Ada 5 Golongan Orang Yang Rajin Sholat Tetapi Masuk Neraka. Siapa sajakah? Ikuti penjelasan di bawah ini.


Kajian Khazanah Islam (Katagori Posting Aqidah)

Pembaca budiman, semoga Rahmat dan Bimbingan serta RidhaNya selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk bekal di akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, memposting artikel : Ada 5 Golongan Orang Yang Rajin Sholat Tetapi Masuk Neraka.   

Pada hari perhitungan amal seseorang, di hari kiamat kelak, hal yang pertama kali akan dihisab adalah Shalat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya shalat ini. Shalat adalah perintah mutlak yang harus didirikan oleh seorang muslim. Dan hal ini tidak dapat di diabaikan bahkan dalam kondisi apapun shalat tidak boleh ditinggalkan. 
Misalnya dalam suasana perang-pun sholat harus dikerjakan tentu dengan cara yang sudah diatur oleh syariah. Dalam keadaan perjalananpun jauh yang menempuh watu panjang (shafar) juga tidak boleh ditinggalkan, dan dalam keadaan sakit juga tetap harus didirikan .
Orang yang sakit tidak bisa sholat dengan berdiri, maka diperintahkan sholat dengan duduk. 
Kalaupun dengan duduk tidak dapat dilakukan, maka diperintahkan dengan berbaring dan yang paling akhir adalah dengan isyarat apabila sudah tidak dapat menggerakkan badan sama sekali. Karena betapa pentingnya sholat bagi manusia untuk mempersembahkan rasa syukur kepada Allah Swt. yang telah memberikan segalanya kepada kita di dunia ini.


Namun di zaman yang serba modrn ini masih banyak orang yang melalaikan sholat tersebut. Bahkan ada manusia yang menganggap sholat itu hanya amalan ritual saja. Padahal kita tahu bahwa amalan sholat adalah amalan yang akan ditanya pertama kali ketika di hari kiamat nanti. 

Dalam suatu hadits, Rasulullah saw. bersabda sebagai berikut :
Sesungguhnya yang pertama kali dihisab (ditanya) dan diminta pertangung jawabannya dari segenap amalan seseorang hamba di hari kiamat kelak adalah sholatnya. Bila sholatnya baik maka maka beruntunglah ia dan bilamana sholatnya jelek sungguh kerugian menimpanya. (HR Tirmidzi)

Dari keterangan hadits di atas, jelas bahwa shalat adalah suatu hal yang harus kita perhatikan dengan sungguh-sungguh sebab apabila shalat kita baik maka seluruh amal-amal yang  lain juga dianggap baik oleh Allah swt.

Tetapi dengan sholat yang kita lakukan dan dirikan pada setiap saat dengan tepat waktu itu, juga belum dapat menjamin kita dari siksa api neraka. Karena banyak keterangan-keterangan yang kita pernah dengar bahwa belumlah serta merta orang yang sudah melaksakan shalat akan terlepas dari siksa api neraka. Masih banyak orang yang sholatnya rajin, dan tidak pernah ketinggalan namun masih dikatagorikan golongan orang yang masuk neraka.

Kenapa hal itu bisa terjadi ?.

Inilah jawabannya setidaknya ada 5 golongan orang yang rajin sholat tetapi tetap akan dimasukkan ke dalam neraka.

1. Adalah Golongan :  Orang Yang Sholatnya Rajin Tetapi Mengabaikan Anak Yatim. 

Allah Swt. berfirman dalam Al-Quran sebagai berikut :

Ayat pertama adalah Allah menanyakan kepada kita siapakah orang yang mendustakan agama? 
Dan pada ayat kedua adalah menjelaskan bahwa orang yang menghardik anak yatim dan dilanjutkan dengan ayat berikutnya juga termasuk orang yang tidak memberi makan kepada orang miskin. 

Maka dari dua keterangan ayat tersebut biarpun sudah melaksanakan sholat tetapi Allah masih memberi label celaka. Karena orang yang demikian adalah termasuk orang yang lalai dari sholatnya.
Terlebih lagi kepada orang yang sholatnya ada riya, karena pamer ingin dipuji, ini dapat merusak/menghapus pahala yang dijanjikan Allah Swt. dan juga termasuk orang yang enggan menonolong dengan barang yang berguna. 
Inilah alasan orang yang rajin sholatnya tetapi akan masuk neraka. (QS, Al-Ma'un)

  
2. Adalah Golongan : Orang Yang Sholatnya Rajin, Namun Masih Suka Berdusta. 
Berdusta adalah merupakan salah satu dosa besar dan diancam siksa yang pedih di akhirat kelak. 
Di zaman yang serba teknonologi kebohongan tampaknya sudah menjadi suatu kebiasaan di kalangan masyarakat. Padahal sekecil apapun suatu kebohongan akan tetap dianggap sebagai dosa.  Meskipun ada seorang yang rajin  shalat dan beribadah lainnya, namun jika lisannya suka berbohong maka shalatnya akan sia-sia semata. Karena kebohonan itu akan menghapus amalan-amalan yang baik. Dan jika ia mati dalam keadaan tidak bertaubat kepada Allah, maka dia akan dimaksukkan ke dalam neraka. Firman Allah Swt. sebagai berikut : 
"Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang yang pendusta". (QS, An-Nahl :105)

Pembohong adalah bagian dari ciri-ciri orang munafik. 
Bagi orang muslim wajib menjauhi perbuatan dusta, karena dapat menyengsarakan kita, baik di dunia maupun di akhirat.
Pembohong juga adalah termasuk orang yang tidak beriman kepada Allah, (kafir) maka ketika mati akan di masukkan kedalam neraka, walaupun shalatnya rajin.

3. Adalah Golongan : Orang Yang Shalatnya Rajin Namun Minum Minuman Keras.
Perbuatan tersebut tidak jarang kita jumpai di kalangan masyarakat, tidak sedikit orang yang melakukan shalanya rajin tetapi masih suka minum minuman keras.. Inilah akibatnya jika menganggap shalat hanya sebagai suatu ritual semata, sehingga dalam melaksanakannya tidak dibarengi hati yan g iklas. Minuman keras merupakan segala jenis minuman yang memabukkan. Dan minuman semacam ini sangat dilarang oleh agama Islam. 
Rasulullah saw. bersabda : "Bahwa minuman keras itu merupakan induk dari segala macam kejahatan. Bahkan Rasulullah saw, juga melarang setiap muslim untuk mendekati khamer, apalagi sampai meminumnya. Baik sedikit atau banyak khamer merupakan barang haram yang tidak boleh dikunsumsi oleh umat Islam. 
Rasulullah juga melaknat orang-orang yang masih berhubungan dengan minuman keras (khamr).
Sabda Rasulullah saw. sebagai berikut:
"Barang siapa minum khamr, tentu Allah akan memberi minum kepadanya dari air yang sangat panas dari neraka Jahanam". (HR. Al-Bazzar) 

4. Adalah Golongan : Orang Yang Sholatnya Rajin Namun Masih Percaya Dukun.
Orang yang shalat namun ia percaya dengan Dukun atau tukang tenung,ramal, merupakan salah satu orang yang dapat dikatakan shalat namun ia masuk neraka. Kita ketahui bahwa dukun merupakan orang mengaku bahwa dia mengetahui perkara-perkara ghaib dan tersembunyi 

Dalam hadits riwayat Imam Muslim, seseorang yang percaya kepada dukun maka shalatnya tidak akan diterima selama 40 hari. Selain itu percaya dengan dukun merupakan termasuk dalam katagori dosa besar. Apalagi jika dengan yakin mempercayai dukun itu, maka kita terkena dosa syirik/musyrik, akibat dosa syirik maka Allah tidak akan mengampuninya sebelum orang tersebut bertaubat dan kembali ke jalanNya.  Untuk itu jika ada orang yang shalat, namun mempercayai dukun, benda-benda pusaka, dan sejenisnya maka akan terancam dosa besar. 

Rasulullah saw. bersabda : "Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun kemudian ia membenarkan apa yang dikatakannya itu, maka sesungguhnya ia sudah ingkar kepada apa yang sudah diturunkan kepada Nabi Muhammad saw." (HR. Abu Daud, At-Turmidzi, Ibnu Majah.) 

Jangan ketinggal baca Juga : ADAB MENEMPATI RUMAH BARU

5. Adalah Golongan : Orang Yang Sholatnya Rajin, Namun Suka Menggunjing Kejelekan Orang Lain.
Allah Swt, berfirman tersebut di bawah ini :
"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab : Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kita tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan merupakan kita membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan merupakan kita mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kita kematian. Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafa'at dari orang-orang  yang membagikan syafa'at".  ( QS Al-Muddatsir : 42-48) 

Ayat di atas adalah salah satu penyebab orang masuk neraka, karena suka membicarakan ketidak baikan orang lain. Orang yanmg mendirikan shalat namun suka membicarakan kejelekan oran g lain maka ia kan ditempatkan di dalam neraka Saqr. 

Pada ayat yang lain Allah melarang kita untuk tidak membicarakan aib orang lain. sebagaimana firmannya di bawah ini :
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. dan janganlah kam mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu mengunjing dari sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati?. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha penerima taubat lagi Maha Penyayang". (QS, Al Hujuraat : 12)

Demikian uraian 5 Golongan Orang Yang Rajin Shalat Tetapi Masuk Neraka. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ada 5 Golongan Orang Yang Rajin Sholat Tetapi Masuk Neraka. Siapa sajakah? Ikuti penjelasan di bawah ini."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel