Biografi Imam Bukhari dan Muslim Penyusun Hadits Paling Shahih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (Katagori Kisah).
Pembaca budiman, bimbingan, Rahmat serta Ridha-Nya semoga selalu menyertai kita. Aamiin...
Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, memposting materi : Biografi Imam Bukhari dan Muslim Penyusun Hadits Paling Shahih.

Pengertian Kitab Shahih Bukhari-Muslim.
Orang pertama yang memeiliki perhatian untuk mengumpulkan hadits-hadits shahih secara kusus adalah Abu Abdillah bin Ismail Al Bkhari (Imam Al-Bukhari) dan diikuti oleh shahabat sekaligus muridnya, Abul Husain Muslim bin Al-Hajjah An Naisaburi (Imam Muslim). Shahih Bukhari dan Shahih Muslim adalah dua kitab hadits yang paling shahih, namun shahih Bukhari lebih utama. Pasalnya Imam Bukhari hanya memasukkan hadits-hadits dalam kitab Shahih-nya yang memiliki syarat sebagai berikut :

1. Perawi hadits sejazam dengan guru yang menyempaikan hadits kepadanya.
2. Informasi bahwa si perawi benar-benar mendengar hadits dari gurunya harus valid.  Sedangkan Imam Muslim tidak mensyaratkan syarat yang kedua, yang penting perawi dan gurunya sezaman, itu sudah dianggap cukup.
Namun demikian, bukan berarti Imam Bukhari dan Imam Muslim telah mengumpulkan semua hadits shahih yang ada pada kedua kitab tersebut. Buktinya, beliau berdua kadang meriwayatkan hadits shahih di kitab yang lain. Misalnya Imam At Tirmidzi dan sebagian yang lain, dalam Kitab Sunan atau kitab lain, kadang meriwayatkan hadits dari shahih Al Bukhari yang tidak terdapat dalam kitab Shahi-nya.

Berikut akan dijelaskan biografi kedua Imam hadits tersebut :
1. Imam Bukhari
Latar Belakang Kehidupan Beliau
  • Beliau lahir tahun 809 M / 194 H di Bukhara, sedang nama aslinya ialah Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Mughirah bin Bardizah al-Ju'fi al-Bukhari. Bapaknya meninggal dunia semasa ia masih kana-kanak, dan ibunya membesarkan beliau bersendirian. Ibunya memelihara dan mendidiknya dengan penuh kasih sayang serta berkorban apa saja untuk memberikan pendidikan yang terbaik pada beliau.  Semasa kecil, nilai intelektual Imam Bukhari telah terlihat. Beliau amat wara' dan mempunyai daya ingatan yang luar biasa serta mempunyai kesungguhan dalam pelajarannya. Ia mulai menghafal hadits-hdits Nabi sejak umur 10 tahun, dan pada umur 16 tahun sudah banyak hadits-hadits yang ia hafalkan. Diriwayatkan bahwa ketika di dalam belasan tahun, beliau sudah menghafal 70.000 hadits Rasulullah saw.   Ketika berumur 16 tahun, Imam Bukhari pergi ke Mekkah bersama ibunya untuk menunaikan Haji.  Imam bukhari terlalu senang berada di Mekkah sehingga dia memperpanjang masa kunjungan di Makkah untuk memungkinkan ia berguru dengan cendekiawan di Makkah.  Pada umur 18 tahun, Imam Bukhari menerbitkan bukunya yang pertama tentang sahabat-sahabat Rasulullah saw. dan setelah itu buku sejarah berjudul "Al-Tanggal Al-Kabir" 
Perjalanan Pencarian Ilmu 
  • Imam Bukhari sangat meminati sejarah dan hadits-hadits Rasulullah saw. dan mencurahkan banyak energi bertemu dan belajar dengan cendekiawan terkemuka untuk mempelajari dan membahas hadits Rasulullah saw. Imam Bukhari mengunjungi Damaskus, Kairo, Baghdad, Basra', Madinah dan lain-lain tempat untuk belajar dan membahas hadits-hadits yang dipelajari. Selama di Baghdad, Imam Bukhari selalu berbicara dengan Imam Ahmed Hanbal, pendiri paham (madzhab) Hambali. Dalam menyelidiki hadits Nabi itu ia berkelana menuju Baghdad, Basrah, Kufah, Mekkah, Madinah, Syam, Homs, Askala, Naisabur dan Mesir. Bukhari telah menemui guru-guru yang membantunya dalam berbagai ilmu, sehingga   kemudian bergelar Amirul Mu'minin dalam Hadits.   Selama perjalanannya, Imam Bukhari hanya memiliki satu tujuan - mengumpulkan sebanyak ilmu yang mungkin bisa dikumpulkan untuk memungkinkan dia membuat pengumpulan yang terbesar sunnah hadits Rasulullah saw.  Beliau begitu giat menulis, pada satu ketika berkata : "Saya sudah menulis tentang 1800 orang, masing-masing meriwayatkan hadits Rasulullah saw. dan saya hanya menulis tentang mereka yang lulus tes yang ditetapkan."  Imam Bukhari memiliki ingatan yang sangat mengagumkan, dan kontribusinya terhadap sains pengumpulan hadits tak tertandingi. Dia mencatat hadits Rasulullah saw. dalam buku "Al-Jami' Al-Shahih".  Dia membuat penelitian selama 16 tahun dan meneliti 600.000 buah hadits sebelum memilih 7.525 buah hadits yang beliau puas menepati definisi legalitas yang ia tetapkan.
Masa Tua Beliau        
  • Kepopuleran Imam Bukhari menimbulkan perasaan iri di kalangan beberapa orang ulama. Ketika pulang kenegerinya ia difitnah orang tentang keagamaan yang akhirnya mengakibatkan dia diusir dari bumi Bukhara oleh gubernurnya. Beliau wafat dalam pengasingan pada malam Idul Fitri dalam tahun 256 Hijrah di Khartank dekat Samarkand, usia beliau saat itu 62 tahun dan tidak meninggalkan seorang anak pun. Makam Imam Al-Bukhari terletak 12 kilometer di utara Samarkand.
Karya-Karya Imam Bukhari.
1. Shahihul Bukhari / Aljamiush-Shahih.
2. 20 Buku yang antara lain ialah "Attarikhul Kabir" (Sejarah Besar), yang pada akhirnya hayatnya buku itu diperluas dua kalinya.
Karya tulisnya yang bernama "Aljamiush-Shahih" telah menyita waktunya selama 16 tahun, dan setiap kali akan menulis hadits-hadits itu ia shalat dua raka'at dan beristikharah kepada Allah. Buku tersebut merupakan buku hadits yang paling shahih diantara buku-buku hadits (sunnah) paling shahih sesudah al-Quran, dan para imam ahli hadits mengakuinya untuk diterima umat Islam.   
Imam Bukhari terkenal sebagai seorang shaleh, banyak beribadah dan ahli pengetahuan sehingga Imam Muslim menyatakan padanya : "Seseorang tak akan membenci tua, kecuali yang membeci itu adalah orang dengki, dan saya yakin bahwa di dunia tidak ada yang seperti tuan" yang maksudnya dalam hal keahliannya dalam ilmu hadits.
Hadits shahih Bukhari telah diterima ulama salaf dan khalaf, yang sebelumnya tidak pernah muncul sebuah buku hadits yang bisa melepaskan diri dari hadits-hadits yang tidak shahih. Dan menurut Dzahabi "Shahihul Bukhari adalah sebuah buku Islam yang paling agung sesudah al-Quran"  Kata shaikhul Islam Ibnu Hajar : "Tanpa shahih Bukhari maka shahih Muslim tidak akan muncul.
Sedangkan Imam Muslim menyebutnya sebagai Doktor ahli Hadits dan kepala para ahli-ahli hadits. Ia berhasil membedakan antara hadits yang shahih dengan yang tidak shahih walaupun dibalik sanadnya dan matannya karena keahliannya.

2. Imam Muslim 
Imam Muslim bin Hajjaj menurut Ibnu Shalah lahir tahun 202 H. Dia berasal dari suku Qusyairi (Bani Qusyair) yang merupakan golongan suku Arab di Nishapur (Iran), pada wilayah kota Khurasan. Abul Hessein Muslim yang terkenal sebagai ahli hadits ini wafatnya di Akhad di Nishapur pada s61 H. dengan berusia selama 59 tahun, dan dimakamkan di Nashar Abad (Nishapur).
Beliau adalah penulis Kitab Shahih (Al-Jami'ush-Shahih), juga tergolong seorang hafidz (penghafal hadits) terkenal, dan sebagai muhaddits (ahli hadits) yang menonjol. Hali ini terbukti setelah mengadakan penelitian-penelitian hadits Nabi, baik di Hijaz, Irak, Syam dan Mesir.
Muslim telah mendengar hadits-hadits tersebut dari Imam Bukhari, Yahya bin Yahya an-Anaisaburi, Ahmad bin hanbal, Qutaibah bin Said, Ishak bin Wahwaih, Abdullah bin Maslamah al-Qa'nabi dan mereka yang lain. Didatanginya ahli-ahli hadits di Baghdad dngan berulang kali, sedangkan akhir kunjungannya yaitu pada tahun 259 H.
Bukunya al-Jamiush-Shahih atau al-Musnadus-Shahih itu setelah mendengarkannya ribuan hadits dari beberapa orang, hingga sejumlah 300.000 hadits.

Penilaian Para Ulama Tentang Hadits Muslim.  
  • Lebih Shahih. Kata Hafiz Abu Ali an-Naisaburi, bahwa tidak ada di bawah kolong langit ini kitab hadits yang lebih shahih dari hadits shahih Muslim. Pandangan ini ternyata berbeda dengan pendapat ulama hadits yang menganggap dan menempatkan hadits shahih Bukhari yang lebih Shahih setelah al-Qur'an. Ini dapat kita baca dam kitab Kaifuz-Zhunun yang menyatakan bahwa Jamush-Shahih Muslim adalah kitab kedua sesudah hadits Bukhari. Dengan demikian sebagian ulama telah berbeda pendapat tentang kelebihan-kelebihan Imam Bukhari dan Imam Muslim.
  • Tata letak dan susunan yang mudah. Selain Abu Ali yang sama-sama dari Nishapur dengan Muslim itu, ternyata Imam Nawawi dari Damaskus (wafat 667 H) jua menyatakan bahwa di bawah kolong langit ini tidak ada kitab yang lebih shahih dari hadits Muslim. Dan sebenarnya pandangan Nawawi ini telah diakui dalam hal yang sama oleh ulama hadits dari Maghrib (Maroko). Dn ternyata Imam Nawawi menyatakan bahwa hadits shahih Muslim mempunyai susunan yang mudah, dan setiap hadits telah ditempatkan pada tempat yang layak dan tepat, sanad-sanadnya lengkap atau tersambung, yang hal itu tidak dimiliki pada hadits Bukhari.  
  • Kitab Resensi Hadits. Ternyata kem udian hadits shahih Muslim telah diberi komentar oleh beberapa ulama hadits diantarnya yaitu yang ditulis Imam Nawawi Asy-Syafi'i, dengan judul "Al-Minhaj fi syarhi Muslim bin Hujaj" Qadhi Iyadh b in Msla Maliki dengan judul "Al-Ikmal fi Syarhi Muslim" juga karya Abdul Ghair bin Ismail al-Farii dengan judul "Al-Mafhum fi Syarhi Gharib Muslim" dan lain-lain.
Metode Penomoran Hadits.
Shahih Muslim terbagi menjadi beberapa kita dimana tiap kita terdiri dari beberapa bab. Judul bab tersebut menunjukkan fiqih Imam Muslim terhadap hadits-hadits yang termuat di dalamnya. Shahih Bukhari bersama kitab Shahih Muslimdisebut sebagai Ash-Shahihain (Dua Kitab Shahih rujukan ulama). Dalam menyusun kitab shahihnya, Imam Muslim tidak memberikan nomor. Dikemudian hari ditambahkan nomor pada shahih Muslim untuk memudahkan perujukan hadits, sebagaimana dikemukakan berikut :
1. Penomoran al-Alamiyah (5362). Perujukan hadits pada penomoran Al-Alamiyah berdasarkan sanad hadits. Setiap sanad dihitung satu satu hadits.
2. Penomoran Abdul Baqi (3033). Perujukan hadits berdasarkan penomoran  yang diberikan oleh Abdul Baqi ketika mentahqiq (memeriksa, mengoreksi, menyunting, menomori hadits) Shahih Muslim. Penomoran beliau berdasarkan hadits yang serupa. Ia menghitung setiap hadits yang serupa sebagai satu hadits. Penomoran beliau banyak digunakan dalam penulisan kitab, buku, dan artikel keislaman.
Penulis HR Muslim (nomor hadits), maksudnya adalah hadits riwayat Imam Muslim dalam Shahihnya pada nomor yang disebutkan.
Perbedaan penomoran menjadikan perbedaan perhitungan jumlah hadits dalam shahih Muslim. Menurut penomoran Al-Alamiyah terdapat 5362 hadits dalam shahih Muslim. Sedangkan menurut Abdul Baqi, ada 3033 hadits. Perbedaan ini timbul karena penomoran Al-Alamiyah menghitung setiap sanad hadits sebagi satu hadits, sedangkan penomoran Abdul Baqi menghitung setiap hadits yang serupa sebagai satu hadits, walaupun hadits tersebut mempunyai beberapa sanad. Oleh sebab itu, jumlah hadits menurut penomoran al-Alamiyah menjadi lebih banyak daripada menurut Abdu Baqi.

Karya-Karya Imam Muslim
1. Al-Jami'ush-Shahih (Hadits Shahih Muslim)
2. Al-Musnadul Kabir
3. Al-Jami'ul Kabir
4. Al-Illa
5. Ahwalul Muhadditsin
6. At-Tamyiz
7. Thabaqatut Tabi'in, dll.
Walupun demikian yang lebih menonjol dalam dunia Islam adalah Mimpunan Hadits Shahihnya yang terdiri dari 4000 hadits setelah dibuang yang berulangulang, dan jika hadits itu digabung antara yang berulang dan yang tidak, maka jumlahnya sebanyak 7.275 hadits shahih. Hadits tersebut dipilihnya dari 300.000 hadits yang telah didengarnya dari banyak orang. 

Demikian uraian Biografi Imam Bukhari dan Muslim Penyusun Hadits Paling Shahih. Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan islamnya.
 

 
 

0 Response to "Biografi Imam Bukhari dan Muslim Penyusun Hadits Paling Shahih "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel