Ketika Umar bin Khattab Merebut Surah Thoha, Apa yang Terjadi? Baca kisah ini hingga selesai.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Kisah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga senantiasa tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Kisah yang menakjubkan ketika Umar bin Khattab merebut surah Thoha, maka terjadi hal yang tidak diperkirakan oleh adik angkat atau adik kandung Umar bin Khattab itu sendiri, sehingga adik Umar yang sudah berumah tangga itu, merasa ketakutan yang sangat mencekam. Namun diluar dugaan yang terjadi pada Umar, tidak seperti yang diperkirakan oleh keluaraga adik Umar itu. Baca hingga selesai;

Dalam Buku Sejarah Khulafaur Rasyidin : Para Penegak Islam Sepeninggal Rasulullah saw. yang ditulis oleh : Jalal Ad-Din As Suyuti dijelaskan bagaimana kisah singkat ke-Islaman dari Umar bin Khattab.  
Umar bin Khattab adalah satu khalifah yang terkenal dengan sifatnya yang sangat tegas dan penuh wibawa. Dikisahkan, sebelum Umar r.a masuk Islam, adalah salah satu orang yang paling menentang Rasulullah saw. baik tentang dakwah Islamnya maupun keberadaanya. 

Anas Radhiyallahu anhu berkata ; "Umar keluar membawa pedangnya dan seorang laki-laki dari Bani Zuhrah bertemu dengannya dan bertanya, Mau kemana kamu wahai Umar? Ia menjawab ; "Aku ingin membunuh Muhammad. Laki-laki itu bertanya kembali, 'Bagaimana kamu bisa selamat dari Bani Hasyim dan Bani Zuhrah kalau kamu membunuh Muhammad?. Umar berkata ; "Aku yakin bahwa kamu kamu telah masuk agama lain, Ia berkata "Akankah aku tunjukkan kepadamu sesuatu yang menakjubkan, saudara angkatmu dan adik kandungmu telah masuk agama itu dan meninggalkan agamamu. "Umar berjalan dan mendatangi keduanya dan ketika itu Khabbab sedang bersama mereka. 

Pada saat dia mendengar suara Umar datang, dia bersembunyi di dalam kamar rumah itu, lalu Umar masuk dan berkata, Suara bisikan apa itu, dijawab : mereka sedang membaca surah Thoha. Dan mereka juga berkata, Bukan apa-apa kami hanya sedang bercakap-cakap. Umar berkata ; "Mungkin kalian berdua telah masuk agama baru itu?" 

Saudara angkat Umar, berkata, apa yang akan terjadi kalau kebenaran ada di luar agamamu?. Dengan gesit dan kejamnya Umar meloncat kepadanya dan memukulinya berulang-ulang.  Adik Umar bin Khattab, datang dan mendorongnya menjauhkan dari semuanya dan Umar pun memukulinya dengan tangan kosong hingga wajah adiknya berdarah.

Lalu adiknya itu berkata dengan keadaan marah, "bagaimana kalau kebenaran berada di luar agamau? Aku bersaksi bahwa tiada Thuan selain Allah dan Muhammad adalah hamba-Nya dan Utusan-Nya. Umar pun penasaran dan berkata "Berikan tulisan itu secepatnya kepadaku; apa yang telah kamu baca aku akan membacanya. Dengan rasa takut yang amat sangat, adiknya menjulurkan bacaan itu dengan perlahan namun Umar tidak sabar maka merebutnya denga paksa tetapi bacaan itu tetap tidak diberikan. 
Baca juga ini : KISAH UMAR BIN KHATTAB

Adik Umar berkata ; "Wahai Umar, kamu itu kotor, tidak seorangpun boleh membacanya kecuali telah bersuci. Adiknya berucap "berdirilah dan sucikan dirimu atau ambil air wudhu). Lalu Umar berdiri dan berwudhu, kemudian Umar mengambil tulisan itu dan membaca Surah Thaha itu, hingga  berhenti pada ayat (ke-14 surat Thoha). "Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingatku" 

Umar berkata : "Tunjukkan kepadaku cara menemui Muhammad. Ketika Khabbab mendengar kata-kata Umar ia keluar dan berkata,"Bergembiralah wahai Umar!. Karena aku berharap kamu menjadi jawaban permohonan yang Rasulullah saw. panjatkan untukmu di waktu malam Kamis yang lalu. Beliau berdoa "Ya Allah Teguhkanlah Islam dengan Umar Ibnu al Khattab atau dengan Amr ibnu Hisham" 

Marilah aku tunjukkan ; sekarang Rasulullah saw. ada di bagian terendah Ka'bah di kaki bukit Safa. Lalu Umar pergi hingga dia datang ke Ka'bah, dan di pintu ada Hamzah, Thalhah, dan yang lainnya. Hamzah berkata, Inilah Umar, Rasulullah ada di sini. Kalau Allah menghendaki kebaikan padanya maka ia akan masuk Islam, dan kalau Dia menghendaki yang lain, maka membunuhnya akan menjadi sesuatu yang kecil bagiku, ucap Hamzah.  "Lalu Ia berkata , 'Rasulullah saw. ada di dalam sedang menerima wahyu dari Allah. 

Rasulullah saw, keluar ketika Umar tiba, sambil memegang ujung pakain bagian bawah dan gagang pedangnya, lalu berkata, "Kamu tidak akan berhenti, Umar, sehingga Allah mendatangimu dengan aib dan hukuman seperti yang dilakukan oleh al-Walid ibnu all-Mughirah.   

Lalu, Umar berkata : "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan engkau adalah hamba Allah dan utusan-Nya".  Ini diikrarkan Umar, di hadapan Rasulullah saw. dengan berjabat tangan yang hangat. Itu terjadi karena Umar bin Khattab sangat terharu dan terkesan di sanubari yang paling dalam, akan bacaan Surat Thoha dari ayat 1 hingga 14. 

Demikian kisah yang menakjubkan, Ketika Umar bin Khattab Merebut Surah Thoha. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita, dalam khasanah Islam. 



Sumber : Sejarah Khulafaur Rasyidin: Para Penegak Islam Sepeninggal Rasulullah SAW yang ditulis oleh Jalal Ad-Din As Suyuti. Bab Umar Ibnu Al-Khattab, Hal 110-113. 

0 Response to "Ketika Umar bin Khattab Merebut Surah Thoha, Apa yang Terjadi? Baca kisah ini hingga selesai. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel