Do'a Memohon Kesembuhan Bagi Orang Yang Sedang Sakit


http://www.rasiyambumen.com/2017/08/doa-memohon-kesembuhan-bagi-orang-yang.html
Kajian Khazanah Islam (Katagori posting Doa)

Pembaca budiman, curahan Rahmah serta Bimbingan-Nya semoga selalu kita dapatkan dalam segala aktivitas kita di dunia untuk meraih kebahagiaan dan ridho-Nya di akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Kahzanah Pelangi Islam, memposting tentang : Do'a Memohon Kesembuhan Bagi Orang Yang Sedang Sakit.


Hidup sehat adalah dambaan setiap manusia tak terkecuali : baik kaya, miskin anak-anak ataupum dewasa sampai dengan orang tua. Sehat adalah karunia Allah yang sangat mahal harganya dan tidak ada nikmat yang paling mahal harganya kecuali nikmat sehat. Namun kadang manusia itu sendiri juga diuji oleh Allah Swt dengan diberi sakit dan itu adalah tanda kita sedang diuji kesabarannya oleh Allah Swt.

Dalam kondisi sakit, takkala kita dapat menerimanya dengan penuh kesabaran dan ikhlas maka kita akan ditingkatkan dari keadaan yang sekarang menjadi yang lebih baik. Maka dalam ujian sakit itu Allah juga memberikan kesempatan untuk berdoa memohon agar diberi kesembuhan. Ini tanda bahwa doa juga adalah ujian agar dalam kondisi apapun kita harus selalu ingat dengan berdoa. Tentu saja selain berdoa juga dianjurkan untuk ikhtir secara dzohir yaitu berobat pada Tabib, ataupun dokter sebagai usaha lahiriyahnya. Bersamaan dengan usaha kepada dokter maka mohonkan dengan doa oleh keluarganya untuk kesembuhan, dan bagi yang sedang sakit, juga jangan lupa berdoa untuk meminta agar lekas disembuhkan. 
Doakanlah si sakit oleh keluarga atau kaum kerabat ketika menjenguknya. Karena doa yang dibaca saat kita menjenguknya adalah lebih afdol dari pada kita mendoakannya dari tempat diluar yang sedang sakit.
Ada pendapat ulama mengatakan doa yang lebih afdol adalah doa yang dibaca dengan bahasa arab, dan dioakan pada saat menjenguknya. Tetapi walaupun menggunakan selain dari bahasa arab, juga dibenarkan oleh Rasulullah saw.
 
Inilah doa yang diajarkan Rasulullah saw, berdasarkan hadits yang diriwatkan oleh Bukhari - Muslim, bahwasanya :
Dari Aisyah r.anha beliau mengatakan : Nabi saw, pernah meminta perlindungan kepada kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdo'a :

  اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

"Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain". (HR. Bukhari dan Muslim) 

Doa tersebut diatas juga diajarkan oleh Rasullah saw. kepada para sahabatnya.  

Bagi yang sedang diuji sakit juga dianjurkan untuk berdoa dengan khusu' dan ikhlas untuk segera disembuhkan.

Dari Abu Abdillah 'Utsman bin Abil Ash r.a. dia mengadukan kepada Raslullah saw. tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah saw. berkata kepadanya. Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali bismillah :
  (بِسْمِ اللهِ)
 , Kemudian bacalah sebanyak tujuh kali 

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ


Artinya : "Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan" (HR. Muslim) 

Itulah tuntunan doa untuk mendoakan kepada yang sedang sakit, dan kepada yang sedang diuji sakit juga berdoa memohon untuk disembuhkan. Mari kita sama-sama untuk menghafal agar dapat mengamalkannya ketika ada saudara kita atau teman yang sedang sakit. Juga untuk diri kita sendiri ketika kita diuji sakit.

Dekimian semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin...

0 Response to "Do'a Memohon Kesembuhan Bagi Orang Yang Sedang Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel