SERUAN ADZAN MEMBAWA KEBERUNTUNGAN

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb  Kajian Islam (katagori Aqidah)
Selamat berjumpa kembali pembaca budiman, dengan senang hati saya akan sajikan materi kajian Islam terkait dengan "Seruan Adzan" yang bila dijawab/disambut dengan melaksanakan sholat, berjama'ah di masjid, maka kita akan mendapat keberuntungan dan kemenangan dalam hidup ini, dan insya Allah  kebahagiaan di akhirat kelak.
Akhi (saudaraku), wahai orang yang ingin mendapat kemenangan dan keberuntukan, mari kita bersama hidup bersama adzan.  Ya seruan yang disukai setiap mukmin sejati. Itulah seruan kepada perbuatan paling baik, dan pertemuan paling indah antara hamba dan khaliq dirumah-Nya (masjid AllahSWT.) dan pertemuan bersama kumpulan hamba-hamba-Nya yang shalih/shalihah dan bersih, untuk melaksankan kewajiban shalat, yang merupakan tiang agama yang benar ini, dan diterima di sisi-Nya.

      Seruan adzan tersebut berisi semangat dan kehidupan.  Seruan tersebut bukan semata suara yang keluar dari dari mulut yang bersih, tetapi juga seruan yang keluar dari hati yang bersih, dan membawa kita untuk memperbaharui isi hati kita yaitu iman.   Seruan tersebut bukan hanya sekedar pemberitahuan datangnya waktu sholat, tetapi seruan transparan dan meresponnya. Hayya alash shalah (mari kita shalat) Hayya alal falah (mari kita meraih kemenangan). Seruan tersebut juga berisi ajakan untuk memegang teguh Islam, agama tauhid, yang kadang membekas di hati orang-orang non Muslim, lalu Allah SWT. membuka hati mereka, hingga akhirnya mereka masuk Islam. Seruan adzan tersebut mamadukan keindahan dengan kesederhanaan dan antara kekuatan dengan kepraktisan. Seruan tersebut yang sekaligus berisi metode dakwah dan pemberitahuan datangnya waktu ibadah sholat yang tidak punya tandingan pada agama-agama lain.

       Saudaraku, coba kita bayangkan seruan tersebut suara muadzin di seluruh penjuru dunia dan dari waktu ke waktu tiada hentinya sahut menyahut sepanjang dunia masih berputar. Jika watu sholat telah habis di tempat kita tinggal, maka tempat lain telah masuk waktu shalat selanjutnya dan itu terus sahut menyahut tiada hentinya sepanjang hayat.

       Adzan adalah ibadah pra shalat, salah satu syiar paling agung, dan rambu agama paling tersohor. Adzan juga punya banyak sekali keutamaannya, seperti disebutkan oleh Rasulullah saw. di banyak hadits beliau. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Hadits Abu Said Al-Khudri r.a yang diriwayatkan  Al-Bukhari di dalamnya disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda :  
"Siapa saja, baik Jin, atau manusia, atau apa saja, yang mendengarkan suara adzan melainkan bersaksi untuknya pada hari kiamat". (al-Bukhari)   

2. Diriwayatkan dari Muawiyah r.h yang berkata, aku dengar Rasulullah saw. bersabda :
"Para muadzin itu orang yang paling panjang lehernya pada hari kiamat" (Diriwayatkan Muslim)

Adzan berisi informasi keagungan Allah SWT. dan kebesaranNya, serta bahwa dia Mahabesar dari semua yang besar. Maka silakan rontok berkeping-keping semua berhala bumi, baik berupa manusia, atau batu, arcca, atau perhiasan dunia lainnya. Adzan juga berisi dua Syahadat, yaitu syahadat bahwa kita mengakui tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, dan syahadat bahwa Muhammad itu Rasulullah. Kedua syahadat tersebut fondasi dan pilar agama. Adzan juga berisi ajakan untuk shalat dan mengerjakannya secara berjama'ah di masjid juga berisi penjelasan bahwa shalat itu wahana keberuntungan di dunia dan akhirat, serta tidak ada keberuntungan tanpa shalat . Begitu adzan bicara kepada hati, sekaligus akal, menggelitik orang Mukmin sejati dan orang Non Muslim, mengingatkan orang lalai dan orang sibuk. Jika muadzin mengumandangkan adzan, "Allah hu akbar" (Allah maha besar)" maka itu artinya tidak ada harta, bisnis, dan anak-anak yang kebesarannya melebihi kebesaran dan keagungan AllahSWT.   

      Syahadat yang dikandung adzan yaitu Muhammad rasul Allah merupakan pernyataan bahwa adzan itu milik umat Muslim, pengikut Nabi Muhammad saw. seperti diketahui syahadat rasul ini syarat fundamental masuk ke dalam agama Islam dan keagamaan seorang tidak diterima disis Allah SWT jika hanya mengandalkan syahadat tauhid. (laa ilaaha illallah) Penyebutan syahadat itu rasul Allah SWT bukti firmanNya kepada Rasulullah saw.   وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ 
"Dan kami tinggikan bagimu nanamu"( QS Al-Insyirah : 4)
Jadi setiap adzan yang dikumandangkan di seantero jagad itu mengangkat nama Rasullah saw.di samping dzikir kepada Allah SWT sepanjang waktu dan zaman.

Saudaraku coba bayangkan anda singgah di satu kota dan anda tidak kenal seorangpun di dalamnya, lalu tiba-tiba anda mendengar adzan, kira-kira kebahagiaan seperti apa yang menyelimuti diri anda ketika mendengar adzan tersebut, Anda pasti bertemu saudara-saudar se-akidah yang berkumpul untuk shalat, lalu anda merasakan sentuhan persaudaraan Islam, Anda merasa  seperti berada di tengah-tengah keluarga dan kerabat Anda sendiri. 

Demikian secuil uraian tentang Seruan Adzan Membawa Keberuntungan, yang apa bila kita renungkan dengan hati nurani yang jernih, niscaya akan membuat hati kita terpaut untuk segera bergegas menuju masjid Allah apabila adzan dikumandangkan. Semoga kita akan  selalu mendapat petunjuk dan kekuatan dari Allah SWT.  Aamiin...
Pembaca budiman klik link ini : Aneka materi Islam.

0 Response to " SERUAN ADZAN MEMBAWA KEBERUNTUNGAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel