena takut miskin itu termasuk dosa besar.

Ke-enam larangan berzina "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, Dan suatu jalan yang buruk" (QS al-Isra' : 32)
Maka barang siapa mendekati barang daerah terlarang, ia dikhawatirkan terjerumus kepadanya terlebih lagi dalam masalah zina yang kebanyakan bahwa hawa nafsu sangat kuat dorongannya untuk melakukan zina.  Sebabnya adalah di ujung ayat, bahwa sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji atau dosa besar. 

Ke-tujuh larangan membunuh seseorang "Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara dzolim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan pada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah yang mendapat pertolongan" (QS al-Isra' : 33)

Ke-delapan larangan  memakan harta anak yatim, "Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji. Sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggung jawabannya" (QS al-Isra' : 34)

Ke-sembilan larangan taqlid buta (mengikuti syariat tanpa dasar naqli yang jelas) "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannya". (QS al-Isra'36)
Larangan taqlid buta yaitu mengikuti tanpa dasar yang jelas. Sebagai manusia awam apalagi dalam urusan agama, tentu kita jangan asal mengikuti apalagi dalam pemahaman yang salah tentu kita akan terjebak dalam kesesatan. Ikutlah yang diajarkan Rasulullah dalam Al-Quran dan Sunnahnya, pasti kita akan selamat dunia dan akhirat.

Ke-sepuluh, larangan sombong, "Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung" (QS al-Isra' : 37)

Kesepuluh larangan ini dalam kajian surat Al-Isra' 22-38 ditutup dengan penegasan bahwa Allah sangat membenci perbuatan tersebut jika kita melakukannya. "Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu" (QS al-Isra' : 38)  Semoga Allah menghindarkan kita dari sepuluh perbuatan di atas.

Baca pula artikel yang lain di link ini : SEJARAH

 

0 Response to "PERBUATAN YANG AMAT DIBENCI ALLAH SWT."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel