10 JENIS HEWAN YANG DIJAMIN MASUK SYURGA


Hewan apa sajakah yang akan masuk syurga ? 

 Syurga atau Neraka tempat yang kelak akan kita huni setalah mengalami kematian.Mereka yang senantiasa beriman kepada Allah SWT akan mendapatkan balasan berupa syurga  Dan untuk mereka yang ingkar akan masuk neraka. Ternyata syurga tidak hanya ditempati/dihuni oleh manusia saja.  Selain manusia ada juga hewan yang akan menempati syurga. Bahkan ada 10 jenis hewan yang dijamin masuk syurga. Tentui hewan ini memiliki keistimewaan dibanding hewan lainnya.
Diantara kelebihannya hewan tersebut ia sangat patuh kepada pemliknya/tuannya dan turut berjuang dalam menegakkan dakwah agama tauhid di atas bumi ini.   

Inilah 10 jenis hewan yang dijamin masuk syurga berdasarkan kisah yang terdapat di dalam Al Quran :

1.  Untanya Nabi Sholeh 
Hewan yang dipastikan masuk syurga adalah Untanya Nabi Shaleh AS. Unta ini merupakan mukzijat diberikan oleh Allah kepada Nabi Sholeh AS. namun dibunuh oleh kaumnya yang bernama Tsamud. Karena hal tersebut maka Allah memberikan azab dihancurkannya kaum Tsamud dan tidak tersisa satu manusiapun di muka bumi ini. Kisah ini (tentang Unta Nabi Soleh AS.) dapat dibaca di  Al Quran Surat Huud  ayat 64-69

2. Anak Sapinya Nabi Ibrohim AS.
Hewan ke dua adalah anak sapi Nabi Ibrohim, sapi tersebut hendak dihidangkan kepada tamu Nabi yang datang yakni para Malaikat yang menyerupai manusia dan membawa khabar tentang kelahiran anaknya (Ishak). Allah SWT berfirman : Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Irbohim (yaitu para malaikat) yang dimuliakan ? Ingatlah ketika mereka masuk ketempatnya lalu mengucap Saloom, Ibrohim menjawab : Salamun (kamu) adalah orang yang tidak dikenal " maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya kemudaian bibawanya daging anak sapi gemuk.  Lalu dihidangkan daging itu kepada mereka, Ibrohim lalu berekata : Silahkan anda makan, tetapi mereka tidak mau makan. Karena itu Ibrohim merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata : Janganlah kamu takut, lalu mereka memberi khabar gembira kepadanya dengan khabar kelahiran seorang anak yang sholeh dan alim (Ishak). Kisah  ini dapat dibaca/dilihat di dalam AlQuran Surat Adz Dzariyat ayat 24-30.

3. Kambing Nabi Ismail 
Allah SWT pernah menguji kesabaran  Nabi Ibrahim besrta Ismail dengan perintah menyembelih putranya, Ismail akan tetapi karena keikhlasan dan kesabaran serta kepatuhannya Ismail kepada Allah maka tatkala Ismail hendak disembelih oleh Ayahnya (Ibrohim) Allah menghentikan, dan digantikannya dengan seekor gibas yan g gemuk lagi sehat. Dan malaikat menucapkan selamat atas keikhlasan Ibrohim dalam melaksanakan perintahNya.  Kisah ini dapat dilihat / dibaca dalam Al Quran Surat Ash Shaaffat ayat 102 - 111.

4. Sapi Milik Nabi Musa AS.
Hewan ini juga masuk syurga. Kisahnya,  ketika itu ada seorang Bani Isra'il yang meninggal dunia karena dibunuh mereka ingin tahu siapa pembunuh sebaranya.  Lalu Bani Isra'il ini mendatangi Nabi Musa AS. untuk meminta petunjuk.  Maka Allah menyuruh mereka supaya menyembelih seekor sapi betina milik seorang yatim. Dan sebagian dagingnya supaya dipukulkan kepada yang meninggal/terbunuh itu.  Lalu hiduplah orang tersebut dalam sekejap untuk memberitahu siapa pembunuh sebenarnya. Kisah ini terdapat di dalam Al Quran Surat Albaqoroh.ayat 67-73.

5. Ikan Paus Nabi Yunus
Ikan milik Nabi Yunus AS. juga akan masuk syurga.  Ia adlah ikan paus yang memakan Nabi Yunus ketika beliau dilempar ke laut karena hasil kesepakatan undian dan dikarenakan kapal yang ditumpanginya kelebihan muatan. Dan setelah dimakan Paus tersebut lalu Allah memerintahkan kepada ikan tersebut untuk memuntahkan di pulau yang tandus. Ketika keluar dari perut Paus Nabi Yunus bagaikan burung yang baru saja keluar dari telurnya (menetas).  Karena terlalu lemah kemudaian Allah SWT mengasihinya dan menumbuhkan pohon dari jenis labu baginya untuk berteduh oleh Nabi Yunus sehingga menjadi kuat kembali. Kisah ini dapat ditemukan di Al Quran Surat Ash Shaaffat : 139 - 148.

6. Keledai Nabi Udzair
Nabi Udzair AS. seorang Nabi yang diutus untuk Bani Isra'il (Bangsa Yahudi)
Kisah tentang keladai Nabi Udzair tersebut terdapat di QS Albaqoroh ayat 259  "Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang melalui suatu negeri yang tomboknya telah roboh menutupi atapnya. Dia beerkata : Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur? Maka Allah mematikan orang itu 100 tahun, kemudian Allah menghidupkannya kembali. Allah bertanya berapa lama kamu tinggal disini/ ia menjawab saya tinggal di sini sehari atau setengah hari ; Allah berfirman Sebenarnya kamu telah tinggal dfi sini 100 tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum berubah, dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah men jadi tulang belulang). Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia. Dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, Kemudian kami menyusunnya kembali, kemudian membalutnya dengan daging " maka tatkala telah nyata kepadanya bagaimana Allah bagiman aAllah menghidupkan yang telah mati;  dia pun berkata Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu"
Menurut sebagian riwayat orang yang dikisahkan adalah Nabi Udzair AS.

7. Semutnya Nabi Sulaiman
Hewan selanjutnya yang juga akan masuk syurga adalah semutnya Nabi Sulaiman AS. Seperti yang sama-sama kita ketahui beliau adalah Nabi yang dapat berbicara dengan binatang salah satunya adalah semut. Semut ini pernah membuat Nabi Sulaiman As. kagum saat bertanya kepada semut, beberapa pertanyaan Pertanyaan Nabi Sulaiman kepada semut mengenai reziki "wahai semut apakah engkau yakin ada makakan cukup untuk kamu ? Semutpun menjawab ; Rizki di tangan Allah, Aku percaya rizki ditangan Allah dan aku yakin diatas batu kering, di padang pasir yang tanduspun ini, ada rizki untukku.

8. Burung Hud-Hud Ratu Bilkis
 Selain Semut nabi Sulaiman As. juga berbicara dengan brubg Hud-Hud sejenis burung pelatuk. Burung ini dijadikan kurir oleh Nabi Sulaiman untuk mengantarkan surat kepada Ratu Balqis mengajak untuk menyembah AllahSWT / beriman kepada Allah SWT.
Ratu Balqis adalah seroang ratu yang memerintah negeri Saba' yang beribukota di Ma'rib yang terletak dekat kota Sa'ian ibukota Yaman. Selanjutnya kita bisa lihat di Al Quran Surat An Naml ayat 20- 31.

9. Untanya Nabi Muhammad SAW.
Dalam perjalanan dakwahnya Rasulullah SAW., mengendarai seekor Unta untuk membawa hijirah ke Madinah,  untuk pertama kalinya dengan sahabatnya Abu Bakar Ash Shidiq. Unta tersebut digunakan sebagai petunjuk jalan dimanakah Rasulullah akan tinggal di Madinah. Unta inpun beerhenti di sebuah halaman rumah milik sahabat yang terkenal bernama Abu Ayub Anshari. dirumah inilah Rasulullah menghabiskan hidupnya sampai akhir hayat.

10. Anjing Ash Habul Kahfi
Hewan yang terakhir yang masuk syurga adalah Anjing milik Ash Habul Kahfi As Habul Kahfi merupakan sosok pemuda tangguh yang menjaga kemurnian keyakinan mereka dari kejaliman Raja kafir. Demi menyelamatkan iman,  merekarela mengasingkan diri dan bersembunyi di dalam guha. Pe3muda tersebut ditemani oleh sekor Anjing yang setia. Karena merasa terlalu letih akhirnya pemuda tersebut tertidur di dalam Guha tersebut. Dan begitu bangun dari tidurnya dilihatnya beberapa saat ternyata mereka dalah tertidur selama 300 tahun (tahun Hijiriyah  Kisah para Ash Habul Kahfi ini dapat ditemukan di dalam Al Quran di Surat Al Kahfi ayat 9-22.

Demikian kisah 10 hewan yang dijamin masuk syurga. Semoga dapat menambah wawasan kita dan dapat belajar dari kemukjizatan  Allah SWT dan menambah tebal keyakinan kita bahwa apa yang terjadi di Alam semesta ini adalah kuasa Allah SWT. sekian.  

0 Response to "10 JENIS HEWAN YANG DIJAMIN MASUK SYURGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel