Begitu Pentingnya Seruan Dalam Al-Qur'an Untuk Berjalan Di Atas Bumi.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Begitu pentingya seruan dalam al-Qur'an untuk berjalan di atas bumi, ini menandakan bahwa Allah ingin memberikan suatu pelajaran dalam kehidupan manusia, dengan diperintahkannya untuk berjalan menjelajahi bumi dalam rangka untuk melihat apa-apa yang telah Allah ciptakan, lalu merenungi atas ciptaan-Nya. Juga dapat pula melihat betapa Allah SWT telah menjadikan bumi itu dihancurkan dengan bencana yang dikehendaki-Nya, sebelum kamu ada di atasnya, dan mengembalikannya dengan sempurna. Semua itu adalah suatu tanda agar manusia selalu instropeksi dalam mengarungi kehidupan di atas bumi ini. 

Generasi milenial saat ini sangat gemar berlomba-lomba untuk menjelajahi Indonesia bahkan Dunia. Mendatangi berbagai tempat asing tak hanya untuk liburan, tetapi juga demi mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.  Tentu hal ini akan berdampak positif, karena dalam Islam juga sangat dianjurkan untuk berjalan menjelajahi di atas belahan bumi (pen.Traveling) dalam istilah generasi milenialnya. Dalam bahasa agamanya adalah bersyafar (berpergian untuk menjelajahi bumi ). Sebab dengan melakukan traveling atau syafar, diharapkan manusia akan semakin bersyukur dan mendapatkan banyak hikmah serta pelajaran dari berbagai kejadian dan pengalaman yang dihadapinya dalam perjalanan teresebut.

Bersyafar (traveling) juga dapat menjadi sarana dakwah. Dan inilah yang dilakukan para ulama pendahulu kita, bahkan para Nabi. Karena begitu pentingnya Syafar (traveling) sehingga di dalam Al-Qur'an Allah berfirman dengan berulang-ulang, yang terkait dengan berjalan di atas bumi ini, menjadi seruan kepada manusia untuk melalakukannya.

Di bawah ini saya cuplikan ayat-ayat Allah dalam Al-Qur'an  yang berkenaan dengan seruan untuk berjalan di atas/muka bumi tersebut.
1. Surat 'Ali Imram. (QS, 3 : 137)
"Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)". 
2. Surat Al-An'am (QS, 6 : 11) 
Katakanlah : "Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikan bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu".  
3. Surat Yusuf (QS, 12 : 109)
"Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Maka tidaklah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memikirkan?" . 
4. Surat  An-Naml (QS, 27 :69).

Katakanlah : "Berjalanlah kamu di (muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa". 
5. Surat Ar-Ruum (QS, 30 : 42)
Katakanlah : "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)". 
6.Surat Lukman (QS,31 : 31)
"Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan ni'mat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur". 
7. Surat Muhammad (QS, 47 : 10)
"Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi sehingga mereka dapat memperhatikan bagaimana kesudahan orang-orang yang sebelum mereka : Allah telah menimpakan kebinasaan atas mereka dan orang-orang kafir akan menerima (akibat-akibat) seperti itu". 
8.Surat Al-Mulk (QS, 67 : 15)
"Dia-lah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan".  

Itulah beberapa firman Allah yang berkaitan dengan pentingya seruan untuk bersyafar (bepergian) di muka bumi ini, dalam rangka mengambil hikmahnya dan tentu agar kita selalu merasa bersyukur atas begitu besarnya nikmat yang telah diberikan kepada kita sekalian, dan agar kamu sekaligus dapat instropeksi terhadap diri sendiri. 

Mudah-mudahan bermanfaat dan akan menambah keimanan kita, dalam mengamalkan agama Islam yang mulia ini. Aamiin.  

Baca juga yang ini : 

0 Response to "Begitu Pentingnya Seruan Dalam Al-Qur'an Untuk Berjalan Di Atas Bumi."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel