Ada Beberapa Ilmu Untuk Bisa Menguasai Bahasa Arab



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (katagori posting Al-Quran) 

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Ada Beberapa Ilmu Untuk Bisa Menguasai Bahasa Arab, adalah sebagai judul materi yang sengaja penulis  ambil dalam rangka mengajak kita, agar semangat dalam upaya mempelajari bahasa Arab. Kenapa hal ini menjadi penting, dikarenakan bangsa Indonesia mayoritas beragama Islam. Apa hubungannya Islam dengan bahasa Arab?, umat Islam sangat haqqul yakin bahwa Al-Quran adalah sebagai kitab yang Allah turunkan melalui malaikat Jibril AS, kepada hambanya, sekalugus utusannya yaitu Muhammad SAW.  Sedangkan Al-Quran itu sendiri adalah kitab yang mengajarkan kepada manusia bagaimana cara mengarungi kehidupan ini, agar bahagia di dunia hingga akhirat kelak. 

Al-Qur'an diturunkan dengan bahasa Arab, maka bagaimana mungkin kita akan dapat mengamalkan apa-apa yang terkandung di dalamnya manakala kita tidak dapat mengerti apa maksud dan tujuan dari wahyu Allah SWT. ( Al-Quran). Secara eksplisit memang Allah SWT tidak pernah menuntut manusia untuk dapat menguasainya secara total, kecuali diperintahkan sesuai dengan kemampuan yang ia miliki pada dirinya. Inilah Firman Allah di dalam Al-Qur'an sebagai berikut :

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya". QS Albaqrah : 286).

Firman Allah di atas bukan berarti kita hanya pasrah begitu saja karena menggap sudah tidak mampu, tetapi harus berusaha sekuat mungkin hingga pada titik usaha terakir yang dapat kita lakukan. Itulah balasan yang akan kita dapatkan sesuai apa yang kita kerjakan. 

Para ulama sudah berusaha dengan ijtihadnya penuh tawadhu' dan memohon bimbinganNya untuk dapat memahami Al-Qur'an secara baik dan benar. Dalam bahasa Arab sangat banyak tata bahasanya. Maka ulama mencoba untuk mengurai bahasa Arab ini dengan beberapa ilmu yang terkait, grammar dan lainnya sebagai contoh : Ilmu Nahwu, Ilmu Sharaf, Ilmu Balaghah, Mantik dan sebagainya. 

Masing-masing ilmu itu saling berkaitan dalam penggunaan bahsa Arab yang baik. Karena itu, seseorang yang dapat berbahasa Arab belum tentu bisa menerjemahkan sebuah tulisan dalam bahasa Arab (khususnya Al-Qur'an) ke dalam bahasa Indonesia dengan baik, tanpa memiliki ilmu tersebut diatas. 

Huruf Arab adalah huruf yang dipergunakan sebagai ejaan dalam bahasa Arab. Huruf Arab dipergunakan untuk menulis sebuah kata atau kalimat dalam bahasa Arab. Huruf-huruf Arab ini dapat disebut dengan huruf hijaiyah. Mengenai jumlah hurufnya, banyak ulama yang mengelompokkanya berdeda-beda, ada yang menyebut jumlahnya 28, 29 dan 30.  

Kitab Ajurumiyah ini sengaja disusun untuk memudahkan seseorang memepelajari tata bahasa Arab. Dengan menguasai kitab ini, akan mudah bagi seseorang dalam menerjemahkan buku-buku atau kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab sesuai dengan makna yang diinginkan oleh pengarangnya. Begitu juga untuk memahami isi dan kandungan Alqur'an serta hadits Nabi Muhammad saw. yang menggunakan bahasa Arab.
"Sesungguhnya, kami menjadikan Alqur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memahaminya". (QS Al Zukhruf : 3) 

Kitab Matan al-Ajurumiyah ini dimulai dengan kalimat ; Al-kalamu huwa al-Lafazhu al-Murakkabu, al-Mufidu bi al-Wadl'i (Kalimat dalam bahasa Arab) sebuah lafaz yang tersusun dan yang memberi makna (faedah) dalam bahasa Arab. 

Kitab ini kemudian menjelaskan pembagian sebuah kalimat dalam bahasa Arab. Kalimat yang dijelaskan dalam kitab ini terbagi tiga, yaitu : isim, fi'il, dan huruf. 
Isim (kata benda) ialah kata yang menunjukkan benda, namanya, atau sifatnya. Dari segi lafaz, kata isim ditandai dengan kata yang dapat diawali dengan Alif-Lam (alif dan lam) atau diakhiri dengan tanwin atau harakat (baris) bawah (kasrah). Contohnya : Al-Madrasatu, Muhammadun, atau Lil-Muslimin. 

Yang termasuk kategori kata isim adalam kata ganti benda, kata ganti penunjuk, dan penghubungnya serta isim masdar (kata kerja yang dibendakan). Isim dari segi jenisnya dibedakan menjadi dua, yaitu mu'annats (untuk menunjukkan perempuan atau nama benda yang sifatnya biasanya ditandai dengan (Ta marbuthah). Isim lainnya adalah mudzakar (untuk menunjukkan jenis laki-laki). Dan dilihat dari segi jumlah benda, isim ini dibedakan dalam tiga macam, yakni isim mufrad (jumlah tunggal), mutsanna (dua) dan jamak (lebih dari dua).  

Selain isim, kitab Matan al-Jurumiyah ini juga membahas fi'il (kata kerja). Fi'il ini dibagi lagi menjadi tiga macam, yaitu ; fi'il madli (bentuk lampau, past tense), fi'il mudlari' (sekarang dan sedang terjadi, continuos tense), dan fi'il amr (akan datang). Fi'il amr ini adalah kata kerja yang menunjukkan perintah. 

Selain itu kitab ini juga membahas huruf. Huruf adalah kata selain isim dan fi'il, yaitu kata yang tidak memiliki pengertian tertentu, kecuali setelah dihubungkan dengan isim atau fi'il. 

Selain membahas isim, fi'il dan huruf, kitab ini juga membahas kedudukan masing-masing kalimat, seperti fa'il mubtada', khabar, na'at wa man'ut (sifat dan yang mengikutinya), ma'f'ul (bih, muthlaq, min ajlih, dan ma'ah) athaf, badal, sharaf, dan lainnya.  Setidaknya terdapat 24 bab yang dibahas dalam Matan Al-Jurumiyah ini. 

Begitu pentingnya kitab ini sehingga banyak ulama yang kemudian memberikan syarahnya serta mengembangkan berbagai kedudukan kalimat dalam bahasa Arab. Salah satunya adalah kitab Imrithi, Alfiyah Ibnu Malik. Khusus Alfiyah Ibnu Malik, dimuat sedikitnya 1000 nazam. Dan kitab Alfiayah ini dapat dipakai oleh santri yang sudah menguasai Matan Al-Jurumiyah atau Imrithi. 

Dekian uraian tentang : Ada Beberapa Ilmu Untuk Bisa Menguasai Bahasa Arab. Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan pelajari kitab Matan Al-Jurumiyah itu dengan baik hingga dapat menerjamahkan basa Arab ke dalam bahasa Indonesia dengan benar. 

0 Response to "Ada Beberapa Ilmu Untuk Bisa Menguasai Bahasa Arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel