Doa Dari Al-Qur'an & Hadits Untuk Cepat Dipanggil Ibadah Haji Dan Umroh


http://www.rasiyambumen.com/2017/09/doa-dari-al-quran-hadits-untuk-cepat.html
Kajian Khazanah Islam (katagori posting Do'a)

Pembaca budiman, semoga Allah senantiasa mencurahkan Rahmat serta Bimbingan-Nya kepada kita dalam segala aktivitas kita di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mencari Ridho-Nya di akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam memposting kajian : Doa Dari Al-Qur'an & Hadits Agar Cepat Dipanggil Ibadah Haji Dan Umroh.

Haji dan Umroh pasti selalu menjadi idaman oleh semua umat Muslim di dibelahan dunia manapun. Karena ibadah Haji dan Umroh adalah ibadah yang sungguh menarik, baik dari segi fisik maupun spiritual. Contoh ketika kita akan berangkat dari tanah air usaha fisik telah dilakukan dengan persiapan yang sangat intens dengan seringnya latihan kesehatan badan dengan olah raga dalam rangka menunjang kesehatan fisik secara prima.  
Suatu hal yang akan menjadi memori dalam hidupnya adalah ketika kita akan berangkat, seolah-olah kita tidak akan kembali lagi ke tanah air dengan permohonan maaf kepada keluarga, anak istri, handai taulan dan tetangga terdekat kita. Hal demikian akan menjadi kenangan yang tak dapat dilupakan. Banyak hal yang dapat menjadi memori dalam benak hati dan fikiran kita, misalnya rasa haru, senang, sedih yang bercampur sedemikian hebatnya, kadang tak terasa sampai meneteskan air mata.
Secara spiritual tentunya yang paling banyak kita bayangkan ketika telah sampai di Baitullah Al Mukaromah sehingga menjadikan rasa rindu yang sangat kuat  ingin segera dapat menunaikan Haji dan Umroh. 

Hal-hal di atas  itulah yang sangat dirindukan oleh seluruh umat Muslim dimana saja berada di planet bumi ini. Namun kita tahu bahwa untuk dapat menunaikan ibadah Haji atau Umroh itu, tentunya memerlukan biaya yang cukup lumayan sehingga tidak semua umat Muslim dapat menunaikannya. Tetapi kita tidak boleh pesimis apalagi sampai putus asa. 

Allah SWT memberikan tuntunan kepada kita agar tetap optimis dapat menemui panggilan-Nya ke Baitullah/Ka'bah di Mekkah Al Mukaromah dengan berdoa yang dawam (istiqomah) pada setiap saat.

Firman Allah Swt dalam Al-Quran agar kita dimudahkan dapat menunaikan ibadah Haji dapat kita temukan pada surat Al Baqarah di bawah ini :
                                                                                                Doa dari Al-Qur'an







"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang". (QS Al-Baqarah : 128)

Tentu doa di atas tersebut, harus dipanjatkan dengan penuh tawwadhu' dalam situasi yang khusu'.  Selain kita berdoa, juga tentunya kita berusaha untuk mengetahui bahwa ada beberapa waktu berdoa yang mudah di ijabah, diantaranya adalah :

Saat Sepertiga Malam
Karena pada saat sepertiga malam dalam hadits Rasulullah dijelaskan pada waktu itu adalah waktu yang sangat baik untuk memanjatkan doa. Salah satu hadits yang menjelaskan hal tersebut adalah sebagai berikut :

"Rasulullah SAW. bersabda : "Allah Swt. turun ke langit dunia pada setiap malam, yaitu sepertiga malam terakhir seraya berfirman : "Siapa saja yang berdo'a kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepada-Ku niscaya akan Aku berikan dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku niscaya akan Aku ampuni" (HR. Bukhari dan Muslim) 

Dari hadits di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa doa supaya mudah untuk berangkat Haji dan Umroh dapat kita amalkan secara istiqomah. Dan sepertiga malam adalah waktu yang istimewa yaitu waktu yang sangat dekat dengan Allah Swt yang mengusai segala urusan. Waktu sepertiga malam adalah kira-kira pukul 2 malam hingga menjelang akhir malam atau datangnya waktu sholat Subuh.

Kita tahu bahwa doa setelah shalat fardlu adalah wajib hukumnya. Ini sesuai firman Allah pada Surat An-Nisa' ayat 103 sebagai berikut :

 

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat (mu) ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring" (QS An-Nisa' : 103).
Ayat ini memerintahkan kita agar setelah selesai shalat untuk berdzikir/berdoa baik dengan duduk, berdiri, maupun berbaring. Maka para ulama mengataakan bahwa doa setelah sholat hukumnya wajib.

Hadits yang mengatakan doa yang paling didengar diwaktu sepertiga malan dan setelah shalat fardlu, adalah sebagai berikut :

"Dari Abu Umamah, dia berkata : Rasulullah saw, ditanya ; Wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? . Beliau bersabda ; "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib". (HR. at-Tirmidzi)

Dari keterangan hadits di atas maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa doa yang mudah didengar adalah pada waktu sepertiga malam dan setelah selesai menunaikan shalat Fardhu 5 waktu.  Maka amalkanlah dengan tawwadhu dan khusu' dengan pengharapan yang sungguh-sungguh dengan dilakukan secara ikhlas.
Baca juga yang ini :Doa di Bulan Muharram Untuk Dibaca Tiap Hari Mulai Tanggal, 1 hingga 10 Muharram. 

Demikian uraian Doa Dari Al Qur'an & Hadits Untuk Cepat Dipanggil Haji Dan Umroh. Semoga bermanfaat dan segera dapat dikabulkan dalam keinginannya untuk ber-Haji dan Umroh. Aamiin...

0 Response to "Doa Dari Al-Qur'an & Hadits Untuk Cepat Dipanggil Ibadah Haji Dan Umroh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel