ISLAM ADALAH AGAMA FITRAH MANUSIA

Agama Islam adalah agama yang menguasai segala bidang diantaranya adalah Bisnis/Niaga.

Kuasai dan jangan cintai :
Demikianlah semestinya umat Islam memerlakukan dunia dan seisinya. Sebab Islam bukan agama yang bersifat dikotomi, dimana untuk meraih ridho Allah SWT harus bersikap anti dunia dan hanya melulu mengisi waktu dengan iabadah mahdloh semata.
Islam mewajibkan seluruh umatnya untuk tampil di kelanggang dalam mengatur dunia (menguasai) sesuai firman Allah ( QS Albaqoroh : 30) bahwa Allah menciptakan manusia sebagai Khalifah di muka bumi ini dalam rangka memakmurkan bumi ini untuk kemaslahatan umat di dunia secara keseluruhan.

Dengan berpegang kepada prinsip dan aturan Allah Swt (syariah). Dan seperti itulah yang dilakukan oleh Rasulullah saw, dan bersama-sama para sahabatnya. Seperti kita ketahui pada sejarah peradaban Islam hampir sektor kehidupan dikuasai oleh umat Islam. Contoh sebut saja misalnya sektor ekonomi yang kini menjadi sektor utamadalam kehidupan kita. Sejarah pada masa Rasulullah saw, ketika beliau berhijrah bersama para sahabat ke Madinah, Abdurrahman Bin Auf langsung menuju ke pasar dan berniaga di dalamnya. Pasar kota madinah yang pada saat itu dikuasai oelh orang-orang Yahudi  dalam  waktu yang relatif singkat Abdurrahman Bin Auf ini, dapat menguasai pasar di Madinah beserta para sahabat yang lain. dan pada akhirnya Abdurrahman Bin Auf mampu menguasai sektor ekonomi.

Dan dengan cara seperti itu ia bisa berkontribusi harta dalam perjuangan jihad  fisabilillah, bukankah Allah perintahkan kepada umat Islam untuk berjihat dengan hartanya maupun jiwanya.  Akhirnya Abdurrahman Bin Auf menjadi saudagar yang sukses dan sangat kaya pada zamannya. Sampai-sampai beliau pernah ber infak kepada umat Islam sekitar 700 ekor unta beserta seluruh muatannya. Namun Abdurrahman Bin Auf ditak sama dengan Tsa'labah yang jadi kufur karena dunia (harta) Awalnya Tsa'labah hidup miskin kemudaia sukses dalam usaha beternak hewan kambing lalu menjadi angkuh dan sombong karena kekayaannya sehingga ia berani menolak membayar Zakat.

Beberapa abad sebelum Abdurrahman Bin Auf di zaman Nabi Musa hidup seorang saudagar yang sangat kaya, ialah Qorun namanya, kunci gudangnya saja harus dipikul oleh orang yang kuat badannya, ini menunjukkan bahwa gudang-gudang kekayaan Qorun sangat banyak. Tetapi Qorun bukan saudagar yang beriman ia angkuh lagi sombong, maka ketika ia berbuat sombong dan menolak untuk mengakui keberaddan Allah SWT Yang mahakaya dan mengklaim bahwa apa yang sekarang ia miliki itu sebagai hasil murni dari kepandaiannya sendiri, Allah pun murka lalu meneggelamkan Qorun ke dalam bumi beserta seluruh harta kekayaanya.

Dunia adalah sarana menuju akhirat ;
Allah Berfirman  :  (QS Alqosos : 77)                                        
وَابْتَغِ فِيمَآ ءَاتَٮٰكَ اللَّهُ الدَّارَالْاٰخِرَةَ  ۖ  وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا   ﴿القصص: ٧٧
"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kehagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) dunia ini."  (QS 28 :77)

Jadi Muslim yang baik adalah yang mampu menguasai dunia untuk agama dan Akhiratnya. Bukan untuk diri sendiri dan keluarganya semata. Lihatlah Rasulullah saw. juga ahli dalam bidang bisnis dn niaga. Dan perhatikanlah bagaimana Sayidina Ali dalam perang namunjuga paling tekun dalam  ibadah maka jelaslah bahwa Islam tidak ada dikotomi antara dunia dan Akhirat.

Perhatikan pula para nabi sebelum Rasulullah saw. juga ahli dalam bidang keduniaan.
Nabi Daud  ahli dalam bidang Metalika, (Metal)
Nabi Nuh ahli dalam bidang Perkapalan, Nabi Musa ahli dalam bidang peternakan. dan nabi Isa  ahli dalam pengobatan, serta nabi Yusuf ahli dalam bidang perekonomian.

Kesemuanya ini menunjukkan bahwa umat Islam harus menunjukkan bahwa umat harus unggul dalam segala bidang dengan tetap menjadikan akhirat sebagai orientasi utama. Dunia adalah tempat/ladang mengais kebaikan , amal sholeh dan pahala yang akan menyelamatkan kita di akhirat nati.

Demikian mudah-mudahan artikel ini dapat menambah keimanan kita dan menambah wawasan,




   

0 Response to "ISLAM ADALAH AGAMA FITRAH MANUSIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel