Tata Cara serta Bacaan Sujud Tilawah, Sujud Sahwi dan Sujud Syukur.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Sholat)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam seluruh aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Tata cara serta bacaan sujud tilawah, sujud sahwi dan sujud syukur, adalah bagian dari ibadah yang diperintahkan Allah SWT, walaupun sujud ini tidak setiap saat kita lakukan namun hal ini juga penting karena masuk dalam keseluruhan ajaran Islam. 

Sebelum kita membahas ketiga sujud tersebut diatas, marilah simak terlebih dahulu untuk mengerti apa makna sujud itu.

Pengertian Sujud secara Umum. 
Sujud adalah suatu gerakan di dalam shalat dimana kening, dan hidung, kedua lutut, kedua telapak tangan dan ujung kedua jari kaki, menempel pada alas shalat.  

1. Pengertian Sujud Tilawah.
Sujud Tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika kita membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah. Telah berkata Umar bin Khattab : "Hai manusia kita melewati ayat sajadah. Barangsiapa bersujud, ia mendapat pahala, dan barangsiap tidak bersujud ia tidak berdosa" (HR.Bukhari)

Sujud Tilawah dalam Shalat : 
- Bila terbaca ayat-ayat sajadah maka bertakbir lalu sujud sekali.
- Kembali berdiri dengan takbir.
- Meneruskan bacaan ayat yang sedang dibaca dalam shalat. 
- Bagi makmum mengikuti imam dalam sujud dan tidak boleh sejud sendiri. (artinya ketika imam tidak sujud maka makmum-pun tidak sujud).

Sujud Tilawah di luar Shalat :
- Menghadap kiblat lalu takbir dengan niat.
- Sujud sekali dan kembali duduk.
- Mengucap salam.
- Bagi seorang yang mendengar bacaan ayat sajadah boleh sujud bila pembaca al-Quran sujud. 
Ada 15 ayat yang termasuk Ayat Sajadah :
  1. QS. Al-A'raaf ayat 206
  2. QS Ar-Ra'd ayat 15
  3. QS An-Nahl ayat 49
  4. QS Al-Isra' ayat 107
  5. QS Maryam ayat 58
  6. QS Al Haj ayat 18
  7. QS An-Naml ayat 25
  8. QS As-Sajadah ayat 15
  9. QS Al-Furqan ayat 60
  10. QS Fusilat ayat 38
  11. QS Al-Haj ayat 77
  12. QS An-Najm ayat 62
  13. QS Al-Insyiqaq ayat 21
  14. QS Al-Alaq ayat 19
  15. QS Shad ayat 28.
Tata cara sujud Tilawah  1x baik dalam shalat maupun diluar shalat, tetapi tidak perlu membaca tasyahud (bacaan tahiyat) atapun salam.
Adapun bacaannya adalah sebagai berikut : 

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ 
"Wajahku bersujud kepada Tuhan yang menciptakan dan membentuknya, merekahkan pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta. (HR.Bukhari)

2. Pengertian Sujud Sahwi.
Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan apabila terjadi keragu-raguan dalam shalat baik gerakan maupun jumlah raka'at.
Dari Abdullah bin Buhainah Al-Asdi : "Bahwasanya Rasulullah saw, pernah bangkit berdiri dalam shalat Dhuhur padahal mestinya duduk (tahiyyat awwal), maka setelah selesai shalat, dalam keadaan duduk sebelum salam beliau bersujud dua kali, dan beliau bertakbir pada tiap-tiap sujud dan para makmum juga mengikutinya sebagaimana yang dikerjakan beliau untuk mengganti duduk (tahiyyat awwal) yang terlupakan itu". (HR. Muslim)  

Dari Abu Sa'id Al-Khudri, ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : "Apabila seseorang diantara kalian syak (ragu-ragu) di dalam shalatnya, yaitu ia tidak ingat apakah ia telah shalat tiga atau empat raka'at maka hendaklah ia buang yang syak (ragu-ragu) dan kerjakan mana yang ia yakini, kemudaian hendaklah ia sujud dua kali sebelum salam". (HR. Muslim) 

- Dilakukan sebelum dan sesudah thasyahud sebelum salam. Sujud 2x pada masing-masing sujud membaca ini 3x tiap-tiap sujud.  سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو   Artinya : "Maha suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa" 

Sebab-Sebab Sujud Sahwi : 
  • Lupa salah satu rukun shalat dan teringat sebelum mengerjakan rukun seperti pada raka'at berikutnya, maka wajib kembali mengerjakan rukun yang ketinggalan tersebut dan terus menyempurnakan shalat. Sebelum salam melakukan sujud sahwi.
  • Lupa salah satu rukun dan ingatnya pada saat/setelah mengerjakan rukun yang sama pada rakaat setelahnya, maka rakaat sesudahnya itu, sebagai penggantinya rakaat yang lupa salah satu rukun tadi dianggap tidak ada. Selanjutnya menyempurnakan shalat. Sebelum salam melakukan sujud sahwi.
  • Lupa jumlah bilangan rakaat yang telah dikerjakan seperti tiga atau empat, maka diambil bilangan yang kecil dan disempurnkan shalatnya. Sebelum salam melakukan sujud sahwi. 
  • Bila seorang yang melaksanakan shalat sudah salam tapi ada orang yang memberitahu bahwa shalatnya kurang/ada yang terlupa, maka kembali shalat sahalat menambah kekurangannya itu saja dan sebelum salam sujud sahwi.
  • Bila sorang yang melaksanakan shalat sebelum salam teringat bahwa shalatnya lebih rakaat, maka hendaklah ia lakukan sebelum salam sujud sahwi. 
  • Bila seorang imam melakukan sujud sahwi, maka makmum hendaknya mengikuti imam, walaupun makmum tidak tahu sebabnya dan begitu juga terhadap makmum yang masbuk belum selesah shalatnya juga melakukan sujud sahwi. 
Baca juga yang ini : Apa Sajakah Anggota Badan Yang Harus Diperhatikan Ketika Sujud?.
3. Pengertian Sujud Syukur. 
Sujud syukur adalah sujud tanda terima kasih atas nikmat dari Allah SWT, atau terhindar dari Marahabaya. 

Dari Al-Baraa' ia berkata : "Nabi saw. pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetepi mereke belum mau masuk Islam. Kemudian Nabi saw, mengutus Ali bin Abi Thalib, dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid kemudian Ali.ra. menulis surat kepada Rasulullah Saw, bahwa orang-orang disana sudah masuk Islam, Maka setelah Rasulullah saw. membaca surat itu, beliau menyungkur sujud". (HR. Baihaqi).

Tata Cara Sujud Syukur. 
- Menghadap kiblat.
- Takbiratul Ihram
- Sujud.
- Duduk Istirahat.
- Salam.

Bacaan sujud Syukur : 

سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي حَقَّا حَقَّا، سَجَدْتُ لَكَ يَارَبِّ تَعَبُّدًا وَرِقًّا. اَللَّهُمَّ اِنَّ عَمَلِي ضَعِيْفٌ فَضَاعِفْ لِي. اَللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تُبْعَثُ عِبَادُكَ وَتُبْ عَلَيَّ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.”
Artinya : "Maha suci Engkau Ya Allah, Engkaulah Tuhanku yang sebenarnya, aku sujud kepada-Mu ya Rabbi sebagai pengabdian dan penghambaan. Ya Allah, sungguh amalku lemah, maka lipat gandakan pahalanya bagiku. Ya Allah, selamatkanlah akau dari siksa-Mu pada hari hamba-hamba-Mu dibangkitkan, terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang."  

Demikian uraian Tata Cara serta Bacaan Sujud Tilawah, Sujud Sahwi, dan Sujud Syukur. Semoga dapat kita amalkan dan dijadikan sebagai khazanah dalam pemahaman Islam, khususnya dalam shalat  dan sujud-sujud lainnya.

0 Response to "Tata Cara serta Bacaan Sujud Tilawah, Sujud Sahwi dan Sujud Syukur."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel